“Curah Pendapat” sebagai metode pembelajaran PLS

0
Dibaca 1.586

Tulisan ini dibuat sebagai tugas matakuliah Metode Pembelajaran PLS

________________________________________________________________________________

IMG_4947Proses belajar dan pembelajaran tidak akan pernah lepas dari sebuah pendidikan, utamanya pendidikan formal yang selalu menyelenggarakan pendidikan berjenjang. Tidak hanya pendidikan formal saja yang menggunakan metode pembelajaran, pendidikan non formal juga menerapkan berbagai metode pembelajan dalam proses transfer knomledge. Pendidikan Non Formal atau Pendidikan Luar Sekolah dalam pelaksanaan program pembelajaran di butuhkan beberapa metode belajar agar peserta didik mampu menyerap apa yang disampaikan oleh fasilitator.

Salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam program-program pembelajaran PLS adalah metode brainstroming atau curah pendapat. Metode brainstroming dapat merangsang peserta didik untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Selain itu metode ini menghasilkan banyak ide yang bagus dan menarik sesuai dengan pengalaman peserta didik.

Ketiga program pendidikan luar sekolah yang dapat menggunakan metode brainstorming adalah developmental, institusional, dan informasional. Metode Brainstorming dapat digunakan pada program developmental ketika melakukan identifikasi kebutuhan belajar masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan menganilisis pendapat yang telah diambil dari beberapa masyarakat. Sedangkan untuk program informasional dan intusional jarang diterapkan tetapi, disetiap proses pembelajaran harus ada metode brainstorming ketika fasilitator ingin mengetahui kebutuhan belajar peserta didik.

Metode merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menurut Abdul Majid (2011:135) metode merupakan proses belajar mengajar merupakan interaksi yang dilakukan antara guru dengan peserta didik dalam satu pengajaran untuk mewujudkan tujuan yang ditetapkan. Metode memberi tekanan pada prosedur yang disesuaikan dengan rencana yang disusun secara terurai dan logis (Asmah dalam morris, 1976:792). Jadi dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang digunakan oleh fasilitator agar materi yang diberikan dapat diserap, dipahami, dan dimanfaatkan oleh peserta didik untuk mewujudkan tujan pembelajaran yang telah ditetapkan.

…………..

Lebih lengkapnya, silahkan di download disini.

  METODE CURAH PENDAPAT BRAINSTROMINGRTF Di download (272,2 KiB, 167 hits)

Disusun oleh :

  1. Anggadeta Nova Twodola
  2. Farida Nurrafidah
  3. Rohmani Asih
  4. Sabilla Al Mukaromah

PLS 2013 Universitas Negeri Malang

Tinggalkan Balasan