Hilangnya Eksistensi Kebudayaan Asli Indonesia di Tengah Era Modernisasi

Membahas tentang Kebudayaan, tahukah Anda Kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa kita Bangsa Indonesia? Indonesia memiliki beranekaragam budaya lokal ya...

Keanekaragaman Kebudayaan di Indonesia
Antropologi Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal

Membahas tentang Kebudayaan, tahukah Anda Kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa kita Bangsa Indonesia? Indonesia memiliki beranekaragam budaya lokal yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Keanekaragaman budaya di Indonesia, seperti pakaian, nyanyian, senjata, bentuk rumah, upacara, tari-tarian, dan banyak lagi. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan (pakaian, nyanyian, senjata, bentuk rumah, upacara, tari-tarian) yang berbeda-beda dan memiliki ciri khas masing-masing. Sebagai contoh dari keanekaragaman budaya yang di miliki bangsa kita bangsa Indonesia antara lain, Rumah Gadang dari Minangkabau Sumatera Barat, Rumah Joglo dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, Upacara Mitoni, Tedhak Siti, Ruwatan, Kenduri, Grebegan dari Jawa, Tari Jaipong dari Sunda Jawa Barat, Tari Saman dari Aceh, Alat musik Angklung dari Jawa Barat, Lagu Apuse dari Papua dan masih banyak lagi yang tidak bisa di sebutkan satu-satu. Budaya-budaya daerah yang terdapat di wilayah Indonesia merupakan warisan nenek moyang kita. Peninggalan nenek moyang itu mewarisi nilai-nilai kehidupan yang luhur.

Sekarang, tahukah Anda budaya yang ada di daerah Anda sendiri? Nah, apakah Anda hanya  mengenal saja budaya tersebut atau mempelajari bahkan melestarikannya? Jawabannya pasti setiap orang Indonesia berbeda, ada yang mengenal saja dia tahu budaya daerah itu tetapi dia acuh, tidak mau mempelajari bahkan melestarikan dan juga ada yang bahkan sama sekali tidak mengenal atau mengetahui kebudayaan daerah mereka sendiri. Apalagi di Era Modernisasi ini, khususnya para remaja sebagai generasi muda pewaris bangsa banyak yang tidak cinta terhadap budaya mereka sendiri budaya asli Indonesia. Remaja sekarang lebih tertarik untuk mempelajari kebudayaan asing yang dianggap lebih modern dibandingkan kebudayaan lokal/ asli Indonesia yang kadang mereka bilang kuno dan sulit untuk dipelajari.  Buktinya banyak remaja yang lebih  suka mempelajari kebudayaan jepang atau korea, mulai dari bahasa, pakaian, makanan dan lain sebagainya. Bahkan  mereka juga meniru sebagian gaya hidup orang-orang jepang, korea, ataupun Eropa, mereka akan bangga ketika mereka bisa menguasai bahasa, lagu maupun tarian negara tersebut.

Terlihat dari kecintaan generasi muda Indonesia terhadap kebudayaan asing inilah , eksistensi dari kebudayaan Asli Indonesia mulai menurun bahkan bisa hilang. Kebudayaan yang terlupakan, tidak populer di kalangan para remaja masa kini. Bisa jadi kebudayaan Indonesia lebih terkenal dan populer di negara lain bahkan dipelajari oleh orang-orang asing yang tertarik dengan keanekaragaman kebudayaan Indonesia. Jadi, budaya Indonesia tidak bisa eksis di negara sendiri apalagi bisa eksis secara internasional atas nama negara Indonesia sebagai pemilik. Beberapa tahun terakhir ini, kita juga banyak mendengar  kasus-kasus pengklaiman budaya Indonesia.  Salah satunya yaitu klaim atas budaya Indonesia seperti tari Pendet dari Bali , Tari Reog Ponorogo dari Jawa Timur dan Lagu Rasa Sayang Sayange dari Maluku oleh Negara Malaysia dan masih banyak lagi kasus-kasus pengkaliman kebudayaan  Indonesia oleh negara lain.

Selengkapnya download di bawah ini, jangan lupa tinggalkan jejak komen.

  Hilangnya Eksistensi Kebudayaan Asli Indonesia di Tengah Era Modernisasi (693,0 KiB, 2 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

COMMENTS

WORDPRESS: 0