DEP. PENDIDIKAN HMJ PLS UNJ SUKSES MENGGELAR TALKSHOW MEA 2015 BERSAMA BPH UNJ IMADIKLUS INDONESIA

0
Dibaca 1.577

MANTAPS, DEP. PENDIDIKAN HMJ PLS UNJ SUKSES MENGGELAR TALKSHOW MEA 2015 BERSAMA BPH UNJ IMADIKLUS INDONESIA

JAKARTA – Talkshow Pendidikan Luar Sekolah diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan HMJ PLS Periode 2014-2015 yang merupakan bagian dari program kerjanya selama satu periode dan didukung oleh BPH UNJ IMADIKLUS INDONESIA. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara terbesar se-FIP UNJ yaitu Gebyar Pendidikan Luar Sekolah 2014 atau yang sering didengar dengan sebutan Gebyar PLS 2014 yang diketuai oleh Ajie Sanghaji.

news_208

Talkshow ini bersifat universal dan mengusung tema “Menghadapi Pasar Bebas Asean 2015”, seperti yang diketahui bahwa pada tahun 2015 sudah eranya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) maka ini perlu diadakan demi mempersiapkan generasi yang siap dalam menghadapi MEA 2015. Subtansi yang dijabarkan oleh pemateri pada talkshow ini adalah paparan umum tentang ekonomi global, persaingan pasar bebas, dan kesiapan masyarakat dalam mengadapai perdagangan bebas internasional serta beberapa kiat-kiat sukses mengahadapinya yang ditinjau dan dikaitkan dari berbagai teori pendidikan, ekonomi, sosial, dan kultural. Untuk menyukseskan talkshow ini, panitia mengundang dua narasumber atau pemateri yaitu seorang pakar pendidikan yang ahli dan berpengalaman yaitu Prof. DR. Soedijarto, MA, dan seorang praktisi ekonomi (ekonom) yang merupakan mantan Ketua BEM UNJ 2012 yaitu Roby Tri Wahyudi S.Pd.

Kegiatan ini dilakukan di Auditorium Perpustakaan UNJ pada Jum’at, 12 Desember 2014 yang dimulai dari pukul 08.30 sampai pukul 15.00 WIB. Talkshow dibagi dua sesi, sesi pertama diisi oleh pemateri yaitu Bapak Roby dan dimoderatori oleh Dinda yang dimulai pukul 09.30 – 10.30 WIB sedangkan untuk sesi kedua diisi oleh Bapak Prof. DR. Soedijarto, MA dan dimoderatori oleh Indah Nur Asiah (Mahasiswa berprestasi PLS UNJ tahun 2013) yang dilanjut setelah sholat jum’at sekitar pukul 13.45 – 14.30 WIB. Lalu terdapat juga live performance yang ditampilkan seperti stand up comedy, akustikan, dan tari jaipong yang semua pengisi acara hiburan berasal dari mahasiswa pendidikan luar sekolah. Talkshaw ini dihadiri 160 orang yang terdiri dari 100 orang peserta dari berbagai kampus, 25 tamu undangan yang sudah termasuk dari Ketua Jurusan PLS UNJ, dan 10 pengisi acara, serta panitia sebanyak 25 orang.

Lalu untuk sistem ticketing, panitia memberlakukan 2 harga untuk mendapatkan tiket masuk dalam talkshow ini. Yang pertama seharga Rp. 20.000 yang diberlakukan khusus untuk mahasiswa sedangkan yang kedua seharga Rp. 30.000 yang diberlakukan untuk kalangan umum. Keuntungan dari membeli tiket masuk ini adalah mendapatkan makanan ringan, seminar kit, sertifikat, dan door prize bagi yang beruntung mendapatkannya serta ilmu yang bermanfaat seputar MEA 2015. Dan tiket dapat dibeli langsung atau pesan terlebih dahulu agar mengurangi terjadinya antrian yang membludak pada pintu masuk. Kemudian HMJ PLS memberikan tiket gratis kepada mahasiswa PLS yang berprestasi dan aktif dalam kegiatan delegasi yang mengatasnamakan Jurusan PLS UNJ sebagai bentuk penghargaan dan motivasi bagi mahasiswa PLS UNJ.

Dengan demikian kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar walaupun tidak dihadiri oleh Ketua HMJ PLS UNJ sekalipun. Tak lupa juga panitia memberikan bingkisan dan kenang-kenagan kepada pemateri serta pengisi acara lainnya. Lalu acara diakhiri oleh sesi foto bersama antara Prof. Dr. Soedijarto, MA dengan seluruh audiens. “Alhamdulillah akhirnya Talkshow Pendidikan Luar Sekolah berhasil dilaksanakan, terimakasih kepada teman-teman yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan semoga ilmu yang diberikan pemateri dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin,” kata Fachri Wahyudi, Sebagai penanggungjawab Talkshow Pendidikan Luar Sekolah, Kadep Pendidikan HMJ PLS saat ditemui setelah acara usai. (fwp).

TIM ADVOKOM BPW III IMADIKLUS INDONESIA @2015

Tinggalkan Balasan