Acuan Program keaksaraan dasar

Pengertian Keaksaraan Dasar merupakan upaya  pemberian kemampuan keaksaraan bagi penduduk melek aksara parsial dan cenderung masih     buta    aksara ...

Dukung Kidung Paramadita, mahasiswi S2 PLS UNNES sebagai Miss Indonesia mewakili Lampung
Mahasiswa PLS Berkarya itu mudah

Pengertian

  1. Keaksaraan Dasar merupakan upaya  pemberian kemampuan keaksaraan bagi penduduk melek aksara parsial dan cenderung masih     buta    aksara    usia  15  tahun  ke  atas    agar    memiliki kemampuan membaca, menulis,  berhitung, mendengarkan, dan berbicara untuk  mengomunikasikan teks  lisan dan  tulis dengan  menggunakan   aksara    dan    angka  dalam    bahasa Indonesia.
  2. Dana  program   keaksaraan   dasar    merupakan alokasi  biaya APBN yang    dapat  diakses    oleh    lembaga/organisasi untuk menyelenggarakan  program  pendidikan  keaksaraan  dasar bagi  penduduk   dewasa dengan  kemampuan melek  aksara parsial yang cenderung buta aksara agar memiliki kemampuan membaca, menulis,   berhitung, mendengarkan, dan  berbicara untuk  mengomunikasikan teks   lisan dan  tulis dengan menggunakan aksara dan angka dalam  bahasa Indonesia.

Sasaran Program Keaksaraan Dasar

Sasaran   program keaksaraan dasar  adalah Penduduk usia 15 tahun ke  atas  yang  melek  aksara  parsial  dan  cenderung  masih buta  aksara.

Tujuan Program Keaksaraan Dasar

Program  keaksaraan dasar bertujuan untuk:

  1. Memperluas akses penyelenggaraan program pendidikan keaksaraan.
  2. Memberikan kemampuan  keaksaraan   bagi  penduduk buta aksara    usia  15  tahun   ke  atas    agar    memiliki  kemampuan membaca, menulis,   berhitung, mendengarkan, dan  berbicara untuk  mengomunikasikan teks   lisan dan  tulis dengan menggunakan aksara dan angka dalam  bahasa Indonesia.
  3. Meningkatkan  keberaksaraan  dan    keberdayaan  penduduk usia  15  tahun   ke  atas    yang    masih  berkeaksaraan rendah melalui peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
  4. Membantu  meningkatkan  indeks    pembangunan     manusia Indonesia melalui peningkatan angka melek aksara penduduk secara nasional.

  Acuan Program keaksaraan dasar Di download (296 bytes, 1.047 hits)

Sumber artikel

Acuan Program keaksaraan dasar

COMMENTS

WORDPRESS: 0