DEFINISI DINAMIKA KELOMPOK

DEFINISI DINAMIKA KELOMPOK

  1. Definisi dinamika kelompok secara umum

Dinamika memiliki arti tenaga/kekuatan yang selalu bergerak, berkembang dan dapat menyesuaikan diri secara memadai terhadap setiap keadaan keadaan. Sedangkan kelompok merupakan kumpulan orang-orang yang merupakan kesatuan sosial yang mengadakan interaksi yang intensif dan mempunyai tujuan bersama.

Dengan demikian dinamika kelompok merupakan  sebuah konsep yang menggambarkan proses kelompok yang selalu bergerak, berkembang dan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang selalu berubah-ubah

Selain itu dinamika kelompok dapat juga diartikan sebagai suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih individu, memiliki hubungan psikologi secara jelas antara anggota satu dengan yang lain yang dapat berlangsung dalam situasi yang dialami secara bersama.

Sumber : http://nursinglove.multiply.com (diakses 16-11-2009)

  1. Definisi dinamika kelompok menurut Drs. Soelaiman Joesoyf

Dinamika Kelompok berarti suatu kumpulan dari dua atau lebih individu di mana perubahan individu satu dapat mempengaruhi individu lain.

Keadaan inI bisa terjadi, karena masing-masing individu mempunyai hubungan psikis secara jelas, yang berlangsung dalam situasi yang dialami secara bersama-sama dalam kelompok di mana mereka menjadi anggotanya.

            Sebagai suatu gambaran, setiap anggota kelompok belajar saling berusahan sekeras-kerasnya dalam menempuh ujian, sehingga ia dapat lulus seperti teman-temannya yang lain. Dalam keadaan ini masing-masing anggota kelompok selalu memperhatikan kegiatan anggota kelompok yang lain, seperti apabila seseorang anggota kelompok mempelajari 2 buku literatur yang ditentukan, maka yang lain berusaha mempelajari buku-buku tersebut ditambah buku-buku literatur lain sebagai penunjang. Di sini tampak setiap anggota kelompok meningkatkan kegiatan belajar bagi dirinya sendiri dan inilah proses dinamika yang dilaksanakan oleh setiap anggota kelompok.

Sumber : http://kawakib06.multiply.com (diakses 16-11-2009)

 

  1. Definisi dinamika kelompok  menurut Otto Klineberg

Dinamika kelompok lebih ditekankan pada peninjauan psiokologi sosial karena yang terpenting sampai sejauh mana pengaruh interaksi sosial individu di dalam kelompok terhadap masing-masing individu sebagai anggota kelompok. Hal ini berarti dinamika kelompok ingin mempelajari hubungan timbal balik antar anggota dalam kehidupan berkelompok.

Sumber : http://kawakib06.multiply.com (diakses 16-11-2009)

 

  1. Definisi dinamika kelompok menurut saya

Dinamika kelompok merupakan perkumpulan suatu individu yang mempunyai kekutan untuk bergerak dan berkembang. Dan memiliki interaksi independen yang sangat kuat sehingga sangat peka terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya.

Oleh
Fendik
PLS UM 


Loading...

Leave a Comment

  • 10697323_802774583098010_7318506738031481139_o