Awalnya Masih Belum Faham Jurusan Pendidian Luar Sekolah

0
Dibaca 452

Awalnya Masih Belum Faham Jurusan Pendidian Luar Sekolah. Saya adalah mahasiswa baru Universitas Negeri Surabaya angkatan 2016. Saya masuk jurusan PLS ini melalui jalur SBMPTN, tetapi saya menempatkan prodi ini pada pilihan ketiga. Pada awalnya saya masih belum faham apa jurusan PLS tersebut. Di sisi lain, pada saat sudah diterima di jurusan tersebut banyak teman maupun tetangga yang tanya “Apa itu PLS?”, “Prospek kerjanya itu apa?” Dari situ saya masih bingung dengan jurusan PLS itu.

Banyak orang yang memandang sebelah mata jurusan PLS ini. Banyak juga yang berpendapat bahwa nasib dari lulusan jurusan PLS ini tidak jelas arahnya. Saya pun mecari solusi jadi apakah diriku setelah lulus dari jurusan ini. Saya menggali berbagai informasi dari kakak tingkat dan media internet. Informasi yang saya terima adalah lulusan dari jurusan PLS itu diterima dimana saja bahkan ada yang berpendapat bahwa lulusan dari jurusan PLS tidak harus jadi Pegawai Negeri Sipil, melainkan kita bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri.

Harapan saya untuk jurusan Pendidikan Luar Sekolah ini adalah para alumni dan mahasiswa PLS bisa giat lagi mengenalkan jurusan PLS ke masyarakat luas, agar masyarakat lebih mengetahui bahwa jurusan PLS sangat berkontribusi lebih dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Dikarenakan pendidikan itu tidak hanya diperoleh dari pendidikan formal saja, melainkan jug diperoleh dari lingkungan kehidupan masyarakat, lingkungan keluarga, dan dimana individu itu tinggal. Dari situ saya berharap pula pendidikan di Indonesia kembali bangkit khususnya mereka yang tidak tertampung di pendidikan formal.


Penulis:

MOCHAMAD LUCKY OKTAVIAN
PLS UNESA 2016

Tinggalkan Balasan