Darus: Imadiklus Kini dan Nanti dalam Kegiatan Refleksi Imadiklus

0
Dibaca 816

Darus: Imadiklus Kini dan Nanti dalam Kegiatan Refleksi Imadiklus. Berangkat dari sebuah kebutuhan tentang apa yang ingin di gali dari sebuah ilmu ke-organisasi IMADIKLUS, adah yang menampung berbagai insfirasi masyarakat dan para anak-anak terpelajar di seluruh Indonesia yang mencetak generasi yang berbudi pekerti luhur nan agung. Dengan mengacu pada BALSEM, jangan terkejut dengan kata ini karena BALSEM yang kita ketahui dalam kehidupan sehari hari fungsinya adalah untuk meringankan gatal-gatal, masuk angin, sakit perut, dan lain-lain. Tapi BALSEM disini adalah sebagai obat yang menjadi penyakit kebiasaan kita sehari-hari, BALSEM alias BACA, LATIH dan SEMPURNAKAN. Mari kita bahas satu persatu dengan kata-kata tersebut pertama BACA, dalam Islam ajaran pertama yang di turunkan Alloh kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril adalah seruan untuk membaca. Ini membuktikan betapa pentingnya membaca dalam klaitan untuk peningkatan mutu dan kualitas diri pada setiap hal. Termasuk dalam kegiatan Refleksi Imadiklus kemarin yang di adakan di SMK Fensensius Jakarta Timur dan berlangsung selama dua hari dari hari Sabtu-Minggu tanggal 18-19 Februari 2017 dan diikuti oleh beberapa kampus di Nusantara, diantaranya; UPI, UNTIRTA, UNJ, UIKA Bogor, UNSIL, STKIP Siliwangi, UM, UNNES, UNESA, UNY, UNRI, Uiversitas Cendana, dan UNP.

Membaca dalam kaitan tentang kasus yang akan di hadapi menjelang Kongres VI yang akan di adakan di UNP (Padang) tentang evaluasi pengurus pusat mengenai program kerja dari setiap divisi. Program kerja yang telah berlangsung beberapa hari ke belakang yang telah di lakukan oleh Pengurus pusat Imadiklus. Serta membaca terhadap program kerja yang akan di lakukan dalam beberapa hari kedepan mengenai program kerja yang akan berlangsung. Selanjutnya LATIH, setelah melakukan evaluasi terhadap kinerja ataupun program kerja yang telah di laksanakan kita melakukan diskusi bersama alumni dari Pengurus Pusat Imadiklus dua periode ke belakang yang di pandu oleh Kak Panji Romdhoni dan Kak Teguh mengenai perencanaan Imadiklus kedepan akan seperti apa dan bagaimana. Dari hasil diskusi tersebut mendapatkan pencerahan mengenai masalah yang sama-sama kita hadapi selama ini, baik dari perumusan beberapa program kerja yang telah berlangsung selama kepemimpinan pengurus saat ini yaitu Kak Petrus Ihnasius Tampubolon, yaitu tentang beberapa program kerja yang di laksanakan oleh divisi PPK (Penelitian Pengembangan dan Kaderisasi) mengenai kerja sama dengan beberapa PKBM yang tergabung dalam kontribusi Imadiklus Indonesia, dan menegenai pengelolaan media dari program kerja divisi INFOKOM yang selama ini terus berjalan dengan lancar, serta mengenai kegiatan yang telah dilakukan oleh Pengurusn Pusat laksanakan yaitu audiensi ke beberapa kementrian di Indonesia yang menghasilkan kerjasama dengan kontribusi semua anggota Imadiklus di seluruh wilayah di Indonesia. Selanjutnya SEMPURNAKAN, dalam melatih segi pemanfaatan baru dan sebagai innovasi bagi kegiatan Imadiklus.

Kini kami membuka jaringan dengan bantuan dari para alumni yang akan menjadikan Imadiklus semakin berkembang dan relevan, tentunya kedepan nanti buat kebaikan teman-teman Imadiklus dimanapun berada. Dengan perencanaan pembuatan akta notaris (SK KEMENKUMHAM) untuk menjadikan organisasi Imadiklus tampil elegant dan berubah menjadi organisasi yang memiliki ciri khas. Dengan memiliki empat (4) instument yang menjadi titik terang dalam perumusan hasil perencanaan tersebut, diantaranya;

  1. Program yang terdiri dari kegiatan Nasional dan Binaan
  2. Media (yang ter-cover dalam kegiatan hasil audiensi para pengurus, terdiri dari PKH dan Asah Pena)
  3. Lapangan kerja yang meliputi birokrasi dan praktisi
  4. Keuangan yang lebih besar dan donasi.

Kemudian setelah itu kami membahas tentang teknis perencanaan pelaksanaan Kongres VI yang akan di laksanakan di Padang (Uninersitas Negri Padang). Dan kita siapkan diri, materi, dan tenaga kita umtuk menuju kongres di Padang, dengan kesepakatan dari seluruh peserta Refleksi Imadiklus dan Pengurus Pusat memberikan alternatif mengenai keberangkatan menuju kongres VI di UNP dengan teknis kami menyediakan kupon keberangkatan seharga Rp. 650.000 untuk akomodasi pulang-pergi meeting point @Jakarta.

Hari kedua kita isi acara dengan city tour ke Kota Tua di daerah Jakarta Pusat, disana banyak pengunjung karna kebetulan kita kesana pas hari Minggu banyak orang melakukan liburan sehabis melakukan aktifitas seminggu penuh dan satu lagi kita mengunjungi Monumen Nasional yang mengandung banyak sejarah, dan berakhir hingga pukul 22.15. setelah  itu kita pulang dan bergegas untuk istirahat.

Oleh:
Darus Salim

Universitas Siliwangi Tasikmalaya 2014
Email: darus.salim89@gmail.com

Dokumentasi Kegiatan

Tinggalkan Balasan