Dibalik Kesuksesan IT 1 UM 2016

Alhamdulillah, Kata yang pertama kali ingin aku ucapkan. Sekitar satu minggu yang lalu yaitu pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 2 dan 3 April 2016 Uni...

UPAYA MENGENAL PLS
Rumah Belajar yang Bersahabat

Alhamdulillah, Kata yang pertama kali ingin aku ucapkan. Sekitar satu minggu yang lalu yaitu pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 2 dan 3 April 2016 Universitas Negeri Malang telah melakukan Imadiklus Training 1 atau teman-teman biasa menyingkatnya dengan IT 1. Perjalanan menuju IT 1 UM ini aku awali dari Surabaya. Dengan kondisi badan yang kurang fit, aku tetap harus tersenyum menyambut indahnya hari.

Perjalanan dari Surabaya dimulai pukul 09.30 WIB, tetapi karena terkendala ban bocor, ngantuk, laper, kesasar, dan juga sempat terpisah dengan teman-teman akhirnya perjalanan ini luama banget.

Aku tidak hanya sendirian untuk mengadiri acara IT 1 UM ini, tetapi aku bersama teman-temanku, siapakah dia?? Dia adalah…. Mas Hafid, Mas Daus, Yogi, Novia dan Ratna Ningrum. Sepanjang perjalanan selalu ada yang membuat ku tertawa, entah karena cerita Mas Hafid, atau tingkah konyol orang-orang di disepanjang jalan yang kami lalui.

Sekitar pukul 15.00 WIB kami tiba di lokasi IT 1 UM yaitu di Kampoeng Tani, Kelurahan Temas, Kabupaten Batu. Pada saat tiba disana, kami langsung menyapa teman-teman yang sudah menanti kami di sana. Saat itu pengisi materi masih dari Mas Teguh Akbar yang memberi materi tentang AD/ART. Dan karena mas Hafid harus mengisi materi tentang ASKESPRO (Administrasi, Kesetariatan dan Keprotokolan), buru-buru deh dia ganti baju, sambil mempersiapkan materi yang akan disampaikan. J

Sambil menunggu teman-teman UNY dan UNESA (dari gelombang dua yang naik bus) kami ikut nimbrung melihat mas Hafid memberikan materi. Penyampaian yang dilakukan cukup santai dan membuat tertawa karena penanyangan video rapat DPR yang kehilangan palunya. Sempat juga ada simulasi kongres. Peserta yang berani tampil dipilih tiga yaitu sebagai presidium sidang 1, presidium sidang 2 dan presidium sidang 3 kemudian diajarkan bagaimana mengunakan palu di persidangan secara benar dan melafalkan kalimat sebagai presidium sidang.

Eeeeeemmmm, sayangnya kita datangnya agak telat jadi gak tau deh penyampaian materi tentang sejarah imadiklus dan AD/ART.

Menjelang senja teman-teman yang naik bus menghubungi kami, dan alhasil bareng-bareng kita menjemput mereka. Siapa aja sih yang naik bus ini?? (ada Fitria, Lisyona, Dela, Nissaul, dan teman-teman UNY Faisal, Amru dan Amir).

Acara dilanjutkan dengan renungan yang mendalam dari pemateri yaitu mas Muhaimin. Peserta dalam acara ini juga sangat menghayati dan ingin belajar terus. Mengingat juga sih bahwa pendidikan itu khan sepanjang hayat. J

Materi yang selanjutnya adalah wawasan ke PLSan yang disampaikan oleh mas Muhaimin. Materi yang disampaikan cukup lama, dan sempat kami makan dulu. Acara dilanjutkan dengan malam keakraban yang dilakukan di halaman Kampoeng Wisata Tani. Diawali dengan ice breaking dari teman-teman sie acara, perkenalan setiap orang yang hadir, dan penampilan pentas seni dari peserta. Penampilan ini dibagi menjadi tiga kelompok. Selama acara malam keakraban ini terasa kedinginan, ditambah api unggun yang semakin habis. Tetapi dari sinilah kita bisa saling mengenal saudara jauh kita. Saudara yang bisa dijadikan keluarga. Karna IMADIKLUS adalah Keluarga. J

Detik demi detik telah terlewati dan akhirnya penampilan pentas seni dari kelompok terakhir dan bersiap-siap ke pulau kapuk. Meskipun ada beberapa teman yang masih ingin bercanda gurau, menyanyi bersama, berbagi pengalaman, dan yang paling sibuk nih yang lagi mengerjakan tugas (Imam Badhowi/Ketua BKW 1).

Minggu 3 April 2016

Pagi hari kami awali dengan sholat, mandi pagi, makan dan tak lupa donk biar sehat kita olah raga bersama. Saling tertawa karna tingkah konyol teman-teman, dan perasaan berdebar ketika di tunjuk menjadi instruktur yang harus memberikan gerakan apa. Semuanya mewarnai keseruan acara ini.

Acara di lanjutkan dengan sumpah jabatan dari ketua BPH UM yaitu Ridwan Pratama N. H. dan sumpah jabatan dari anggota BPH UM. Setelah sumpah jabatan, foto bersama. (biasa biar ada kenangannya).

Kemudian acara out bond di halaman parkiran Kampoeng Wisata Tani yang dipimpin oleh mas Frendy Setya. Dan tibalah kita harus berpisah, teman-teman dari unesa balik ke Surabaya dulu. See you next time. J

Enam Poin penting dalam kegiatan IT 1 UM yaitu:

  1. Sejarah Imadikus yang disampaikan oleh Fendik Setyawan
  2. Konstitusi AD/ART disampaikan oleh Teguh Akbar
  3. ASKESPRO (Administrasi, Kesetariatan dan Keprotokolan) disampaikan oleh Hafid Mubarroq
  4. Wacana ke PLSan disampaikan oleh Muhaimin
  5. Kepemimpinan disampaikan oleh Freddy Setya
  6. Dan malam keakraban (meskipun kedingin tapi tetap terasa merindukan saat itu)

IMADIKLUS TRAINING 1 UM 2 3 April 2016 di Temas Batu Malang (di youtube).

IMG_9651
IMG_0018
IMG_0159

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar

    juoos mantap