Aku dan PLS

Sebagian atau bahkan mungkin banyak dari masyarakat yang belum mengetahui apa itu jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Mereka beranggapan bahwa lulu...

Harapan untuk Pendidikan Luar Sekolah?
PRA-PASCA SEMINAR NASIONAL HMJ PLS UM

Sebagian atau bahkan mungkin banyak dari masyarakat yang belum mengetahui apa itu jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Mereka beranggapan bahwa lulusan Pendidikan Luar Sekolah susah dalam mencari pekerjaan, dan semua sarjana bisa masuk dalam dunia Pendidikan Luar Sekolah. Tetapi anggapan mereka salah, yang pertama jurusan Pendidikan Luar Sekolah itu sangat luas cakupannya, seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pelatihan dan Kursus, dan Pemberdayaan Masyarakat. Dan memang benar jika tidak semua yang masuk dalam instansi Pendidikan Luar Sekolah adalah lulusan dengan jurusan yang sama. Sarjana ekonomi pun bisa masuk dalam dunia ke-PLSan, tetapi mereka tidak mempunyai dasar ilmu seperti jurusan yang sama. Mereka harus mempelajari lagi apa itu PLS.
Dengan banyaknya cakupan/konsentrasi yang ada dalam jurusan Pendidikan Luar sekolah khususnya di Universitas Negeri Malang yang saya tempati sekarang untuk menempuh pendidikan strata 1, saya bisa mendapatkan apa saja yang dibutuhan secara teori dan nantinya dapat dipraktekkan jika terjun langsung ke lapangan. Sebenarnya banyak sekali potensi-potensi yang dapat dikembangkan setelah masa perkuliahan, dukannya kita malah bingung jadi apa nanti jika lulus. Kita dapat terjun langsug ke masyarakat untuk memberikan pengarahan kepada mereka, memberikan pelatihan atau kursus untuk melatih serta menambah keterampilan agar mereka mendapatkan penghidupan yang lebih layak. Bisa juga mengajar seperti halnya guru PAUD, tidak harus lulusan PG PAUD baru kita bisa mengajar mereka.
Tidak hanya itu, lulusan PLS juga bisa bekerja di bidang pemerintahan seperti Dirjen Pendidikan Formal dan Informal (PNFI) di Jakarta, Dirjen Pendidkan Dasar dan Menengah di Depdiknas Jakarta, Pamong Belajar dan atau Birokrasi di Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (P2-PNFI) dan masih banyak lagi. Untuk itulah kenapa saya memilih untuk meneruskan studi saya setelah di SMA di jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Dan kenapa saya memilih di Universitas Negeri Malang? Karena alasan pertama yaitu banyak kakak kelas saya yang berkuliah di Universitas Negeri Malang walaupun tidak ada yang di jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Alasan yang kedua Malang itu dingin, tapi kadang panas juga, dan pergaulan yang mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa Malang itu keras dan itu terganung dari diri kita masing-masing bisa meilih teman dengan baik atau tidak.
Saya awalnya memang awam sekali dengan apa itu jurusan Pendidikan Luar Sekolah, banyak juga orang-orang yang melarang saya untuk mengambil jurusan itu saat diterima di SNMPTN. Dengan berbagai macam alasan dari orang-orang tersebut agar membuat saya bimbang untuk memilih meneruskan registrasi ulang dan banyak yang menyarankan saya memilih jurusan selain PLS di SBMPTN . Tapi saya yakin dan optimis bahwa apa yang saya pilih dan yang sedang saya jalani sekarang adalah pilihan terbaik. Saya akan membuktian kepada orang-orang yang menganggap remeh lulusan jurusan Pendidikan Luar Sekolah.

_________________________________________

widiyanti

Nama                                    : Widiyanti Galuh Purwanidya
Jurusan                                : Pendidikan Luar Sekolah (A)
Angkatan                             : PLS 2016
Universitas                         : Universitas Negeri Malang

COMMENTS

WORDPRESS: 0