Bantu Warga: Bagi Informasi Sekitarmu di Atmago

0
Dibaca 498

Bantu Warga: Bagi Informasi Sekitarmu di Atmago

Awal mengenal media berbagi bernama Atmago dari seorang teman yang sebelumnya sudah sering menggunakan media ini untuk berbagi informasi. Bertemu di Malang pada tahun 2016 lalu, dia mengenalkan Atmago untuk kemudahan berbagi informasi melalui internet dengan media berbasis web dan aplikasi android. Situs web tersebut bernama Atmago.com dan tersedia aplikasi berbasis android yang bisa di download secara gratis melalui Play Store. Kebutuhan Informasi yang bersumber dari warga akan menjadi bahan menarik dan orisinil untuk dibagikan. Informasi yang dibagikan mencangkup hal apapun yang dapat membantu warga khususnya pengguna media internet.

Tampilan Atmago menurut saya tergolong sangat simpel dengan bawaan warna elegan. Fitur yang ada di dalamnya juga mudah untuk dipahami. Cangkupan berita dapat disesuaikan dengan wilayah tempat tinggal, dan terdapat fitur upload gambar yang mudah untuk melengkapi berita. Adanya Atmago berbasis aplikasi android mempermudah penggunanya untuk langsung update info tanpa harus repot menyalakan komputer atau laptop. Karena sekarang ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan smartphone untuk menunjang aktifitas.

Pengalaman saya menggunakan Atmago.com menjadi lebih inten sejak Mei 2017. Waktu itu saya membutuhkan media untuk share informasi tentang kegiatan desa. Diawali dengan download aplikasi di play store dan login menggunakan akun facebook membuat lebih mudah tanpa harus register isi form. Slogan “Warga Bantu Warga” membuat ketertarikan tersendiri bagi saya. Selain itu, pengguna yang posting di Atmago tidak harus menunggu persetujuan dari admin agar tulisannya bisa dimuat. Ini menandakan tanggungjawab postingan sepenuhnya berada pada pemilik akun. Setelah tulisan selesai dibuat pengguna dapat langsung menerbitkan tulisannya sendiri. Aplikasi Atmago versi android sangat memudahkan untuk langsung update informasi terkini. Menggunakan Aplikasi juga mempermudah pengguna ketika sedang mobilling. Beberapa informasi yang sudah pernah saya tulis di Atmago.com adalah mengenai kegiatan di desa, info terkini tentang desa, kejadian kecelakaan, dan informasi lainnya yang menurut saya bermanfaat untuk dibagikan.

Harapannya untuk pengembang media Atmago.com bisa tetap eksis dan selalu melakukan perbaikan rutin. Masukan untuk pengembang media Atmago; 1) fitur foto kalau bisa ditambah (lebih dari 1) agar info yang di share lebih meyakinkan pembaca, 2) Koneksi posting atau tulisan di Atmago.com bisa langsung otomatis tersambung dengan media sosial lainnya seperti: official Atmago twitter dan facebook atau fanspage serta memaksimalkan Instagram Atmago 3) menindaklanjuti berita hoax dan provokatif karena media Atmago sangat rentan akan hal tersebut, 4) Membuat hastag unik Atmago dan menjadikan ciri khas di media sosial, 5) Memperluas pengenalan Atmago bisa dengan melakukan sosialisasi kepada komunitas dan mahasiswa di kampus-kampus (road show), 6) memaksimalkan sosialisasi Atmago secara offline dengan menggunakan media stiker, kaos dan pin.

 

ID Atmago
Fendik Setyawan

Tinggalkan Balasan