Falsafah Ilmu dan Teori Pendukung Pendidikan Luar Sekolah

0
Dibaca 1.312

Falsafah Ilmu dan Teori Pendukung Pendidikan Luar Sekolah. Aliran pragmatis  dalam dunia PLS adalah, penegasan tentang sebuah Pendidikan luar sekolah yang terdiri atas tujuan dan serangkaian proses dalam tahap penigkatan dan pengembangan kualitas manusia. Dalam prosesnya tersebut seperti contohnya sikap disiplin seorang individu dapat tampak dengan jelas apabila kita menerapkannya dalam setiap aspek kegiatan pendidikan tersebut. Maka setiap peserta didik diwajibkan untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan hidupnya. Karena dalam setiap pendidikan yang terdapat dalam dunia PLS itu saling berkaitan antara pendidikan luar sekolah dengan kehidupan nyata. Selain itu, aliran ini juga percaya bahwa peserta didik adalah insan yang mempunyai kreativitas, dan senantiasa berusaha untuk membentuk dan menginterpretasi pengalamannya. Dalam kegiatan belajar sendiri mempunyai proses dimana peserta didik tidak sekedar meguasai sejumlah informasi melainkan juga mengelanakan pikiran dan mengantisipasi perkembangan fakta yang mungkin terjadi di masa depan. Tidak berhenti disitu saja, bahkan dalam proses menajdikan peserta didik agar menjadi makhluk sosial yang luwes dalam pergaulannya peserta didik dituntut untuk saling bekerjasama, saling belajar, melibatkan diri dalam usaha bersama untuk memenuhi kebutuhan bersama dan harapan masyarakat.

Dalam mekanisme PLS tersebut memiliki Subsistem yang menyandang 5 fungsi sebagai berikut :

  1. Mengembangkan nilai-nilai rohaniah dan jasmaniah
  2. Mengembangkan cipta, rasa, karsa
  3. Membentuk dan manafsirkan pengalaman, mengembangkan kerjasama dan partisipasi aktif mereka dalam memenuhi kebutuhan bersama dan kebutuhan masyrakat
  4. Mengembangkan cara berfikir dan bertindak secara kritis
  5. Mengembangkan sikap dan moral, tanggung jawab sosial, pelestarian nilai-nilai budaya, serta keterlibatan diri peserta didik dalam perubahan masyarakat dengan berorientasi ke masa depan.

teori – teori pendidikan

Dalam teori-teori ini terdapat 4 teori pendidikan yang dibahas secara umum, diantaranya

  • Perealisme
  • Progersivisme
  • Esensialisme
  • Rekonstruksionalisme

 

selengkapnya download file di bawah ini dengan login terlebih dahulu.

  Falsafah Ilmu dan Teori Pendukung Pendidikan Luar Sekolah (17,6 KiB, 2 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

 

By: Winda
PLS UM

igiarmasfufah@gmail.com

Tinggalkan Balasan