Coretan “Tanpa Judul” by PLS UNTIRTA

0
Dibaca 1.512

 

?”Keberhasilan suatu bangsa dan negara akan lebih ditentukan oleh kualitas manusianya, bukan oleh kekayaan sumber daya alam yang dimilikinya.”

 Maka dari itu, kita sebagai tenaga pendidikan luar sekolah (PLS) harus mampu mencetuskan sember daya manusia yang berkompeten dalam segala bidang dengan berbagai cara yang kita miliki. Pendidikan luar sekolah merupakan comdev=community development=pemberdayaan masyarakat. Dimana tugas orang PLS ini harus mampu memberdayakan masyarakat yang perlu untuk diberdayakan. Dengan adanya pemberdayaan yang dilakukan oleh tenaga PLS, secara tidak langsung mampu membantu untuk membangun manusia yang mempunyai daya guna yang tinggi. Membangun manusia itu tidak hanya dilakukan dalam satu bidang, melainkan banyak bidang. Seperti: 1)membangun manusia melalui pemberdayaan lewat pendidikan, 2) kesempatan, 3) perawatan kesehatan, 4) nutrisi dll. Dengan cara itu lalu kita berdayakan mereka dengan pilihan-pilihan sehingga mereka dapat hidup dengan sehat, berpengetahuan serta penuh kreativitas.

Maka dari itu jangan malu jika kawan-kawan berada pada ranah Pendidikan Luar Sekolah. Biarkanlah orang lain menilai PLS dengan sebelah mata. “Mereka” seperti itu tidak berlandaskan pada analisis terlebih dahulu. Buktikan kemampuan yang kalian miliki dan keluarkan seluruh tenaga anda untuk perjuangan hidup anda jangan terlalu berpatok pada ijazah yang dimiliki.

 

Raden Aunty Prathiwie
PLS UNTIRTA 

 

Tinggalkan Balasan