Harapan Saya Setelah Lulus Dari PLS

Setelah saya menjadi seorang sarjana lulusan Pendidikan Luar Sekolah yang saya impikan adalah menjadi seorang pendidik masyarakat yang dapat mendidik ...

Waktu SMA menuju KULIAH PLS
HMJ PLS UM (The Most Inspiring Organization)

Setelah saya menjadi seorang sarjana lulusan Pendidikan Luar Sekolah yang saya impikan adalah menjadi seorang pendidik masyarakat yang dapat mendidik masyarakat menjadi seorang yang terdidik untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang maju, karena masyarakatnya adalah seorang yang terdidik, karena bangsa yang maju dilihat dari masyarakatnya yang berilmu. Jika masyarakatnya adalah seorang masyarakat yang berpendidikan dan dapat membuat lapangan pekerjaan lebih baik maka Negara tersebut dapat dikatakan sebagai Negara yang maju. Dan Negara yang maju adalah Negara yang berpenduduk terdidik dalam Ilmu pengetahuan maupun bidang pekerjaannya.

Pendidikan di Indonesia sangatlah kurang dari kata kata Negara Maju, dilihat dari pemerintahnya saja masih kurang memperhatikan pendidikan masyarakat kurang mampu di Indonesia, tidak seperti di Negara Negara luar Indonesia terkhusus seperti Negara Jepang yang mengunggulkan guru atau pendidik pekerjaan paling mulia dan gaji terbesar di Negara tersebut, bukan masalah gaji yang saya permasalahkan tapi, keutamaan seorang pendidik menjadi prioritas utama dalam mencari pekerjaan, dan selain guru juga petani, petani di Indonesia di anggap menjadi masyarakat kalangan bawah, karena fasilitas di Indonesia dalam bidang pertanian sangatlah kurang dan masih sangatlah tradisional, sedangkan pertanian di jepang sangatlah jauh dari kata tradisional atau dengan cara yang sangatlah modern, oleh karena itu Indonesia belum dapat menjadi Negara yang maju karena sector pertanian dan sektor kependidikannya, sebenarnya Indoneisa adalah Negara yang kaya akan pertaniannya, tapi mengapa masyarakat di Indonesia masih banyak mengimpor beras dari Thailand, padahal beras di Indoensia kualitas nya lebih bagus dari Negara lain.

 Dan jika di Indonesia masyarakatnya terdidik semua dan tidak ada yang menganggur dalam bekerja di pastikan Indonesia dapat menjadi Negara yang maju adil dan sentosa, dan saya akan menerapkan tujuan pembelajaran di Pendidikan Luar Sekolah untuk mencetak generasi generasi baru yang lebih profesional dalam bekerja dan berpendidikan. Jika pendidikan di Indoesia lebih baik, maka masyarakat bangsa akan lebih baik, karena hakikatnya pendidikan itu 20% untuk pribadi 30 % untuk masyarakat dan 50% untuk bangsa.

Dan jika di kehendaki saya ingin menjadi menteri pendidikan seperti pak Muhajir Effendy guru besar Pendidikan Luar Sekolah di Universitas Negeri Malang ini, saya ingin membuat program belajar sampai S1 dengan gratis dan saya ingin lapangan kerja di Indonesia menjadi lebih baik. Jika tidak, saya ingin membangun sekolah khusus untuk masyarakat kurang mampu dengan di bantu oleh pemerintah untuk menjadikan masyarakat di Indonesia sebagai masyarakat yang terdidik dan ahli dalam bidangnya. Saya ingin berkutnya tidak hanya disebut  bahwa Indonesia adalah Negara yang BERKEMBANG, tapi saya ingin Indonesia berubah menjadi Negara yang MAJU.

_____________________________________

andini-prima-nuraini

Penulis:

Andini Prima Nur’aini
Pendidikan Luar Sekolah
Angkatan 2016
Universitas Negeri Malang

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar
    Lutfi Nur Cahyani 3 bulan

    Saya kurang setuju dengan pendapat saudara. Bukankah pemerintah sudah berupaya dalam hal pendidikan, buktinya dalam hal mengatasi kemiskinan ada beasiswa Bidikmisi, itu kan tujuan sebenanarnya untuk meningkatakan pendidikan pada masyarakat miskin. dan untuk masalah guru kita kita tidak membandingkan negara kita dengan jepang. karena negara jepang pada sejarahnya dulu memang pendidikannya lah yang menjadi prioritas utama untuk kemajuan negara tersebut. nah lain dengan negara kita, yang ingin meningkatkan kemajuan dari berbagai sektor.
    itu kalau menurut pendapat saya.
    tapi ini kan harapan masing-masing individu, jadi harapan setiap orang pasti berbeda beda. tapi untuk harapan saudara yang angkatan 2016 yang notabennya baru mulai kuliah di jurusan PLS saya akui bahwa itu adalah harapan yang sangat bagus.
    Terima kasih .. 🙂