Akulturasi Budaya Kolaborasi Musik Jazz Dengan Musik Tradisional

Musik adalah hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya, melalui irama melodi, ...

KaryaLENPNF4_Rekonstruksi Moral Bangsa Menjadi Moral Cublak-Cublak Suweng Bukan Moral Pokemon Go Melalui Sekolah Dolanan
Cara dan tips membeli apartemen untuk investasi

Musik adalah hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya, melalui irama melodi, harmoni, bentuk atau struktur lagu, dan ekspresi.

Musik tradisi atau musik daerah adalah musik yang lahir dan berkembang disuatu daerah tertentu dan, di wariskan turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Musik Jazz merupakan jenis musik yang dikembangkan pertama kali oleh orang-orang Afrika Amerika. Musik ini berakar dari New Orleans, Amerika Serikat, pada akhir abad ke- 19. Musik jazz merupakan pembauran berbagai jenis musik, antara lain blues, ragtime, brass-band, musik tradisional Eropa dan irama-irama asli Afrika. Instrumen utama yang sering digunakan pada musik jazz pada umumnya adalah piano, bass, drum, gitar, saksofon, trombon, dan trompet.

Tidak ada banyak orang yang berfikir bahwa ketika memasukkan unsur tradisional ke dalam musik Jazz, instrumen-instrumen musik modern bisa menjadi begitu harmonis dan atraktif. Program ini membuat musik Barat menjadi lebih dekat.

Hal ini sangat membantu musisi musisi daerah atau indie agar lebih berkembang dan di harapkan untuk mengenali music budaya sendiri, dan orang lain, sehingga mereka juga dapat juga mengembangkan bakat mereka, dengan cara menemukan aliran aliran music baru,dengan adanya akulturasi budaya tersebut

Teknik yang digunakan untuk menciptakan sebuah syair lagu-lagu atau mengaransement music antara lain sebagai berikut,

  • Menyelami perasaan. lagu dapat diciptakan dari eksplorasi kita terhadap perasaan kita masing- masing saat ini. Misalnya, saat ini kita merasa sedih karena orang tua sakit. Perasaan sedih tersebut kita tuangkan dalam bentuk tulisan yang dengan teknik memangkas dapat kita ringkas menjadi syair lagu.
  • Memerhatikan sekitar. lagu juga dapat diciptakan dan memerhatikan apa yang terjadi di sekitar kita. Misalnya, kita melihat pengamen di jalan kemudian memerhatikan tingkah lakunya.

Musik tradisi Indonesia memiliki ciri-ciri sebagai berikut;

  • Ida musik disampaikan oleh komponis tidak melalui tulisan bernotasi atau partitur, tetapi secara lisan. Contoh komponis mengajarkan ide musiknya secara langsung kepada pemain musik atau orang lain.
  • Musik tradisi diwariskan turun-temurun dari generasi ke generasi, secara lisan.
  • Syair lagunya, alunan melodi dan iramanya juga menunjukkan ciri khas kedaerahan. Contoh, lagu daerah Jawa, syairnya berbahasa Jawa dan alunan melodinya menggunakan nada-nada dari tangga naoa pentatonis pelog dan slendro. Demikian juga lagu dari daerah Jakarta, syairnya berbahasa Betawi dan alunan melodinya umumnya dari tangga nada diatonis
  • Musik tradisi juga melibatkan alat-alat musik daerah. Contoh gamelan, kolintang, dan angklung.

 

Selengkapnya download di bawah ini dengan login terlebih dahulu, jangan lupa tinggalkan jejak komentar.

  AKULTURASI BUDAYA KOLABORASI MUSIK JAZZ DENGAN MUSIK TRADISIONAL (23,5 KiB, 0 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

COMMENTS

WORDPRESS: 0