Buat Desain Aplikasi Quran Isyarat, Ilham Sumbang Piala untuk Universitas Negeri Malang

0
Dibaca 363

Buat Desain Aplikasi Quran Isyarat, Ilham Sumbang Piala untuk Universitas Negeri Malang.

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU – Muhammad Ilham Nurhakim menjadi salah satu penyumbang piala pada kemenangan Universitas Negeri Malang (UM) sebagai juara umum di ajang MTQMN XV.

Ia bersama timnya, Elien Widayuk dan Rony Aldhea Dwi Cahya mengikuti Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Quran (DAQ). Ilham mengaku sangat terharu ketika mereka diumumkan sebagai peraih juara 1 DAQ.

“Tim kami jadi salah satu penyumbang medali emas dan terasa terharu sekali karena ini ajang nasional yang pesertanya tidak sedikit,” katanya pada SURYAMALANG.COM, Jumat (4/8/2017).

Sebelum pengumuman, Ilham juga merasa sangat gugup karena pesaing berat yang mengikuti kompetisi DAQ sebagai lawannya.

“Pengumuman pemenang DAQ dilakukan paling akhir, jadi deg-deg annya terasa sangat lama,” ujarnya lalu tertawa.

Ilham dan tim membuat aplikasi Qurani, yaitu Quran Isyarat untuk penderita tuna rungu.

“Inti dan tujuan dari aplikasi ini adalah untuk membantu anak atau penderita tuna rungu untuk membaca dan mempelajari Alquran,” jelas mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Um itu.

Pembuatan aplikasi itu membutuhkan proses yang cukup lama. Ilham dan tim harus melakukan riset pada para penderita tuna rungu.

“Kami harus mencari data dan menyesuaikan kebutuhan anak tuna rungu. Apalagi juga dari segi konten dan desain,” terangnya.

Logo untuk aplikasi Qurani juga mereka desain sedemikian rupa sehingga menggambarkan Quran dan tuna rungu.

“Logo yang kami pakai memiliki perpaduan deformasi bentuk telinga dengan huruf Q dan I membentuk nama Quran Isyarat,” beber Ilham.

Saat ini, Qurani sudah bisa diunduh secara gratis lewat Google Playstore.

“Kami ingin membantu pembelajaran Alquran pada anak tuna rungu dengan visual berupa gambar dan video, serta mempermudah memahami makna dari ayat-ayat Alquran,” tutupnya.

 


Sumber: http://suryamalang.tribunnews.com/2017/08/04/buat-desain-aplikasi-quran-isyarat-ilham-sumbang-piala-untuk-universitas-negeri-malang

Tinggalkan Balasan