Berbagi Cerita: Kunjungan Admin Imadiklus.com di Malang

Sabtu 13 Juni 2015 menjadi momen yang istimewa bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang, Kenapa? Pada hari itu Jurusan Pendidika...

SURAT CINTA UNTUK IMADIKLUS INDONESIA DARI ZIADATUM F
Lowongan Komisi pemberantasan Korupsi – KPK pendaftaran 1 – 16 Oktober 2016

Sabtu 13 Juni 2015 menjadi momen yang istimewa bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang, Kenapa? Pada hari itu Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang (PLS UM) kedatangan tamu dari Sukoharjo Jawa Tengah. Siapakah dia?, dia adalah admin imadiklus sekaligus develop web terkenal (didunia maya hehe) sebut saja namanya Ronggo Tunjung Anggoro sapaan akrabnya Ronggo. Mungkin dia sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa PLS Se-Indonesia (bagi yang belum kenal silahkan kenalan). Dia itu siapa sih lulusan PLS bukan ya? Sedikit cerita saja, Dia alumni PLS Unes angkatan 2004 (kalau nggak salah) dan lulus tahun 2009 (setahu dan seingat saya kalau salah silahkan di konfirmasi). Selama dua hari berkunjung ke Kota Malang tujuannya untuk sambung silahturahmi sekaligus sharing tentang pengelolaan media imadiklus.

Sampai di Kota Malang pada pukul 08.00WIB hari sabtu 13 Juni 2015 di stasiun Kota Baru Malang yang kemudian dijemput oleh penulis untuk transit dan istirahat sejenak. Pada pukul 15.00WIB kami menuju ke kampus FIP UM, sebelumnya kami sudah janjian dengan badan pengurus harian (BPH) Imadiklus UM untuk berkumpul sekaligus kenalan dan sharing tentang PLS di kampus FIP UM. Pada pertemuan di gazebo FIP UM itu turut hadir PNF UNESA (Amar, Yoga) sedangkan dari UM dihadiri oleh Ketua BPH UM 2015 (Imam Badhowi), Hani (Ketua Wilayah 1 Imadiklus), Ridwan, Ella, Sefril, dkk

Pertemuan diawali dengan perkenalan yang dilanjutkan dengan sharing pengalaman tentang ke-PLS-an, pengalaman belajar ilmu PLS, cerita tentang imadiklus dan masih banyak lagi. Lagi-lagi ketika ketemu dengan senior mesti ada keluh kesah yang muncul termasuk kegelisahan kuliah di PLS. sebenarnya wacana PLS lulus jadi apa itu sudah ada sejak 3-4 tahun yang lalu dan itu menjadi pembahasan yang tidak ada ujungnya. beberapa postingan di imadiklus.com dan facebook yang mungkin bisa teman-teman PLS baca:

1. Versi Mahasiswa – PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
2. PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH ADALAH SARJANA SEMUA JURUSAN WHY….???
3. Pendidikan Luar Sekolah di cetak Jadi PNS
4. Terus, Kalo Gue Lulusan PLS Gue Harus Bilang Wow,Gitu !!
5. Bikin Nyaman Posisi Anda Di Pendidikan Luar Sekolah

itu beberapa catatan mahasiswa PLS yang sudah diarsipkan oleh imadiklus.com (kalau mau sumbang tulisan silahkan), kembali pada diskusi, ada beberapa poin yang kami catat dari Mas Ronggo pada sharing dan diskusi sore itu yaitu “Kuliah di PLS tidak salah, jurusan PLS juga tidak salah, ikut organisasi juga tidak salah, ketika kalian kuliah dan sudah lulus yang menentukan itu adalah nasib tinggal kita mau usaha atau tidak”.

Setelah panjang lebar diskusi tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 18.00wib selanjutnya kami makan bersama, setelah selesai makan, kami menuju wifi corner di samping UM tepatnya di jalan Surabaya. Disitu kami mulai sharing tentang pengelolaan web dan media imadiklus. Kami belajar langsung dari sumbernya termasuk cara posting cara memasukkan file sehingga bisa didownload, pemasangan banner kegiatan di imadiklus.com dan masih banyak lagi.

Dalam sela-sela pertemuan itu kita kedatangan Ketua Pelaksana Kongres pertama Imadiklus di Malang dia adalah Rery dia adalah alumni PLS UM angkatan 2006. Perbincangan panjang dan saling tukar pikiran pun tak terhindarkan maklum sudah lama tak jumpa. Setelah ngobrol panjang kami melanjutkan sharing pengelolaan web dan media imadiklus. Oiya, pada malam itu juga turut hadir dua sejoli yang SUPER kompak semenjak kongres pertama imadiklus di surabaya, dua sejoli itu adalah Agung Firmansyah dan Zakariya biasa dipanggil Zaki (keduanya PLS UNESA angkatan 2009) yang dari PLS UNESA jika belum kenal langsung aja KLIK facebooknya :D. mereka datang pada sabtu malam 13 juni 2015, sampai di malang tepatnya pukul 21.00WIB berangkat dari surabaya demi bisa bertemu dan sharing bareng (istimewa).

Esok pagi tepatnya hari sabtu 14 Juni 2015, acara kami isi dengan jalan-jalan ke Coban Rondo kegiatan ini sebagai puncak acara pertemuan di Malang. mengawali dengan sarapan pagi pukul 09.00WIB dan lanjut ke coban rondo. Coban rondo merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Malang tepatnya di Pujon-Malang. sampai di Coban Rondo kami masuk di area taman labirin dan berlanjut ke air terjun. Udara di Coban Rondo sangat sejuk, banyak pepohonan hijau dan bisa melihat seluruh Kota Malang dan Kota Batu karena memang areanya di puncak. Di Coban Rondo banyak wisatawan yang datang berekreasi maklum karena pas weekend. Apa sih yang dilakukan di coban rondo? Ya apalagi kalau bukan refresh dan jalan-jalan, sambil mengabadikan momen hehe. Setelah puas foto dan bermain di area wisata kami memutuskan untuk turun ke Malang pada pukul 14.00WIB. kereta yang akan mengantarkan admin imadiklus pulang pukul 17.00wib sehingga harus bergegas turun agar tidak ketinggalan kereta. transit sejenak untuk istirahat di kos penulis dan lanjut ke stasiun.

Ini adalah cerita di Malang dengan kegiatan sharing media dan web imadiklus, kemasan sederhana yang didasari silahturahmi dan rasa saling memiliki PLS. Harapan dari pertemuan ini adalah semoga semakin banyak mahasiswa PLS Indonesia yang mau menulis dan mau berbagi di imadiklus.com. media imadiklus adalah media Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah terbesar dengan rata-rata pengunjung perhari mencapai 1000, sehingga sayang kalau tidak berkontribusi aktif di imadiklus.com. Apapun cerita PLS kalian, apapun pengalaman PLS kalian, apapun kegiatan PLS kalian silahkan berbagi di imadiklus.com, promosi kegiatan hima dalam waktu dekat juga boleh (GRATIS/FREE). Caranya gampang, tinggal email aja ke admin@imadiklus.com atau ke artikelpls@imadiklus.com atau juga bisa inbox di facebook Imadiklus Indonesia, kalau mau follow twitter dan instagram di @imadiklus.  imadiklus.com juga punya album foto PLS di instaDIKLUS, tambahkan #imadiklus maka foto kalian akan tersingkronisasi ke instaDIKLUS di dalam web imadiklus.com.

Arsip yang tersimpan di imadiklus.com minimal 5-10 tahun lagi bisa jadi cerita berharga dan menarik untuk dibaca dan diceritakan ulang. Materi-materi yang masuk bisa menjadi bahan belajar khalayak umum sekaligus menjadi media promosi dunia luar bahwa Pendidikan Luar Sekolah itu ada.

Sekian dulu liputannya, semoga ini menginspirasi kegiatan imadiklus kedepan. Mungkin tulisan saya masih berantakan ya harap maklum karena saya bukan wartawan/penulis profesional dan hanya rakyat jelata yang ingin berbagi. Kritik dan saran silahkan disampaikan pada kolom komentar atau langsung ke facebook penulis di Fendik Setyawan follow twitter di @fendikkid. Terimakasih.

Foto-foto sharing pengelolaan media imadiklus.com di Malang 13-14 Juni 2015:

image (4)

image (3)

image (2)

IMG_20150613_204011

IMG_20150613_231021

IMG_20150614_120454

IMG_20150614_130657

image (1)

“Berawal dari persaudaraan dan rasa memiliki PLS”

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar
    ronggi 2 tahun

    suwon sam jos lah buat kota lain tunggu yah