DEKLARASI OPEN GOVERNMENT

Dengan tergabungnya seluruh anggota Open Government Partnership dan menyuarakan komitmen bersama yang diabadikan pada Deklarasi Unversial terhadap Hak...

Mengapa Saya Masuk Pendidikan Luar Sekolah?
Lunturnya Budaya Jawa di Era Globalisasi

Dengan tergabungnya seluruh anggota Open Government Partnership dan menyuarakan komitmen bersama yang diabadikan pada Deklarasi Unversial terhadap Hak Asasi Manusia, sebuah konvensi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melawan korupsi, dan instrumen internasional lainnya yang terkait dengan hak asasi manusia dan tata kelola pemerintahan yang baik (Good governance).

Kami mengakui bahwa seluruh manusia di dunia kini menuntut keterbukaan dari pemerintah. Mereka menginginkan partisipasi masyarakat yang lebih signifikan dalam urusan publik, dan mencari jalan untuk menciptakan pemerintahan yang lebih transparan, responsif, akuntabel, dan efektif.

Kami menyadari bahwa negara-negara sedang berada di tahap yang berbeda satu sama lain dalam usahanya untuk mendorong keterbukaan dalam pemerintahan, dan setiap negara tersebut melakukan hal tersebut secara konsisten dan selaras dengan prioritas nasional dan keadaan masing-masing negara serta aspirasi dari masyarakat.

Kami menerima tanggung jawab untuk menjadikan momen sebagai upaya untuk memperkuat komitmen dalam mendorong transparansi, melawan korupsi, memberdayakan masyarakat, dan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menjadikan pemerintah lebih efektif dan akuntabel.

Kami menjunjung tinggi nilai dari keterbukaan dalam kerjasama kami dengan masyarakat untuk meningkatkan layanan publik, mengelola sumber daya, mendorong inovasi, dan menciptakan kehidupan komunitas yang lebih aman. Kami menjunjung prinsip dari transparansi dan Open Government dengan tujuan untuk mencapai kemakmuran, kesejahteraan, dan meningkatkan martabat di negara kita masing-masing dan di dunia yang semakin terhubung ini.

Bersama, kami mendeklarasikan komitmen untuk:
Meningkatkan ketersediaan informasi mengenai aktivitas pemerintahan. Pemerintah mengumpulkan dan menyimpan informasi mewakili rakyat, dan masyarakat memiliki hak untuk mengetahui informasi mengenai aktivitas pemerintahan. Kami berkomtimen untuk mendorong peningkatkan akses terhadap informasi dan keterbukaan tentang aktivitas pemerintah di setiap tingkatan pemerintahan. Kami berkomitmen untuk meningkatkan usaha kami untuk secara sistematis mengumpulkan dan mempublikasikan data terkait belanja pemerintah dan kinerja untuk layanan publik & aktivitas yang diperlukan. Kami berkomitmen untuk secara proaktif menyediakan informasi yang bernilai tinggi, termasuk data mentah secara tepat waktu, di dalam format yang mudah diakses, dimengerti, dan dapat digunakan kembali oleh publik. Kami berkomitmen untuk menyediakan akses untuk melakukan pemulihan di saat informasi atau data tidak dapat diakses secara mudah, termasuk melalui pengawasan terhadap prosesnya. Kami menyadari pentingnya kebakuan dari keterbukaan untuk mendorong akses masyarakat sipil terhadap data publik, termasuk memfasilitasi pelaksanaan operasional dari sistem informasi pemerintahan. Kami berkomitmen untuk mendapatkan masukan dari publik untuk mengidentifikasi informasi yang bernilai tinggi bagi publik, dan berjanji untuk melaksanakan hasil masukan tersebut semaksimal mungkin.

Mendukung partisipasi publik. Kami menilai partisipasi publik, dari seluruh lapisan masyarakat secara adil dan tanpa diskriminasi, dalam pengambilan keputusan dan penyusunan kebijakan. Keterlibatan publik, yang juga didukung oleh partisipasi penuh dari golongan perempuan, pengetahuan masyarakat, ide, dan kemampuan untuk melakukan pengawasan, akan dapat meningkatkan efektivitas kinerja pemerintahan. Kami berkomitmen untuk membuat penyusunan regulasi dan pengambilan keputusan lebih transparan, menciptakan dan menggunakan kanal untuk mengumpulkan masukan dari publik, dan memperdalam keterlibatan publik dalam mengembangkan, mengawasi, dan mengevaluasi aktivitas pemerintahan. Kami berkomitmen untuk melindungi organisasi nirlaba dan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) untuk beroperasi secara konsisten dengan komitmen kami terhadap kebebasan berekspresi, berasosiasi, dan berpendapat. Kami berkomitmen untuk menciptakan mekanisme yang membuat kolaborasi antara pemerintah, OMS, dan pelaku bisnis lebih baik.

Menerapkan kebakuan integritas dan profesionalitas yang tinggi dalam administrasi kami. Pemerintahan yang akuntabel membutuhkan kebakuan kode etik yang tinggi untuk pejabat publik. Kami berkomitmen untuk memiliki regulasi, mekanisme, dan praktek anti korupsi yang kuat, untuk memastikan transparansi di dalam pengelolaan keuangan publik dan belanja pemerintahan, serta memperkuat penerapan hukum. Kami berkomitmen untuk menjaga atau mendirikan kerangka hukum untuk membuat informasi terkait aset nasional dan penerimaan dari pejabat publik agar dapat diakses oleh publik. Kami berkomitmen untuk menyusun dan melaksanakan peraturan yang dapat melindungi whistleblower. Kami berkomitmen untuk membuat informasi terkait dengan aktivitas dan efektivitas pelaksanaan pencegahan korupsi dan aparat penegak serta prosedur terhadap institusi serupa dapat tersedia kepada masyarakat dengan menghormati kerahasiaan terhadap informasi tertentu terkait penegakan hukum. Kami berkomitmen untuk meningkatkan pencegahan terhadap penyuapan dan bentuk korupsi lainnya di sektor publik maupun swasta serta berbagi informasi dan keahlian.

Meningkatkan akses kepada teknologi baru untuk keterbukaan dan akuntabilitas. Teknologi baru menawarkan kesempatan untuk berbagi informasi, partisipasi publik, dan berkolaborasi. Kami berniat untuk memanfaatkan teknologi tersebut untuk membuat lebih banyak informasi yang dipublikasikan dan dapat mendorong masyarakat mengerti apa yang dilakukan oleh pemerintahannya dan juga menggunakan haknya untuk mempengaruhi pengambilan keputusan. Kami berkomitmen untuk mengembangkan jaringan daring yang mudah diakses dan aman sebagai sarana untuk memberikan pelayanan, melibatkan publik, dan berbagi inforamasi dan ide. Kami menyadari bahwa akses yang adil dan terjangkau terhadap teknologi merupakan suatu tantangan, dan berkomitmen untuk meningkatkan penggunaan daring dan teknologi mobile sementara juga berusaha mengidentifikasi dan mendorong penggunaan mekanisme alternatif untuk partisipasi publik. Kami berkomitmen untuk melibatkan masyarakat sipil dan komunitas bisnis untuk mengidentifikasi praktek yang efektif dan pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan teknologi baru yang dapat memberdayakan masyarakat dan mendorong transparansi di dalam pemerintahan. Kami juga menyadari bahwa peningkatkan akses terhadap teknologi mewajibkan adanya peningkatan kemampuan dari pemerintah dan masyarakat dalam menggunakannya. Kami berkomitmen untuk mendukung dan mengembangkan penggunaan inovasi teknologi oleh pegawai pemerintah dan masyarakat. Kami juga mengerti bahwa teknologi adalah sesuatu yang bersifat pelengkap, bukan pengganti dari informasi yang berguna, jelas, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kami menyadari bahwa Open Government adalah sebuah proses yang membutuhkan usaha dan komitmen jangka panjang. Kami berkomitmen untuk melaporkan seluruh kegiatan yang dilakukan untuk merealisasikan prinsip-prinsip ini kepada publik, untuk berkonsultasi dengan publik mengenai pelaksanaannya, dan untuk memperbaharui komitmen kami dalam menghadapi tantangan-tantangan dan kesempatan baru.

Kami berjanji untuk memimpin berdasarkan teladan dan berkontribusi untuk memajukan Open Government di negara lain dengan berbagi praktek terbaik dan keahlian dan dengan melaksanakan komitmen yang diekspresikan dalam deklarasi ini secara tidak mengikat dan sukarela. Tujuan kami adalah untuk menumbuhkembangkan inovasi dan mempercepat proses, dan tidak mendefinisikan kebakuan sebagai prasyarat untuk bekerjasama atau membantu. Kami menitikberatkan pentingnya promosi keterbukaan dengan pendekatan yang komprehensif dan ketersediaan dari asistensi teknis untuk mendukung pembangunan institusi dan peningkatan kapasitas.

Kami berkomitmen untuk mendukung prinsip-prinsip ini dalam keterlibatan internasional kami, dan bekerja untuk menumbuhkembangkan budaya Open Government secara global yang dapat memberdayakan dan memberikan hasil kepada masyarakat, dan mencapai cita-cita dari pemerintahan abad 21 yang terbuka dan partisipatif.

Terjemahan oleh Sekretariat Open Government Indonesia

COMMENTS

WORDPRESS: 0