Bahan Ajar LITERASI PEMBUDAYAAN

http://afdalsy.wordpress.com/2008/02/13/tips-membaca-yang-baik http://padepokan-it.com/2010/01/27/arti-membaca

BPH IMADIKLUS UNTIRTA WUJUDKAN DESA ONLINE
PLS itu Orang yang Ikhlas dalam Mengabdi

INDAHNYA MEMBACA…..

KATA PENGENTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Buku Bahan Ajar Literasi Pembudayaan Membaca bagi Tutor dalam menyelenggarakan Program Pendidikan Keaksaraan. Salah satu pertimbangan disusunnya buku bahan ajar ini adalah agar pembudayaan membaca dimasyarakat dapat terwujud dengan baik. Disamping itu juga sebagai upaya untuk mengajarkan kepada masyarakat bagaimana cara membaca yang baik.

Buku bahan ajar ini disusun secara sederhana, karena hanya berisikan hal-hal yang praktis dan mudah dimengerti sehingga dapat dengan mudah untuk dipelajari, dipahami, dan dipraktekkan oleh para pembaca.

Akhirnya kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Buku Bahan Ajar. Selanjutnya kami mohon kritik dan saran demi kesempurnaan buku ini.

Ungaran,    September 2010

Pengertian

Membaca merupakan salah satu di antara empat keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) yang penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh setiap orang. Dengan membaca, seseorang dapat bersantai, berinteraksi dengan perasaan dan pikiran, memperoleh informasi, dan meningkatkan ilmu pengetahuannya.

Membaca merupakan sarana yang tepat dalam pembelajaran sepanjang hayat. Dengan mengajarkan kepada anak cara membaca berarti memberi anak tersebut sebuah masa depan yaitu bagaimana cara mengekplorasi “dunia mana pun yang dia pilih dan memberikan kesempatan untuk mendapatkan tujuan hidupnya.

Persiapan Sebelum Membaca

  1. Pilihlah waktu yang menurut kita sesuai untuk membaca. Waktu yang sesuai disini adalah waktu dimana tidak terdapat gangguan, baik dari luar maupun dari dalam diri kita. Waktu yang sesuai disini hanya kita sendiri yang tahu kapan. Namun, sebagain besar orang percaya bahwa waktu yang baik untuk membaca, khususnya buku pelajaran, adalah di pagi hari.
  2. Pilihlah tempat dan suasana yang sesuai untuk membaca, yaitu tempat yang terang, sejuk, bersih, nyaman, tenang dan rapih menurut kita sendiri.
  3. Pastikan posisi membaca kita adalah posisi yang benar. Posisi yang benar pada waktu membaca adalah duduk dengan posisi badan tegak, tidak bungkuk, dan pastikan jarak antara buku dengan mata kita kurang lebih 30cm.
  4. Siapkan juga hal-hal yang biasanya membantu kita dalam membaca, seperti pensil atau spidol.
  5. Ada baiknya sebelum belajar kita berdoa terlebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing supaya ilmu yang kita dapat bermanfaat.

Terdapat 3 cara umum membaca di dalam kehidupan sehari-hari dilihat dari apa tujuan proses membaca tersebut.

  1. Membaca sebagai hiburan tanpa perlu memeras otak terlalu keras. Bacaan yang mengandung unsur hiburan disini contohnya novel, cerpen, komik, majalah ringan dll.
  2. Membaca untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang tujuannya adalah mencari dan memahami ilmu yang terkandung dalam bacaan tersebut.
  3. Membaca kritis. Membaca disini sama dengan membaca untuk mencari ilmu. Namun membaca disini diikuti oleh proses menelaah isi bacaan tersebut, misalnya dengan pertanyaan-pertanyaan apa itu?, mengapa bisa terjadi?, oleh siapa?, kapan?, dimana? dan bagaimana itu bisa terjadi? Dalam membaca kritis, kita membuat bacaan sebagai lawan yang harus dikalahkan dengan cara mengetahui dan memahami seluruh isinya.

Setelah Membaca

Meninjau ulang. Merupakan langkah terakhir kita setelah membaca. Cobalah kita tutup dulu bukunya, kemudian pikirkan apa yang sudah didapat dari bacaan tersebut. Tuliskan hasil pikiran tersebut dalam secarik kertas, dan bandingkan dengan apa yang terdapat pada buku bacaan.

Akibat tidak membaca

  1. Ketika tidak membaca, seseorang akan masuk ke dalam kebodohan.
  2. Tidak membaca membuat orang dekat dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.
  3. Tidak membaca, orang tidak bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
  4. Tidak  membaca, orang tidak bisa menguasai banyak kata dan tidak memahami apa yang tertulis “diantara baris demi baris (memahami apa yang tersirat).

REFRENSI

Tips Membaca Yang Baik

http://padepokan-it.com/2010/01/27/arti-membaca

COMMENTS

WORDPRESS: 0