BPH IMADIKLUS UNTIRTA WUJUDKAN DESA ONLINE

INTERNET TRAINING VILLAGE “Sebagai Upaya Mewujudkan Desa Berbasis IPTEK” Berangkat dari pelaksanaan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 ten...

MENJALIN TALI SILLATURRAHMI MELALUI RAPAT KOORDINASI WILAYAH 1 (RAKORWIL 1)
DETIK-DETIK RAPAT KERJA NASIONAL (RAKERNAS) V IMADIKLUS

INTERNET TRAINING VILLAGE

“Sebagai Upaya Mewujudkan Desa Berbasis IPTEK”

Berangkat dari pelaksanaan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa serta munculnya desa online, kami Badan Pengurus Harian Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah UNTIRTA berinisiasi untuk ikut serta dalam mensukseskan program ini. Melalui kegiatan pelatihan yang melibatkan 14 Desa dalam satu kecamatan, ia itu kecamatan Baros Serang – Banten. Dalam kegiatan ini kami menggandeng Febrian Imanda Effendy (Chief Operating Officer at Dubidam) sebagai nara sumber pelatihan ITV,  Akoh Haerudin (Ketua IKAMABA) sebagai penggerak pemuda desa Baros dan Wahyudin sebagai aktifis media.  Yang akan dilaksanakan pada Minggu, 30 Oktober 2016 Pukul 08.30 WIB s/d selesai di SDN Pasir , Kp. Cibongor Desa Tejamari Kecamatan Baros, pelatihan ini kami beri nama ITV “Internet Training Village” yang nantinya masyarakat akan diberi pembekalan untuk bisa mengakses WEB yang telah dimiliki oleh masing – masing desa, sehingga fasilitas WEB tersebut akan lebih terasa manfaatnya oleh masyarakat desa, semua elemen masyarakat dapat mengakses WEB tersebut tanpa terkecuali.

Sehingga segala informasi mengenai desa yang terdapat di dalamnya, seperti potensi desa, produk unggulan desa, dan percepatan pembangunan desa bisa dipromosikan dan diakses dengan mudah. Laporan tentang rencana pembangunan desa, pengelolaan dana desa, dan kemajuan pembangunan desa bisa dilakukan melalui WEB. Proses desa membangun akan semakin kencang terjadi, terutama dengan adanya dana desa yang jumlahnya terus meninggkat dari tahun ke tahun.

Dari hal tersebut pemerintah memberika fasilitasi portal lengkap dengan perangkat pendukung. Setiap operator situs desa juga akan mendapatkan pelatihan agar dapat mengelola dan mengoperasikan WEB secara mandiri. Namun disini kami melihat ketimpangan yang terjadi di masyarakat, dari 14 Desa yang kami libatkan dalam kegiatan ini,  hampir semua masyarakatnya belum mengetahui dan tidak faham cara mengakses WEB yang mereka miliki. Bahkan ada beberapa aparatur desa yang mengakui belum mahir dalam pengoprasian WEB tersebut, dari masalah itu maka kami membuat solusi untuk membantu dalam ketercapaian desa online dengan memberika pelatihan secara gratis kepada masyarakat dan aparatur desa tentang penggunaan WEB. Dan pelatihan ini dilakukan secara berkesinambungan, sehingga nantinya impian mengenai desa online akan berjalan sebagaimana mestinya, karena setiap informasi merupakan Hak dari setiap warga masyarakat.

#IMADIKLUS 2

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0