Catatan Agil Hari Pertama di Bengkulu

DPO Wilayah I saudara Fendik Setyawan meminta oleh – oleh rekaman perjalanan dan kegiatan selama saya “menggembel” untuk mengikuti a...

JUARA 3 SURAT CINTA UNTUK IMADIKLUS INDONESIA DARI RINAWATI RAFI’AH
JOB DESCRIPTION PENGURUS PUSAT IKATAN MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH SE-INDONESIA (IMADIKLUS) PERIODE 2016-2017

DPO Wilayah I saudara Fendik Setyawan meminta oleh – oleh rekaman perjalanan dan kegiatan selama saya “menggembel” untuk mengikuti acara Seminar Nasional, IT 2 dan PLS-PMD di Universitas Negeri Bengkulu.

Agak membingungkan juga menarasikan perjalanan dan perasaan selama mengikuti separuh kegiatan ini.

Jadi untuk memudahkan saya mencoba melampirkan saja beberapa foto untuk mengabadikan momen ini.

Pemberangkatan

pemandangan dari Dok kapal Feri

Awal pemberangkatan saya menggunakan bus, dan untuk mengurangi biaya ongkos maka saya mencoba menghindari calo dengan menumpangi kapal feri terlebih dahulu.

Alhamdulillah lumayan dapat mengurangi pengeluaran.

Lama perjalanan 24 jam pas, cukup membuat bosan dan lelah, namun tertutupi dengan bayangan akan bertemu teman – teman IMADIKLUS di sana.

Tiba di Bengkulu

BPPNFI Prov. BengkuluSetelah di jemput di Pool bis dan di jamu oleh dua sesepuh PLS UNIB ( Santoso dan Restu ) langsung di antar menuju tempat peristirahatan di BPPNFI Provinsi Bengkulu.

Tempat ini strategis karena dekat dengan pusat kota, namun sayang ternyata cukup jauh dari Kampus UNIB (+ 5 Km) sehingga memakan waktu untuk menghadiri acara.

Penginapan BPPNFI

Panitia sudah cukup mempersiapkan segala hal untuk kenyamanan teman – teman peserta dari luar, menurut saya pribadi ini sebuah peningkatan, karena dulu sempat hanya memakai kost – kostan sebagai tempat penginapan, namun sekarang sudah dapat bekerja sama dengan dinas sehingga mendapatkan tempat yang sangat layak untuk beristirahat dan gogorowokan anak – anak IMADIKLUS tanpa harus ditimpuk oleh tetangga. 😆

HARI PERTAMA

SEMINAR NASIONAL “EKSISTENSI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN”

SEMINAR 1

Karena kendala teknis, seminar ini terlambat 1 jam dari yang sudah direncanakan, ketika saya datang acara pembukaan sudah selesai dan cukup kecewa juga tidak dapat melihat tarian Daerah Bengkulu. 😥

seminar 2

Acara pertama dimulai yaitu Seminar Nasional.

Pemateri Pertama yang mewakili akademisi adalah Prof. DR. Jamaris Jamna., M.Pd (Guru Besar PLS UNP)

Pemateri Kedua yang mewakili birokrat adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu

sedangkan saya mewakili dari alumni jurusan PLS.

Acara seminar ini dimoderatori oleh Drs. Agus Makmurtomo, M. Kes

Prof. DR. Jamaris Jamna

Presentasi pertama adalah dari Prof. DR. Jamaris Jamna., M.Pd.

Ketika mendengar rencana akan adanya acara seminar ini, dalam bayangan saya memang arah pembicaraan seminar akan lebih berbicara tentang output lulusan PLS, namun saya memprediksi hal tersebut akan terjadi dalam sesi tanya jawab.

Ternyata dalam presentasi Prof. Jamaris langsung menyentuh hal tersebut, beberapa poin memang saya rasa sudah menjadi pembahasan dalam diskusi di IMADIKLUS, baik di dunia maya maupun secara kopi darat, yang membuat sedikit minder adalah ternyata pembahasannya sama dengan apa yang akan saya presentasikan.

adapun untuk melihat bahan presentasinya silahkan klik Presentasi Prof. Jamaris Jamna..

Kepala Dinas Pendidikan Prov. Bengkulu

Presentasi kedua adalah dari Kepala Dinas Pendidikan Prov. Bengkulu, beliau memaparkan tentang visi, misi dan renstra serta program-program di bidang PAUDNI yang akan dilaksanakan pada tahun 2013.

Beliau juga memberikan beberapa data tentang perkembangan Pendidikan Nonformal di Bengkulu serta beberapa permasalahan yang terjadi di Dinas Pendidikan serta kendala program PNF.

Sayangnya saya belum dapat memasukkan salinan lunak presentasi beliau.

Berbicara tentang permasalahan PNF, sekali lagi ternyata bahan presentasi saya sudah terangkum juga dalam presentasi beliau.

Agil

Akhirnya waktu terakhir adalah untuk saya mempresentasikan “Harapan Mahasiswa dan Alumni Terhadap Lapangan Pekerjaan”.

Sub tema ini dipilih oleh panitia, dan dirasa mungkin cocok untuk saya, 😆

Alasan utama saya ketika berani menjadi pemateri adalah agar isu yang sedang berkembang di dunia maya (Facebook) itu dapat disampaikan secara formal dan terang di depan Dosen, Mahasiswa dan Alumni PLS. Kesan yang timbul selama ini adalah “maaf” saling menghujat di belakang.

Saya mengawali presentasi dengan konsep manajemen “the right man on the right place” serta hadis nabi tentang wajibnya suatu urusan diberikan kepada ahlinya, saya rasa tidak perlu berpanjang lebar menjelaskan, karena presentasi saya hanya mengulang apa yang sudah selama ini didiskusikan di Forum – forum IMADIKLUS, dengan sedikit improvisasi berbicara regulasi. untuk lebih jelas silahkan unduh “HARAPAN MAHASISWA TERHADAP LAPANGAN PEKERJAAN

Untuk sesi tanya jawab nanti akan dibuat dalam posting selanjutnya.

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar

    Gue suka in i