ANGKET PEMBUATAN VISI dan MISI KEPENGURUSAN IMADIKLUS 2015-2017

ANGKET PEMBUATAN VISI dan MISI  KEPENGURUSAN IMADIKLUS 2015-2017 Pembuatan Visi dan Misi IMADIKLUS Periode 2015-2017. Pendahuluan Dalam hal pencapaian...

HMJ PLS UM (The Most Inspiring Organization)
Imadiklus Training 1 Unesa 2016 – Versi 3

ANGKET PEMBUATAN VISI dan MISI  KEPENGURUSAN IMADIKLUS 2015-2017 Pembuatan Visi dan Misi IMADIKLUS Periode 2015-2017. Pendahuluan Dalam hal pencapaian suatu tujuan di perlukan suatu perencanaan dan tindakan nyata untuk dapat mewujudkannya, secara umum bisa di katakan bahwa Visi dan Misi adalah suatu konsep perencanaan yang di sertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang di rencanakan untuk mencapai suatu tujuan. Visi dan misi merupakan indicator untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu organisasi. Bagi mereka yang berkecimpung dalam kegiatan organisasi tentu tidak asing dengan kalimat Visi dan Misi di karenakan suatu organisasi, kelompok atau badan suatu instansi pasti memiliki Visi dan Misi untuk mewujudkan tujuannya.

Visi adalah pandangan jauh tentang suatu tujuan pada lembaga atau organisasi dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya tersebut pada masa yang akan datang atau masa depan. Visi tidak dapat dituliskan secara lebih jelas karena menerangkan mengenai detail gambaran sistem yang ditujunya, ini disebabkan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang. Di bawah ini beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan Visi, diantaranya meliputi:

  • Berorientasi ke depan.
  • Tidak dibuat berdasarkan kondisi pada saat ini.
  • Mengekspresikan kreatifitas.
  • Berdasar pada prinsip nilai-nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga atau organisasi dalam usaha mewujudkan Visi tersebut. Misi perusahaan di artikan sebagai tujuan dan alasan mengapa perusahaan atau lembaga itu dibuat. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan.

Latar belakang Masalah Visi-misi organisasi merupakan perumusan pandangan organisasi untuk mencapai maksud dan tujuan yang menjadi bidang garapannya, sementara visi-misi individu pemimpin merupakan perumusan langkah-langkah dan pandangan dari pemimpin itu untuk mewujudkan tercapainya visi misi organisasi.

Pada pelaksanaanya, tak sedikit organisasi ataupun orang perseorangan kebingungan dalam perumusan dari visi-misi yang seharusnya dirumuskan sebelum suatu organisasi terbentuk atau sebelum seseorang didaulat ataupun diangkat menjadi seorang pemimpin. Jika sudah demikian, biasanya arah organisasi atau pemimpin yang tidak merumuskan visi misi dari awal, menjadikan organisasi berjalan apa adanya dan tidak ada arah yang jelas kemana organisasi akan berlabuh mencapai tujuannya. Oleh karenanya, visi-misi menjadi sesuatu yang mutlak ada dan dikuasai oleh elemen organisasi, dan yang terpenting adalah dikuasai oleh pimpinannya, karena visi-misi ini merupakan perumusan atas segala rencana/planning yang merupakan langkah pertama yang harus ditempuh dalam prinsip-prinsip manajemen. Tanpa perencanaan yang baik, segala sesuatu tentunya tak akan menghasilkan sesuatu yang  diharapan.

Terciptanya visi dan misi harus bersifat menyeluruh, keterwakilan dari harapan dan impian setiap orang yang terhimpun dalam organisasi tersebut, tidak jarang kita menemukan organisasi yang memiliki visi dan misi namun hanya menjadi pajangan dan pelengkap oraganisasi. Hal itu sering timbul akibat dari pembuatan visi dan misi yang kurang tepat, dikarenakan visi dan misi merupakan aspirasi yang dirasakan oleh anggota organisasi yang harus dirancang serta di ketahui bersama.

Semakin tajam kita menganalisa permasalahan, maka semakin cerdas dan efektiv visi yang dapat kita buat,  sedangkan semakin banyak perumusan masalah yang dapat kita buat, maka semakin tajam pula misi yang dapat dirumuskan, karena dari sekian banyak pertanyaan yang muncul dari perumusan masalah di atas, tentunya hanya akan dipilih dan difokuskan pada masalah-masalah yang dapat dijawab dan sekiranya dapat diwujudkan oleh organisasi tersebut, karena menurut saya, misi yang dibuat tentunya harus menjawab perumusan masalah yang pada kesimpulannya akan selektif untuk dirumuskan menjadi misi organisasi.

Jadi menurut kami, perumusan visi-misi yang baik haruslah melalui tahapan perumusan permasalahan yang ada dan ingin dipecahkan oleh organisasi atau seseorang yang akan memimpin organisasi tersebut. Tanpa ada perumusan masalah, pembuatan visi-misi bisa saja menyimpang dari cita-cita organisasi yang sesungguhnya. Intinya, pimpinan yang handal adalah pimpinan yang mengetahui dan memahami persis permasalahan dan cita-cita organisasinya. Maka dari latar belakang itu kami ingin membuat visi dan misi yang diharapkan oleh seluruh lapisan mahasiswa PLS yang tergabung dalam IMADIKLUS (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah SE-Indonesia) melalui pengisian lembar angket yang akan kami distribusikan ke masing – masing Universitas.

Dowload selengkapnya

  ANGKET PEMBUATAN VISI dan MISI KEPENGURUSAN IMADIKLUS 2015-2017 Di download (291,5 KiB, 138 hits)

COMMENTS

WORDPRESS: 0