Gagasan PKBM dan Pusatnya Life Skill ada di Fakultas FIP Jurusan PLS

semakin banyak Doktor, profesor manajemen pendidikan akan semakin berkembang dan maju khususnya PLS (Pendidikan Luar Sekolah). Pendidikan Pemberdayaan Masyarakat  berhubungan penting dengan pendidikan karakter. semakin diberdayakan akan semakin tumbuh karakter seseorang menjadi berguna dan bermanfaat.

dalam dunia Program PLS sangat tergantung pada 10 unsur yang meliputi warga belajar, sumber belajar, pamong belajar, sarana belajar, tempat belajar, ragi belajar, kelompok belajar, program belajar dan hasil belajar. Unsur-unsur tersebut di satu sisi menjadi bagian yang mendukung program pembelajaran, di sisi lain dapat digunakan sebagai standard pencapaian tujuan atau majunya suatu program PLS..

PLS mempunyai peran penting untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena itu dalam memilah dan memilih kegiatan diperlukan strategi perencanaan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, hambatan dan tantangan guna memperluas pelayanan kesempatan memperoleh pendidikan, bagi masyarakat, meningkatkan relevansi keterkaitan dan kesepadanan program-program PLS, peningkatan mutu penyelenggaraan, dan efisiensi-efektifitas penyelenggaraannya. (Oleh Anjrah Lelono Broto)

menindaklanjuti kenyataan di atas. bahwa semakin terbukanya untuk pengabdian dalam ikut peran penting mencerdaskan, khususnya untuk para pendiri PLS dikalangan University, seharusnya lebih memberdayakan Mahasiswa dengan menggagas adanya suatu tempat atau homebasnya para pelopor PLS.

semisal dengan adanya university khususnya Jurusan PLS untuk membangun PKBM atau semacam Pusat-Pusat Keterampilan dikalangan Fakultas atau Universitas dalam bekal hidup yang mana berguna bagi jajaran mahasiswa semua disamping mengikuti-mengikuti seminar-seminar.
semoga bisa berdaya ….. salam daya

You might also like More from author

1 Comment

  1. Rerry says

    dalam dunia Program PLS sangat tergantung pada 10 unsur yang meliputi warga belajar, sumber belajar, pamong belajar, sarana belajar, tempat belajar, ragi belajar, kelompok belajar, program belajar dan hasil belajar. (kok cuma 9?

Leave A Reply

Your email address will not be published.