5000 UNTUK BANGKIT “Jangan Hanya Berkata, Tunjukan Aksi Nyata”

0
Dibaca 1.339

IMG-20151106-WA0002

Mahasiswa PPL PLS 2012 Universitas Negeri Malang, mempersembahkan,

Tunjukan Kepedulianmu terhadap pendidikan dengan mendonasikan uang Rp. 5000 untuk pembangunan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Penyedia Media Belajar di Desa Pait dan Wonoagung, Kasembon, Kabupaten Malang.

Juga menerima donasi berupa :

  • Buku
  • Majalah Anak
  • Peralatan Sekolah
  • Koran Bekas

Untuk donasi bisa dikirim ke Rekening BRI 6378-01-019026-53-5 a.n. Diah Wahyu Lestari

Info lebih lanjut hubungi 085606737650

Desa Pait dan Desa Wonoagung adalah dua desa yang berada pada wilayah dataran tinggi di wilayah Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Dengan karateristik wilayah sejuk. Masyarakat memilki wilayah yang subur sebagai wilayah yang berpotensi tinggi. Sehingga dalam rangka menggolah suatu potensi masayrakat membutuhkan pengetahuan yang lebih. Ilmu pengetahuan sangatlah dibutuhkan pada era ini tidak hanya sebagai bekal pengelohan potensi, namun sebagai alat daya saing. Dimana salah satu mendapatkan ilmu pengetahuan adalah dengan membaca.

Taman Baca Masyarakat sebagai lembaga layanan bahan pustaka dan informasi kepada masyarakat untuk kepentingan pendidikan, dan peningkatan kemampuan masyarakat, sebab masyrakat sebagai manusia  pada era ini dituntun menjadi Sumber Daya Manusia yang berkompenten dan memilki pengetahuan serta wawasan yang luas. Sehingga budaya membaca sangatlah berguna sebagai salah satu cara meningkatkan ilmu pengetahuan. Meningkatkan minat dan budaya baca merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca dan pengetahuan dari masayrakat. Sehingga dalam rangka mewujudkan hal tersebut maka dibutuhkan sarana dan pengembangan sarana baca. Taman Baca masayrakat  (TBM) adalah salah satu sarana tempat membaca buku dan mendapatkan ilmu pengetahuan. Adanya Taman Bacaan Masyarakat yang ada dalam lingkungan masayrakat adalah suatu sarana meningkatkan minat dan budaya masyarakat. Berbagai koleksi buku yang ada mulai buku tentang individu samapai kelompok, tradisional hingga moderen, dan pegetahuan umum seperti kesehatan, budidaya, bertani, berwirausaha, pendidikan dan lainya sebagainya merupakan media pembelajaran melalui membaca. Belajar dengan membaca merupakan pembelajaran secara nonformal dan informal.

aaaaaDesa Pait dan Desa Wonoagung sebagai desa yang berpotensi dan sadar  akan pentingnya meningkatkan minat baca masyarakat desanya sehingga di masing-masing desa berupaya memyediakan sarana membaca melalui Taman Bacaan Masyarakat, seperti di Desa Pait akan dirintis TBM oleh PKK  bersama Mahasiswa PLS 2012 Universitas Negeri Malang yang melaksanakan Prakter Pengalaman Lapangan. Sedangkan Desa Wonoagung telah memilki TBM Griya Pustaka yang telah berdiri pada Desember 2014 oleh Mahasiswa PPL Universitas Negeri Malang dan Masyrakat Dusun Jabon Garut, Wonoagung, Kasembon Malang namun kurang begitu maksimal, sehingga TBM tersebut perlu mengadakan Penguatan. Perintisan dan Penguatan TBM sangat dibutuhkan di masing-masing desa, agar kegitan  belajar secara nonformal serta informal ini berjalan dengan baik.

Dalam rangka perintisan TBM di Desa Pait dan penguatan di Desa Wonoagung, agar meningkatnya sarana membaca masyarakat diharapkan kepada berbagai pihak untuk membantu TBM agar dapat dirintis dan berkembang lebih baik, sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Serta dapat memfasilitasi minat baca masayrakat, selain itu dengan terfasilitasi masayrakat oleh sarana membaca TBM, maka TBM dapat membantu negara untuk menyediakan pengetahuan bagai masyrakatnya dan pengentasan melek baca.

Penggalangan dana untuk pendirian TBM di Desa Pait dan Wonoagung dengan melibatkan pihak internal di dalam jurusan Pendidikan Luar Sekolah bertujuan agar seluruh lapisan terutama mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah mampu mengidentifikasi dan mencari solusi permasalahan yang ada di masyarakat secara langsung.  Kegiatan ini di harapkan akan menjadi awal bagi kegiatan selanjutnya yang akan di laksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah.  Dengan bersosialisasi dan mengenal lingkungan masyarakat secara langsung, maka mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah mampu dan memiliki pengalaman lapangan.

bbbbbbProgram pendirian TBM di dua desa, yaitu Desa Paid dan Desa Wonoagung bertujuan untuk membantu meningkatkan minat baca masyarakat, dengan harapan kualitas SDM akan meningkat dengan terpenuhinya akses infomasi yang memadai. Selain itu, dengan adanya TBM yang terkoordinasi dengan baik dan bahan bacaannya sesuai dengan kebutuhan atau kondisi masyarakat, bisa menjadi solusi dari setiap permasalahan yang ada di desa baik dari sektor ekonomi, pendidikan, kepemudaan, ataupun organisasi.  Harapannya, TBM yang ada bisa menjadi wadah dari organisasi atau kegiatan lain seperti pelatihan usaha, penyuluhan gizi, kesenian daerah, atau peningkatan mutu ternak dan hasil tani.  TBM yang didirikan ini juga akan bekerja sama dengan sekolah, PKK, PKBM, karang taruna, organisasi Satgas Bencana, Posyandu, serta perkumpulan tani dan ternak untuk terus aktif memanfaatkan fasilitas TBM.

Tinggalkan Balasan