Alasan Memilih PLS

Saya memilih PLS ini karena saya tertarik dengan beragam kegiatan yang ada di dalam masyarakat dengan tujuannya untuk memahami konteks yang ada di dal...

Harapan dan Tujuan Bersama PLS
PLS Bukan Hanya Menjadi Guru

Saya memilih PLS ini karena saya tertarik dengan beragam kegiatan yang ada di dalam masyarakat dengan tujuannya untuk memahami konteks yang ada di dalamnya. Di kampung, saya suka sekali dengan kegiatan-kegiatan yang membaur dengan masyarakat, seperti mengikuti acara organisasi kampung, menjadi remaja masjid, mengikuti kegiatan islami, ikut mengambil alih saat  ada kegiatan dikampung, Baik itu penyuluhan maupun kegiatan soialisasi.

            Setelah lulus dari sekolah menengah atas (SMA) saya berfikir jurusan apa yang dapat meningkatkan kemajuan di dalam masyarakat. Saya bertanya pada kakak saya tentang jurusan yang akan saya pilih.  Dan saat itu kakak saya langsung memberikan jawaban untuk masuk PLS . lalu saya mencari-cari apa itu makna dari pls, rana kerjanya dalam bidang apa saja dan bagaimana cara kerjanaya. setelah mencari informasi yang lengkap tentang PLS ternyata sangat cocok dengan keinginan dan tujuan hidup saya. Dan akhirnya saya yakin dan saya percaya bahwa saya ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi dengan jurusan PLS dan pilihan pertama saya jatuh pada universitas negeri surabaya (UNESA) dengan jurusan pendidikan luar sekolah (PLS) dan alhamdulillah saya masuk melalui jalur SBMPTN.

             Menjadi warga PLS merupakan suatu kebanggan tersendiri dalam diri saya meskipun banyak yang tidak tau apa itu PLS. Menurut saya Pendidikan luar sekolah (PLS)  adalah pendidikan yang sangat luas. dalam artian yang memiliki peranan paling penting untuk membantu mengatasi kesenjangan yang ada di masyarakat, pendidikan luar sekolah dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja, tanpa mengenal batas usia, tempat dan waktu. Pendidikan luar sekolah di sebut sebagai pelengkap, pengganti, pemenuh dari pendidikan formal dan informal. Karena pada hakekat,nya manusia memerlukan pendidikan luar sekolah sebagai bentuk untuk  mengapresiasikan bentuk yang nyata dalam kesejahteraan sosial maupun kesejahteraan ekonomi manusia itu sendiri. Melihat dari beberapa fenomena yang ada saat ini pendidikan yang berada di luar formal sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hai

          Jadi alasan saya masuk PLS adalah untuk mengabdikan diri saya khususnya kepada masyarakat dalam rangkat meningkatkan keterampilan dan kinerja potensi setiap individu serta memahami kebutuhan apa saja yang di butuhkan oleh warga masyarakat. Agar terciptanya krhidupan yang lebih baik di masa sekarang dan masa depan, saya akan senantiasa menampung berbagai masalah yang ada di masyarakat lalu memberikan solusi yang tepat akan masalah yang sedang terjadi, dan terlebih saya masuk PLS ini saya ingin memberikan yang terbaik untuk kedua orang tua saya.

Penulis:
Nella Maghfiroh
PLS UNESA
Angkatan 2016
email: nellamaghfiroh4@gmail.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0