Departemen PLS UPI Hadiri Simposium Di Tohoku University

0
Dibaca 1.223

Departemen PLS UPI Hadiri Simposium Di Tohoku University,  Departemen Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia mendapatkan undangan menghadiri simposium dari Tohoku University, Jepang untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan perkembangan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (Education for Sustainable Development/EfSD) dalam tinjauan layanan pendidikan nonformal di Indonesia yang dilaksanakan 11- 17 November 2015.

Departemen Pendidikan Luar Sekolah FIP UPI sebagai departemen yang paling awal dalam mengkaji keilmuan pendidikan nonformal di Indonesia, merasa berkewajiban dan terhormat untuk memenuhi undangan tersebut. Simposium tersebut diinisiasi Graduate School of Education/Faculty of Education Tohoku Universitas yang dipimpin oleh Prof. Takahashi Mitsuru yang menjabat sebagai Ketua Departement Adult and Continuing Education. Beliau juga pada saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Pendidikan di Tohoku University.

Simposium dengan tema “The Role of Kominkan-CLC to Promote ESD”dihadiri oleh Delegasi Indonesia yang diwakili oleh Dr. Yanti Shantini, M.Pd dan Dadang Yunus L, M.Pd dari Departemen Pendidikan Luar Sekolah FIP UPI dan Delegasi Mongolia yang diwakili oleh Kementerian Pendidikan Sepanjang Hayat Mongolia serta mahasiswa program Doctoral Adult and Continuing Education Graduate School of Education Tohoku University.

Agenda kegiatan yang berlangsung selama 6 hari di Kota Sendai diisi dengan simposium dan kunjungan lapangan pada 4 Community Learning Centre (CLC) yang disebut Kominkan. Adapun Kominkan yang dikunjungi yang berada di daerah Tome yang merupakan daerah basis pertanian di Jepang dan CLC yang berada di daerah Kota Sendai yaitu Shimin Center dan Mediatheque. Hasil kunjungan tersebut memberikan gambaran yang sangat komprehensif mengenai penyelenggaraan program CLC dimana Jepang sebagai negara yang sudah maju sangat memperhatikan kebutuhan belajar yang tetap tumbuh pada masyarakatnya. Hal tersebut ditunjukkan oleh padatnya kegiatan belajar di CLC dan perpustakaan yang selalu penuh dikunjungi oleh warga masyarakat dari berbagai kelompok usia.

httpberita.upi.edup=7435

Rencana kedepan, berharap Universitas Pendidikan Indonesia bisa merintis kerjasama antar universitas, terlebih Tohoku University sebagai Universitas Kekaisaran Ke-3 di Jepang yang termasuk pada 100 universitas terbaik di dunia. Hal ini akan sangat membantu pengembangan akademik dan pencitraan UPI diantaranya dalam bentuk kegiatan penelitian bersama, pengembangan program doctor by research pada program S3 di Prodi PLS, Joint seminar antar departemen dan kemitraan dalam penerbitan jurnal internasional.

Terima kasih tidak lupa kami ucapkan kepada Sodikin mahasiswa program doktoral yang sedang menimba ilmu di Adult Education and Continuing Education, terutama atas bantuannya dalam melakukan pendampingan kegiatan kunjungan dan symposium tersebut. Semoga dapat segera menyelesaikan studinya dengan baik dan dapat segera kembali ke Indonesia untuk mengamalkan ilmu dalam mengembangkan pendidikan nonformal di Indonesia…. Arigatou Ghozaimasu. (DN)

Sumber http://berita.upi.edu/?p=7435

Tinggalkan Balasan