Antropologi Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal

0
Dibaca 1.094

Manusia adalah salah satu makhluk hidup yang diberikan potensi dan kemampuan oleh Tuhan secara sempurna, setidaknya manusia diberikan panca indra. Namun tentu saja kita sebagai manusia harus bisa memaksimalkan kemampuan atau potensi yang kita miliki dengan baik agar dapat dijadikan sebagai bekal dalam menajalani hidup. Dan untuk memaksimalkan kemampuan atau potensi yang kita miliki, tentunya harus ada yang mengarahkan dan membimbingnya agar kemampuan dan potensi kita berjalan searah dan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Karena begitu besar dan berharganya petonsi yang dimiliki oleh manusia, maka manusia harus dibekali dengan pendidikan yang cukup dari kecil. Manusia diberi kemampuan dan potensi yang berbeda-beda, oleh karena itu langkah awal kita adalah menganalisis apa sebenarnya kemampuan dan potensi yang  kita miliki. Sedangkan pendidikan merupakan usaha yang disengaja dan terencana untuk membantu perkembangan dan potensi manusia agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya.

Antropologi adalah suatu ilmu yang mempelajari atau mengkaji tentang karakteristik manusia dan perkembangan atau perilakunya. Antropologi berasal dari kata anthropos yang berarti ”manusia”, dan logos yang berarti “ilmu”. Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis skaligus makhluk sosial. Selain untuk pengembangan ilmu itu sendiri, antropologi sangat berperan di negara-negara yang sedang membangun sebagai pembuatan –pembuatan kebijakan dalam rangka pembangunan dan pengembangan masyarakat. Sebagai suatu ilmu yang sangat luas cakupannya, maka tidak ada seorang ahli antropologi yang mampu menelaah dan menguasai antropologi secara sempurna.

Para ahli mendefinisikan antropologi sebagai berikut:

  • William A. Haviland

Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.

  • David Hunter

Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.

  • Koentjaraningrat

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.

Dari definisi-definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa antropologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari manusia dari segi keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara berperilaku, tradiaisi-tradisi, nilai-nilai) yang dihasilkan sehingga manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda.

Antropologi di pecah-pecah atau diklasifikasikan menjadi beberapa bagian ilmu dan para ahli antropologi mengkhususkan pada spesialisasi sesuai dengan minat dan kemampuannya untuk mendalami studi secara mendalam pada bagian-bagian tertentu dalam ilmu antropologi. Dengan demikian speialisasi ilmu antropologi menjadi banyak, sesuai dengan perkembangan ahli-ahli antropologi dalam mengerahkan studinya untuk lebih memahami sifat-sifat dan hajat hidup manusia secara lebih banyak. Dalam hal ini ada antropologi konomi, antropologi polotik, antropologi kebudayaan, antropologi pendidikan, dan sebagainya. Kali ini saya akan membahas mengenai antropologi dalam pendidikan atau antropologi pendidikan khususnya antropologi pendidikan dalam pendidikan nonformal.

Selengkapnya download dibawah ini dengan login terlebih dahulu, jangan lupa tinggalkan jejak komentar.

  File Antropologi Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal (31,2 KiB, 1 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

Tinggalkan Balasan