Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

Sebenarnya masuk Jurusan PLS  tidak pernah terlintas dipikiran saya karena pada saat masih di SMA saya sangat ingin mengambil jurusan Biologi  ataupun...

PLS : Harapan Sekaligus Ujung Tombak untuk Indonesia Lebih Baik
Harapan Saya Setelah Masuk Jurusan PLS

Sebenarnya masuk Jurusan PLS  tidak pernah terlintas dipikiran saya karena pada saat masih di SMA saya sangat ingin mengambil jurusan Biologi  ataupun PG – TK, karena pada saat itu banyak guru di sekolah yang mendukung saya untuk mengambil jurusan biologi dan juga nilai mata pelajaan Biologi yang sangat memuaskan. Dalam Hal Tes bakat ternyata bakat saya lebih cenderung segai pekerja sosial dan direkomendasikan guru Bk saya untuk masuk PLS karena didalam PLS mengandung nilai pengabdian kepada masyarakat. Tapi dalam hal ini dalam jalur SNMPTN saya tidak meletakkan jurusan PLS ini di pilihan pertama, namun pilihan kedua saya.  Pada kenyataannya saat pengumuman tes melalui SNMPTN  saya yang telah diterima di jurusan pendidikan luar sekolah dan juga didukung oleh keluarga untuk mengambil jurusan yang luas lapangan pekerjaannya. Namun walaupun sudah diterima saya belum memgenal jurusan yang saya pilih. Bahkan teman saya yang menyarankan saya untuk masuk PLS malah memiliki keinginan untuk pindah jurusan dan hal itu membuat saya juga merasa tidak yakin dengan jurusan yang telah saya pilih. Namun setelah saya meminta saran dari orang tua, beliau meminta saya untuk mempertanggjawabkan pilihan yang telah saya ambil. Dari saran tersebut saya memiliki keyakinan kembali.

Setelah menjalani kuliah selama kuang lebih 1,5 bulan  ini sebagai mahasiswa pendidikan luar sekolah saya merasa semakin penasaran tentang isi yang sebenarnya ada dari jurusan ini karena ketika saya memilih jurusan pendidikan luar sekolah saya sama sekali tidak mengetahui sedikit pun mengenai pls, bahkan ketika orang bertanya kepada saya tentang prospek kerja pls saya tidak dapat menjawab pertanyaan mereka. Ketika dosen menjelaskan tentang konsep dasar pendidikan luar sekolah kini sedikit demi sedikit saya mulai mengetahui apa itu pendidikan luar sekolah, bagaimana ruang lingkupnya, dan bagaimana prospek kerja dari jurusan pendidikan luar sekolah. Dan saat ini pula setelah mendapat beberapa materi dari dosen maka ketika ada oang yang bertanya saya dengan yakin menjawab bahwa jurusan yang saya ambil merupakan jurusan yang tepat dan prospek kerja yang luas, yakni dapat bekerja di dalam pendidikan formal, pendidikan PAUD, kursus, pelatihan, maupun lembaga lain. Dengan sisa waktu yang masih banyak ini saya akan berusaha memahami dengan baik makna pendidikan luar sekolah. Selain dari sisi akademik dari hubungan sosial juga menyenangkan karena bertemu dengan teman teman dan juga dosen yang seru. Kelak saya berharap setelah saya menjadi sarjana pendidikan luar sekolah saya dapat mengamalkan ilmu yang saya dapat sebagai tenaga pendidikan profesional, apalagi dengan mengambil konsentrasi pemberdaya masyarakat karena setelah lulus nanti saya ingin menggeluti bidang tersebut seperti melakukan penyuluhan.


Noer Sya’ban Diyah Rohmatillah
email: sdrnoer@gmail.com
PLS UNESA 2016

COMMENTS

WORDPRESS: 0