Alasan dan Harapan Masuk Jurusan PLS

Saya Nenny Indahwati. Saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara, Lahir pada tanggal 8 April 1998. Saya tinggal di Simo Gunung Kramat barat 4D/16. Se...

Harapan yang Ingin Saya Lakukan Setelah Lulus dari Pendidikan Luar Sekolah
MENGAPA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH ???

Saya Nenny Indahwati. Saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara, Lahir pada tanggal 8 April 1998. Saya tinggal di Simo Gunung Kramat barat 4D/16. Sekarang saya sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surabaya jurusan Pendidikan Luar Sekolah.

Secara kepribadian saya cukup disiplin, humoris, sangat menghargai orang lain apalagi terhadap orang yang lebih tua. Saya juga selalu bersikap ramah tamah dan murah senyum dan saya juga tipe orang yang mau bekerja keras dalam setiap pekerjaan yang sedang saya jalani. Di waktu senggang kuliah, Saya juga mengikuti UKM bulu tangkis karena saya sangat hobby olahraga, dan berkumpul dengan teman-teman. Saya suka mendengarkan musik di saat sedang melakukan aktivitas contohnya lari pagi atau di kamar tidur. Saya juga hobby makan apalagi yang berbau pedas.

Dalam setiap pribadi pasti mempunyai kekurangan begitupun dengan saya. Saya terkadang mudah marah, mudah sensitif, mudah ganti mood, dan egois. jika marah ekspresi raut wajah saya terlihat menakutkan dan suara saya menjadi lebih tegas. Saya tidak suka dengan orang yang sombong dan suka berbohong apalagi suka berbicara di belakang orang yang di bicarakan, karena menurut saya jujur dan rendah hati adalah hal paling mendasar untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Saya lebih suka menghabiskan waktu bersama teman-teman atau saudara yang seumuran dengan saya. Saya tidak pernah memilih berteman dengan siapa saja dan saya terkenal gampang untuk membaur bersama teman yang baru saja di kenal.

Pendidikan Non formal sebagai suatu sistem,baru dikenalkan kepada umum secara resmi semenjak tahun 1970 (Soelaiman Joesoef 1981). Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, usaha mencerdaskan kehidupan bangsa ini ternyata tidak semudah seperti yang dibayangkan. Menjelang tahun tujuh puluhan itu dirasakan adanya masalah – masalah baru dalam bidang pendidikan:

  1. Pendidikan belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang sedang membangun,
  2. Pelaksanaan pelajaran disekoah terlalu menitikberatkan kepada pendidikan teori,dengan metoda verbalistis dan pasif.
  3. Adanya ketidakseimbangan horizontal dan vertikal ,serta terlalu banyak jenis sekolah dan juuruusan-jurusannya.
  4. Masyarakat masih dihinggapi oleh mental priyayi sehingga mengarahkan pendidikan anak-anaknya untuk menuju white colour job dan menuntut pendidikan setinggi-tinginya melalui pendidikan umum sekolah tinggi.

Karakteristik pendidikan luar sekolah

  1. Pendidikan Luar Sekolah sebagai Subtitute dari pendidikan sekolah. Artinya, bahwa pendidikan luar sekolah dapat menggantikan pendidikan jalur sekolah yang karena beberapa hal masyarakat tidak dapat mengikuti pendidikan di jalur persekolahan (formal). Contohnya: Kejar Paket A, B dan C
  2. Pendidikan Luar Sekolah sebagai Supplement pendidikan sekolah. Artinya, bahwa pendidikan luar sekolah dilaksanakan untuk menambah pengetahuan, keterampilan yang kurang didapatkan dari pendidikan sekolah. Contohnya: private, les, training
  3. Pendidikan Luar Sekolah sebagai Complement dari pendidikan sekolah. Artinya, bahwa pendidikan luar sekolah dilaksanakan untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan yang kurang atau tidak dapat diperoleh di dalam pendidikan sekolah. Contohnya: Kursus, try out, pelatihan dll

ALASAN MASUK PLS

Saya masuk jurusan pls karena awalnya tertarik dengan nama jurusan yang unik , tetapi setelah di beritahu apa itu tentang pls lapangan kerja selanjutnya seperti apa dan juga bisa menjadi pegawai bank. Dulu sih saya mempunyai cita-cita sebagai direktur bank setelah saya bisa bergabung dengan salah satu bank saya akan mendirikan LBB atau bisa disebut dengan Lembaga Bimbingan Belajar di daerah yang kurang adanya LBB dan saya aku mengajak teman-teman saya untuk membantu dalam pengembangan di LBB tersebut.

HARAPAN BUAT PLS

Semoga PLS lebih di kenal oleh masyarakat dan semoga PLS lebih maju lagi dan saya ingin yang mendirikan LBB harus lulusan dari S1 PLS , kalau tidak bisa ya menjadi ketua atau menjadi seorang konselor untuk siswa yang melakukan bimbingan belajar.


nenny-pls-unesa-2016

Penulis:
Nenny Indahwati
PLS UNESA
Angkatan 2016

COMMENTS

WORDPRESS: 0