(Bukan Hanya) Sekedar Harapan Masuk PLS

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah ( PLS ) adalah salah satu jurusan yang masih banyak orang yang belum tahu. Padahal jurusan PLS adalah jurusan yang cak...

HARAPAN SETELAH LULUS DARI PLS
My Dreams Become True

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah ( PLS ) adalah salah satu jurusan yang masih banyak orang yang belum tahu. Padahal jurusan PLS adalah jurusan yang cakupannya cukup luas di dunia kerja.
Harapan setelah masuk PLS adalah menjadi seorang guru yang tidak hanya mengajar para siswanya tapi juga mendidik para siswanya agar menjadi orang yang berguna bagi bangsanya dan menjadi orang yang sukses. Tidak harus menjadi guru tetapi menjadi seseorang yang lebih bisa mendidik siswanya, bukan hanya anak anak yang bersekolah tetapi anak anak yang membutuhkan pendidikan yang layak, seperti halnya anak anak jalanan, anak yang kurang beruntung, dan anak anak yang tinggal dipedalaman.

Apalagi di Indonesia banyak anak anak jalanan yang kurang diperhatikan oleh pemerintah, banyak banyak anak anak yang sebenarnya pandai tapi karena masalah ekonomi dia tidak bisa bersekolah, banyak anak anak pedalaman yang berpotensi dan memiliki semangat yang tinggi untuk belajar tetapi karena faktor jauhnya letak sekolah dan kurangnya tenaga kerja membuat mereka menjadi diam dirumah dan tidak menerima pendidikan.
Para guru dari PLS tidak hanya berkecimbung di sekolah tapi mereka bisa langsung terjun ke masyarakat dan memberikan pendidikan yang layak, menjadi tenaga kerja yang diperlukan untuk anak anak yang tidak beruntung. Meskipun dengan gaji atau upah yang mungkin tidak setimpal dengan apa yang ia lakukan tetapi berguna untuk orang sekitar.

Dengan adanya jurusan PLS bisa menghasilkan para guru yang bisa membuat anak anak tersebut bisa mengenal dunia pendidikan meskipun tidak dengan bangku sekolah yang bagus, gedung yang mewah dan fasilitas yang bagus, sarana dan prasarana yang memadai tapi meskipun dengan tempat yang seadanya bisa membuat mereka lebih pandai dan memahami pentingnya pendidikan bagi kehidupan mereka selanjutnya.

Guru yang saya inginkan adalah menjadi guru yang tidak hanya mendidik dan mengajar tapi menjadi guru yang bisa menjadi orang tua mereka, teman mereka bahkan sahabat mereka atau mungkin menjadi tempat mereka bercerita tentang masalah masalah yang mereka hadapi dan mampu memberi solusi yang baik dan benar untuk mereka. Guru juga harus bisa memahami pola pikir dan perilaku yang dialami anak didiknya nanti. Karna guru dari lulusan PLS lebih bisa dan paham terhadap keadaan seperti itu, dan sebenarnya guru guru seperti itulah yang dibutuhkan oleh murid murid sekarang karena mereka tidak hanya sebagai pengajar dan pendidik tetapi sebagai orang tua dan keluarga pada saat mereka berada di lingkungan sekolah.

dinda-ina

Nama : Dinda Ina Bella
Jurusan : PLS
Universitas: Universitas Negeri Malang

COMMENTS

WORDPRESS: 0