Banyak orang hebat dan sukses terlahir dari jurusan Pendidikan Luar Sekolah

0
Dibaca 1.091

Banyak orang hebat dan sukses terlahir dari jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Saya adalah mahasiswa baru Universitas Negeri Malang angkatan 2016-2017. Masuk melalui jalur TBK Mandiri dan menempatkan PLS atau Pendidikan Luar Sekolah pada pilihan pertama. Mungkin banyak dari orang di luar sana bertanya, “apa sih itu PLS?”, “Pendidikan Luar Sekolah itu jurusan yang sering menangani anak-anak berkebutuhan khusus ya?”. Banyak sekali pertanyaan semacam itu bermunculan saat saya berkenalan dengan mahasiswa-mahasiswi UM lainnya di saat her-registrasi mahasiswa baru ataupun pada saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang lalu. “se asing itukah PLS? Sehingga mereka cukup asing dengan Pendidikan Luar Sekolah dan lebih banyak mengira bahwa PLS itu adalah pendidikan luar biasa?” ya, mungkin sampai sekarang PLS masih terbilang jurusan yang masih jarang diketahui dan belum banyak diminati oleh calon mahasiswa. Dan masih kalah nama dengan jurusan PGSD, Pendidikan Bahasa Inggris, ataupun Matematika dan lain sebagainya .Tapi.. apakah kalian tahu bahwa jurusan yang belum diketahui banyak orang ini mampu melahirkan orang-orang luar biasa dari lulusannya? Sebut saja Bapak Muhadjir Effendi yang merupakan mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang dan juga sekaligus dosen besar PLS UM. Dan kini telah resmi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang baru. Membanggakan sekali bukan?

Saya sendiri memilih PLS karena saya tahu, saya terlahir bukan dari keluarga seorang PNS, dan karena passion saya yang ingin menjadi seorang pendidik ataupun seseorang yang bergerak di bidang ilmu/hubungan kemasyarakatan, hingga pada akhirnya saya memilih jurusan Pendidikan Luar Sekolah menjadi pengantar masa depan saya kelak. “Karna untuk menjadi seorang PNS di masa sekarang susah,harus mengabdi -+ 2 tahun di luar pulau Jawa, dan kemungkinan pemerintah tidak akan mengangkat PNS untuk beberapa tahun kedepan” kata-kata itulah yang kerap saya dengar, sehingga saya mencari jalan, bagaimana agar saya bisa mewujudkan cita-cita saya sebagai seorang pendidik sekalipun bukan menjadi seorang Pegawai Negeri. Dan akhirnya. Allah mengantarkan saya ke sini, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang.

Harapan saya kedepannya setelah saya masuk jurusan Pendidikan Luar Sekolah adalah. paling pertama sendir, saya ingin membahagiakan kedua orang tua saya dan sukses melalui PLS. Saya ingin memperkenalkan kepada khalayak tentang Pendidikan Luar Sekolah itu sendiri. Dan tidak akan ada lagi pertanyaan seperti: “apasih itu jurusan Pendidikan Luar Sekolah?” “peluang kerjanya bagaimana?” dan lain sebagainya. Dan juga, saya ingin membantu anak-anak yang kurang beruntung dalam mengenyam bangku pendidikan formal, sekaligus mengantarkan saya untuk terwujudnya cita-cita saya sebagai seorang pendidik. Dengan demikian, Pendidikan Luar Sekolah bukan lagi jurusan yang bisa dipandang sebelah mata, sudah banyak orang-orang hebat dan sukses terlahir dari jurusan ini. Oleh karena itu, saya sebagai mahasiswa baru UM berharap, dari tahun ke tahun peminat jurusan ini semakin banyak, sehingga diharapkan makin banyak pula calon-calon pemenang masa depan ataupun petinggi negara dan juga orang-orang yang berguna bagi dirinya,orang lain,serta bangsanya sendiri. Insyaallah.

“PEKIK SALAMKU! A LUTTA CONTINUA PLS!”

 


Penulis:

riska

Rizka Ayang Rizana

Pendidikan Luar Sekolah

Angkatan 2016

Universitas Negeri Malang

 

Tinggalkan Balasan