Harapan Untuk Pendidikan Luar Sekolah

Pada zaman modern sekarang ini, pendidikan luar sekolah tidak bisa dilupakan begitu saja. Pada dasarnya, pendidikan luar sekolah berfungsi sebagai pen...

Sukses Bersama Pendidikan Luar Sekolah
PLS Bukan Hanya Menjadi Guru

Pada zaman modern sekarang ini, pendidikan luar sekolah tidak bisa dilupakan begitu saja. Pada dasarnya, pendidikan luar sekolah berfungsi sebagai penambah, pelengkap disamping kita belajar di pendidikan formal. Contoh nyata, sekarang semakin banyak lembaga lembaga kursus. Bahkan makin dikenal keberadaannya seperti Primagama, Ganesha Operation (GO), SSC , dan sebagainya. Agar tidak ketinggalan jaman, pastinya kita meningkatkan keterampilan kita dengan mengikuti kursus. Seperti kursus menjahit, kursus komputer, kursus memasak, kursus berdandan, dan sebagainya.

            Masih sedikit masyarakat yang mengenal jurusan ini. “Apa sih Pendidikan Luar Sekolah itu? Kayak Pendidikan Luar Biasa bukan?”. Sebagian orang masih menyamakan Pendidikan Luar Sekolah dengan Pendidikan anak berkebutuhan khusus. Mungkin jika disingkat menjadin PLS dan PLB keduanya hampir sama, hanya berbeda di satu huruf terakhir. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh.

            Harapan kedepannya, jurusan PLS harus bisa menunjukkan keeksstensiannya. PLS itu ada dalam kehidupan sehari hari kita, Apa jadinya jika kita tidak diberikan pendidikan informal keluarga kita? Tentunya perilaku sopan santun tidak tertanam dalam diri kita. Kita tidak bisa membedakan bagaimana cara berpoerilkau kepada orang yang lebih tua, kepada saudara, kepada teman, kepada guru, bahkan kepada orang tua.

            Harapan lainnya, semoga mahasiswa PLS dapat memberdayakan masyarakat melalui program-program yang lebih inovatif dan kreatiif. Karena sekarang ini, masih banyak lembaga masyarakat yang seharusnya dibangun oleh lulusan lulusan PLS malah ‘penggagasnya dari orang non lulusan PLS, misalnya PKBM. Sebenarnya boleh saja, tetapi lulusan PLS harus bisa menunjukkan eksistensinya. Mahasiswa PLS juga bisa menciptakan program-program kreatif. Karena apabila tidak ada kita, mahasiswa PLS, pastinya masyarakat pinggiran seperti anak jalanan, pasti tidak akan dapat menerima pendidikan yang seharusnya itu hak mereka untuk memperoleh pendidikan. Dan mereka juga nantinya tidak bisa menyesuaikan dengan anak-anak seusia mereka yang seharusnya sudah bisa membaca, menulis, mengaji, dan sebagainya.

            Semoga kedepannya makin banyak mahasiswa PLS yang dapat membanggakan dan mengharumkan jurusan tercinta ini. Sudah banyak sekali buktinya. Contohnya Kidung Paramadita ,pasca sarjana jurusan PLS Universitas Negeri Semarang, yang merupakan Miss Lampung, Top 5, tepatnya di posisi 4 Miss Indonesia 2016. Waaah! Kita harus bangga dengan pencapaian ini. Dan kita juga harus bisa memberikan hal yang bermanfaat lainnya bagi jurusan ini. (PLS: Pasti Lebih Sukses)


Nilna Tintan Ari Estiana

Penulis:

Nilna Tintan Ari Estiana
PLS UNESA 2016
Angkatan 2016

 

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0