87.852 WARGA SUMBAR BUTA AKSARA – TANAH DATAR JUARA UMUM HARI AKSARA

Ditulis oleh Administrator | 23 Oktober 2012 Batusangkar, Padek Sebanyak 87.852 warga Sumatera Barat yang hingga saat ini masih buta aksara atau sekit...

LOMBA ESSAY NASIONAL PENDIDIKAN NONFORMAL 2016
KaryaLENPNF10_SOCIAL COMMUNITY BASED SOCIETY EDUCATION DALAM MEMUTUS RANTAI KEMISKINAN MENUJU KELUARGA SEJAHTERA

Ditulis oleh Administrator | 23 Oktober 2012

Batusangkar, Padek Sebanyak 87.852 warga Sumatera Barat yang hingga saat ini masih buta aksara atau sekitar 3,03 persen  lebih rendah dari angka buta aksara nasional yang berjumlah 5,02 persen. Dengan jumlah itu, Sumbar menempati urutan ke 7 atau 8,67 persen di bawah Nusa Te-nggara Barat sebesar 42 persen dan Papua yang 35 persen.

Demikian dikatakan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat menutup secara resmi Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-47 Sumatera Barat dan sekaligus serahkan tropi juara umum kepada Kabupaten Tanahdatar yang berhasil menominasi kejuaraan dalam acara tersebut, Sabtu (2/10). Penutupan HAI juga dihadiri sejumlah tokoh dan undangan lainnya berlangsung sejak Kamis di lapangan Cinduamato Batusangkar.

“Tidak perlu dikhawatirkan asal seluruh seluruh komponen pemerintah dan masyarakat untuk bersungguh-sungguh dalam mensukseskan gerakan nasional percepatan pemberantasan buta aksara (GNP-PBA) sebagai perwujudan pemerataan layanan pendidikan,” ujar Gubernur yang juga alumni Ikasmantri Padang ini.

Irwan menyampaikan aspresiasinya kepada Kabupaten Tanahdatar yang telah sukses sebagai tuan rumah pelaksana HAI. Demikian pula kegiatan pameran yang sangat mendapat respon dari seluruh masyarakat. Semua usah yang dilakukan itu ujar Gubernur adalah buah kerjakeras dari semua kelompok belajar.

Bupati Tanahdatar M Shadiq Pasadigoe juga menyampaikan semua keberhasilan kita dalam melaksanakan Peringatan HAI tidak terlepas atas kerja keras semua pihak. “Sudah menjadi kewajiban kita bersama dalam pemberantasan buta aksara sehingga masyarakat terhindar dari kebodohan dan kemiskinan, termasuk bagi kelompok belajar yang ikut ambil bagian dalam pameran,” ujar Bupati.

Dalam rangkaian Hari Aksara Internasional tersebut juga diserahkan piala dan penghargaan kepada peserta yang berprestasi dalam berbagai lomba yang digelar diantaranya . Untuk juara umum diraih Kabupaten Tanahdatar karena berhasil merebut piala di enam cabang lomba. Pada lomba stand pameran juara I diraih Tanahdatar, juara II Sijunjung dan juara III Padangpariaman. Lomba stand pameran khusus sanggar kegiatan belajar (SKB) Juara I diraih oleh SKB 2 Tanahdatar, Juara II Pasaman, dan Juara III Padang serta  beberapa lomba lainnya adalah lomba tutor keaksaraan, fungsional, lomba penyelenggara keaksaraan fungsional, lomba penyelenggaraan PKBM, lomba karya tulis pamong belajar SKB, dan lomba karya tulis penilik keaksaraan.

Sumber:http://118.98.233.175/dikmas/index.php/component/content/article/56-pembelajaran-dan-peserta-didik/1373-87852-warga-sumbar-buta-aksara-tanahdatar-juara-umum-hari-aksara.html

COMMENTS

WORDPRESS: 0