Dasar-dasar Pendidikan

Urgensi dan arti penting mata kuliah ini bagi saudara sebagai calon pendidik dibidang pendidikan luar sekolah Komentar : Apabila kita hendak membicara...

(Bukan Hanya) Sekedar Harapan Masuk PLS
HMJ PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH PROUDLY PRESENT SEMINAR NASIONAL “SELAMATKAN BUDAYA PENDIDIKAN JANGAN CUMA KOGITIF”

Urgensi dan arti penting mata kuliah ini bagi saudara sebagai calon pendidik dibidang pendidikan luar sekolah

Komentar :

Apabila kita hendak membicarakan tentang sebuah materi tentang landasan pendidikan, terlebih dahhulu akan disampaikan tentang hakikat belajar, pembelajaran dan pendidikan itu sendiri. Bila di lihat secara garis besarnya, maka :

  • Belajar
  1. Kegiatan individu memperoleh pengetahuan, perilaku dan ketrampilan dengan cara mengolah bahan belajar (Dimyati dan mudjiono 2006:6)
  2. “Learning is shown by a change in behaviour as result of experience” atau belajar dapat dilakukan secara baik dengan jalan mengalami (Cronbach 1954:47)

Sehingga, dari kedua pendapat tersebut dapat dikatakan bahwa Belajar adalah suatu kegiatan atau sebuah perubahan yang diperoleh oleh pembelajar dengan cara mengalaminya secara langsung guna mendapatkan suatu pengetahuan dengan cara mengolah dan mengimplementasikan pengalaman tersebut dalam kehidupan nyata.

  • Pembelajaran
  • Kombinasi yang terorganisir yang meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedural yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan (Ocmar Hamalik (Sanjaya, 2008:6))
  • Proses dimana tingkat seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu (Coney (dalam sagala, 2005:61))

Sehingga, pembelajaran sendiri adalah suatu proses yang digunakan untuk mengupayakan peserta didik agar dapat mengerti dan memahami suatu pengetahuan yang menjadi tujuannya dengan cara penggabungan antara beberapa faktor yang sudah di desain dan di setting sedemika rupa, agar dapat memampukan peserta didik memahami penegtahuan tersebut secara secara optimal.

Pendidikan itu sendiri menurut UU No. 20 Tahun 2003 yaitu tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara oleh karena itu pendidikan mempunyai sebuah tujuan yang diantaranya :

  • Pendidikan sendiri pada hakikatnya merupakan proses pewarisan nilai-nilai filsafat, yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kehidupan yang lebih baik atau sempurna dari keadaan sebelumnya;
  • Pendidikan sebagai proses transformasi budaya merupakan kegiatan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain;
  • Pendidikan merupakan proses pemanusiaan untuk menjadikan manusia memiliki rasa kemanusiaan, menjadi manusia dewasa, dan manusia seutuhnya agar mampu menjalankan tugas pokok dan fungsi secara penuh dan mengembangkan budaya;

Sehingga pendidikan mempunyai suatu konsep yaitu Proses dimana seorang pembelajar mendapatkan suatu pendidikan yang memampukan dirinya untuk menjadi manusia yang semestinya. Sehingga dalam hal ini, pendidikan sangat penting dalam proses perubahannya.

selengkapnya silahkan download di bawab ini dengan login terlebih dahulu.

  Dasar-dasar Pendidikan (331,8 KiB, 0 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

Penulis

PLS Universitas Negeri Malang
Angkatan 2015

COMMENTS

WORDPRESS: 0