Car Free Day Masuk Kampus (Hari Bumi ala Universitas Negeri Malang)

0
Dibaca 1.526

20150422_070300Pagi ini kawasan kampus Universitas Negeri Malang tampak lengang dari kendaraan bermotor. Ya, hari ini di kampus Universitas Negeri Malang tengah menerapkan satu hari bebas asap kendaraan bermotor dalam rangka memperingati hari bumi sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April. Kegiatan ini dipelopori oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam “Jonggring Salaka” yang ada di Universitas Negeri Malang dan dilaksanakan mulai pukul 05.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Untuk mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut, Rektor Universitas Negeri Malang menberikan surat edaran kepada segenap civitas akademika Universitas Negeri malang untuk mendukung dan berpartisipasi untuk mensukseskan gerakan tersebut dengan menempatkan kendaraan bermotor pada tempat parkir yang telah diatur oleh panitia penyelenggara yang juga sudah berkoordinasi dengan Ormawa dan pihak Satpam Universitas Negeri Malang. Sistem parkir dikonsep menjadi sistem parkir terpusat, yaitu,

  1. Kendaraan yang lewat Jalan Surabaya tempat parkir sepeda motor pada lahan parkir Fakultas Pendidikan Psikologi, untuk lahan parkir mobil terletak di halaman depan gedung A1, A2, dan A3.
  2. Kendaraan yang lewat Jalan Semarang lahan parkir sepeda motor di jalan menuju Pujasera, sedangkan parkir mobil di depan KOPMA dan samping timur gedung Sasana Budaya.
  3. Kendaraan yang lewat Jalan Cakrawala lahan parkir mobil di halaman samping Graha Cakrawala serta basement gedung Graha Cakrawala sedangkan parkir sepeda motor di sekitar Sasana Krida sampai halaman Asrama putra.
  4. Kendaraan yang lewat Jalan Ambarawa tempat parkir diarahkan pada lahan parkir baru dekat pos satpam.
  5. Gerbang Fakultas Ilmu Keolahragaan, gerbang Fakultas Ilmu Sosial, dan gerbang UPT Pusat Pengkajian Pancasila ditutup.

20150422_071007Halaman depan gedung GKB Fakultas Ilmu Pendidikan pun juga terlihat kosong. Biasanya, banyak mobil para dosen yang terparkir di halaman gedung GKB. Jalan sekitar kampus UM juga terlihat banyak mahasiswa yang berjalan kaki dan bersepeda menuju gedung kuliah masing-masing. Kegiatan semacam ini sangat baik sekali apabila dapat diterapkan bukan hanya dalam sehari saja. Alangkah lebih baiknya jika program ini dapat dilakukan setiap hari di lingkungan kampus. Dengan begitu, lingkungan kampus akan terbebas dari polusi yang disebabkan oleh asap kendaraan dan kesehatan para warga kampus juga akan terjaga.

Itu tadi sedikit cerita tentang perayaan hari bumi sedunia di kampus Universitas Negeri Malang. Bagaimana dengan kampus kalian ?

Selamat Hari Bumi Sedunia, Save our Earth !

Salam Sehat dari Universitas Negeri Malang..

Oleh : Imam Badhowi | PLS Universitas Negeri Malang

Tinggalkan Balasan