DETIK-DETIK RAPAT KERJA NASIONAL (RAKERNAS) V IMADIKLUS

Ikatan Pendidikan Luar Sekolah se-Indonesia (IMADIKLUS) telah melakukan acara Rapat Kerja Nasional yang ke V (RAKERNAS V). Acara ini berlangsung pada ...

BPH IMADIKLUS UNTIRTA WUJUDKAN DESA ONLINE
Imadiklus Training 1 Unesa 2016 – Versi 1

Ikatan Pendidikan Luar Sekolah se-Indonesia (IMADIKLUS) telah melakukan acara Rapat Kerja Nasional yang ke V (RAKERNAS V). Acara ini berlangsung pada tanggal 10-12 Maret 2016 di gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta dan di Wisma Ambarbingun, Bantul, Yogyakarta. Lalu kegiatannya apa saja sih ?

Pada hari pertama kegiatan yang berlangsung yaitu Seminar Nasional dengan tema “Peran PLS dalam Implementasi Revolusi Mental Pemuda Bangsa Indonesia”. Acara ini dibuka oleh dua pembawa acara dari Mahasiswa/i PLS UNY. Acara dimulai pada pukul 09.35 WIB dengan beberapa sambutan. Sambutan yang pertama dari ketua pelaksana rakernas yaitu Ridwan Kurniawan. Sambutan yang kedua dari Ketua Umum Imadiklus yaitu Petrus Ihnasius Sumondang Tampubolon. Sambutan yang ketiga dari Dekan FIP UNY yaitu Dr. Harianto. Selanjutnya acara dipimpin oleh moderator yaitu Fikri Nur Cahya, S.Pd. Pemateri dalam Seminar Nasional ini, orang-orang yang sangat hebat. Siapakah itu? Pemateri yang pertama yaitu Hambar Riyadi yang merupakan salah satu orang yang tergabung dengan Gerakan Mari Berbagi dan juga merupakan anggota tim seleksi pertukaran mahasiswa antar Negara. Mas Hambar menyampaikan materinya dengan beberapa kertas yang sudah dituliskan point-pointnya dan kemudian menjelaskan point-point tersebut misalnya mental inlander yaitu mental terjajah. Dari Mas Hambar ini pada akhir memberikan materi disampaikan kalimat mujarab yaitu ”Jangan tanyakan apa yang telah bangsamu berikan kepada mu tetapi tanyakan apa yang telah engkou berikan kepada bangsamu”.

Pemateri yang kedua yaitu Andreas Indro Bagos Setia Nugroho, S. E., S. Sos. Mas Andreas ini orang yang sangat hebat pula. Beliau memulai bekerja keras dan mencari peluang sejak usia 19 tahun. Kemudian tahun 2011 mendirikan khursus Komputer. Dimana komputernya ini beliau pinjam dari teman-temannya. Ternyata pada tahun 2012 terjadi kebakaran di tempat pelatihan ini. Semua barang yang ada di tempat pelatihan hangus. Semua hasil jerih payah selama ini hilang begitu saja dilahap sijago merah. Tetapi mas Andreas ini orang yang tidak pantang menyerah terbukti tahun 2013 beliau dapat mendirikan Yayasan Bakti Indonesia tanpa bantuan dari pemerintah. Kalimat Motivasi dari mas Andreas ini yaitu:

“Saya bukan orang pintar, namun saya orang yang beruntung. Karena saya mau menciptakan peluang dari keberuntungan itu”
“Sebaik-baik Tuhan saja ada yang tidak suka, apalagi kita”

Pemateri yang ketiga adalah Dr. Sugito M.A. menjelaskan materi tentang Revolusi Mental dengan begitu banyak pemaparan, misalnya makna revolusi mental, Tujuan Revolusi Mental, Faktor Pembentuk Sikap Mental, Arah Pengembangan Karakter Bangsa, dll.

Pada hari kedua pagi hari diawali dengan senam pagi pukul 05.30 WIB meskipun cuaca mendung peserta rakernas tetap bersemangat dalam melakukan senam pagi dengan sedikit pakaian basah karena terguyur gerimis. Setelah senam pagi peserta sarapan pagi dan bersih diri. Acara dilanjutkan pukul 08.00 WIB. Alur acara dalam Rakernas ini ada 4 yaitu:
1. Melihat Spion (melihat masa lalu: dalam hal ini kita melakukan bedah dokumen LPJ dua periode sebelumnya)
2. Menjejak Bumi (kita saat ini sudah sampai mana perjalanannya)
3. Menatap Langit (menuliskan harapan yang ingin dicapai)
4. Terbang ke Langit (mewujudkan tujuan/niat)

Acara ini sangat mengesankan karena menggunakan metode metaplan. Metode Metaplan yaitu menggunakan kertas warna-warni, dimana kita bisa menuliskan gagasan/pendapat kita secara bebas dan dengan mengikuti instruksi dari pemimpin acaranya tentunya. Acara ini dipimpin oleh Mas Panji Bahari Noor Romadhon dan dibantu oleh rekannya yaitu Mas Fendik Setyawan.

Acara di jeda karena sholat Jumat dan makan siang. Dilanjutkan lagi pukul 14.00 WIB, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok melakukan bedah dokumen LPJ dua periode terakhir lalu menuliskan Tahun, Keberhasilan, Kekurangan, Faktor Pendukung, dan Faktor Penghambat.

Pukul 16.00 WIB acara di pending dan dilanjutkan pukul 20.00 WIB. Selama waktu pending ini dilakukan pembelajaran/pemberian materi tentang Jurnalistik, Media, dan Volunteer. Setiap Universitas membagi anggotannya kedalam tiga bidang itu. Siapa saja yang ditugaskan belajar di Jurnalistik, Media dan Volunteer. Khusus untuk Universitas yang delegasinya hanya satu orang disarankan di Volunteer.

Peserta dalam acara Rakernas ini sangat bersemangat dalam mengikuti serangkaian acaranya. Disela-sela kebosanan peserta melakukan ice breaking yang dipandu oleh peserta yang ingin memberikan ice breaking. Selain ice breaking dari peserta salah satu alumni UNY yaitu mbak Galih juga ikut memberikan ice breaking untuk menghilangkan jenuh yang ada pada peserta dan memberikan semangat lagi. Acara dilanjutkan pukul 20.00 WIB dimana Ketua Umum IMADIKLUS dan Wakil Ketua Umum IMADIKLUS (Petrus Ihnasius Sumondang Tampubolon dan Lulu Putri Utami) menyampaikan Visi dan Misinya.

VISI
Terwujudnya IMADIKLUS Indonesia sebagai Organisasi Fasilitasi dalam Pengembangan Diri Positif bagi Seluruh Anggotanya

MISI

  1. Menjalin hubungan yang dinamis antar Pengurus Pusat, Koordinator Wilayah dan Badan Pengurus Harian IMADIKLUS INDONESIA
  2. Membina anggota IMADIKLUS yang berorientasi dalam membangun dan mengembangkan masyarakat Indonesia
  3. Membuat pendanaan organisasi secara mandiri melalui kebijakan populis
  4. Membangun citra positif melalui kegiatan dan usaha secara proaktif
  5. Merintis laboratorium IMADIKLUS sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa PLS

Disela-sela acara ini juga ada sambutan dari salah satu Dosen UNY serta juga ada perkenalan dari Loyalis dan orang-orang yang telah berjuang untuk IMADIKLUS yaitu Mas Ronggo Tunjung Anggoro, Mbak Anis Nurul H. , Mbak Kholisah, dan Mas Fikri Nur Cahya. Acara dilanjutkan sampai pukul 24.00 WIB. Setelah itu peserta beristirahat dan keesokan harinya pukul 08.00 WIB acara dilanjutkan dengan pengumuman nama-nama orang yang terpilih menjadi Pengurus Pusat. Nama-nama orang tersebut sebagai berikut:

Ketua Umum : Petrus Ihnasius Sumondang Tampubolon (UNY)
Wakil Ketua Umum : Lulu Putri Utami (UNTIRTA)
Sekretaris I : Ade Sri Mulyani (UPI)
Sekretaris II : Buyung Hamza Hunto (UNG)
Bendahara : Lailatul Mardiyah (UM)

Departemen Pengurus Pusat
1. PPK (Penelitian, Pengembangan, dan Keorganisasian)
Koordinator Departemen : Nurul Hidayati (UPI)
Sub Dept Penelitian, Advokasi dan Aksi : Rahmawan Caesar (UPI)
Sub Dept Kaderisasi : Windi Kinanti (UNTIRTA)
Wahyu Krisyunanto (UNNES)

2. KOMUNITAS
Koordinator Departemen : Darus Salim (UNSIL)
Sub Dept Jurnalistik : Awaludin Hidayat (UNSIL)
Sub Dept Media dan Volunteer : Mardianah (UNTIRTA)

3. KEWIRAUSAHAAN
Koordinator Departemen : Oka Rizki Rochmana (UPI)
Sub Dept Ekonomi Kreatif : Danny Hendrawan (UNINUS)
Sub Dept Penggalangan Dana : M. Arif Hidayat (UIKA)

4. INFOKOM
Koordinator Departemen : Ahmad Firdaus Sardiyanto (UNESA)
Sub Dept Website : Suprayogi Anhar (UNESA)
Sub Dept Media Sosial : Nurul (UNIMED)

Setelah pengumuman nama-nama orang yang masuk dalam pengurus pusat ini kami melakukan foto bersama dengan beberapa gaya.  🙂

Penutupan dari acara ini adalah City Tour di Kawasan Malioboro.

 🙂  Sampai Jumpa Lagi di Acara IMADIKLUS selanjutnya. 🙂

IMADIKLUS JAYA ! ! !

Dokumentasi Foto

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

Artikel ini ditulis dan dikirim oleh:

Rinawati Rafi’ah
PNF/PLS UNESA 2013
Email: rinawatirafiah41@gmail.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0