Alasan Masuk Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

Alasan Masuk Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Pendidikan bagi umat manusia merupakan kebutuhan yang sangat mutlak dan harus dipenuhi sepanjang hayat. ...

BANGGA MENJADI MAHASISWA PLS
DETIK-DETIK RAPAT KERJA NASIONAL (RAKERNAS) V IMADIKLUS

Alasan Masuk Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Pendidikan bagi umat manusia merupakan kebutuhan yang sangat mutlak dan harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan mustahil seorang manusia mampu berkembang,meraih cita-cita, sejahtera dalam hidupnya. Pendidikan itu sendiri memang telah ada sejak manusia masih berada dalam Rahim seorang ibu dan berakhir nanti saat meraka di liang lahat. Lihat betapa pentingnya pendidikan bagi kehidupan seseorang. Di dunia sendiri pendidkan di bagi menjadi 3 kelompok yaitu pendidikan formal, pendidikan non formal, pendidikan informal. Pendidikan formal adalah pedidikan yang berjenjang yaitu TK, SD, SMP, SMA dan PT.

Pendidikan non formal adalah pendidkan yang berada di luar jalur formal seperti bimbel, home schooling,kejar paekt dan lain lain. Sedangkan pendidikan informal adalah pendidkan yang berlangsung ditengah–tengah keluarga. Pendidikan Non Formal (PNF) atau biasa disebut Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah suatu lembga pendiidkan yang belangsung secara fleksibel, tidak dibatasi jenjang–jenjang , usia didikannya tidak sama dan dapat diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta.

Di Indonesia sendiri PLS memang sudah cukup dikenal orang, keberadaanya pun sudah ratusan di Indonesia  mulai dari bimbel, homeshooling, kejar paket dll. Berbicara mengenai PLS, saya sendiri adalah mahasiswa baru jurusan Pendidikan Luar Sekolah di Universitas Negeri Surabaya. Ketika ada teman atau tetangga orang bertemu di jalan atau dimanapun mereka selalu menanyakan apa alasan saya masuk PLS? jujur saya bingung harus menjawab apa dan bagaimana, memang pada saat itu saya tidak menjadikan PLS sebagai pilihan pertama prodi saya di perguruan tinggi negeri. Awalnya saya kecewa, sedih, marah, kenapa saya tidak di terima di prodi yang saya inginkan, terlebih lagi menurut saya jurusan PLS itu kurang begitu “familiar”  dikalangan masyarakat mayoritas meskipun, sebagian sudah ada yang tau. Namun seiring berjalannya waktu, masuk kuliah diajar dosen, sharing pengalaman dengan kakak tingkat jurusan, banyak teman diberi pelajaran apa itu PLS dan segala sesuatu mengenai dunia PLS semakin hari saya semakin yakin dan bangga bahwa memang inilah  takdir yang diberikan tuhan adalah dengan belajar dan menimba ilmu di PLS.

Nah, sekarang ini jikalau bertemu dengan siapapun saya tidak akan ragu menjawab apa alasan masuk PLS. Alasan terbesar saya masuk PLS adalah ingin mengabdikan diri dan terjun langung di masyarakat entah itu nanti di tanah kelahiran saya ataupun di negeri sebrang, saya akan memberikan bimbingan dan pelatihan bagi mereka mereka yang buta akan pendidikan. Tidak hanya hanya berhenti sampai ini saya ingin membangun sanggar belajar bagi orang–orang yang tinggal di daerah terpencil,pedesaan, anak jalanan atau bahkan hutan rimba sekalipun . Karena saya tau pendidikan adalah ujung tombak bagi berlangsungnya suatu Negara, khusunya Indonesia sendiri.Agar Indonesia mampu berbicara banyak dikancah dunia internasional bukan hanya sebagai penonton saja melalui pendidikan yang baik dan berkarakter kedepannya.


Asih Setyani
email: sthyaeaziech@gmail.com
PLS UNESA 2016

COMMENTS

WORDPRESS: 0