HMJ Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Adakan Kegiatan Penyuluhan PHBS

0
Dibaca 183

HMJ Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Adakan Kegiatan Penyuluhan PHBS Serang | Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (HMJ PLS) selenggarakan kegiatan seminar dengan mengangkat tema “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Masyarakat Sempu Seroja Rt. 05/ Rw. 15” yang diadakan disalah satu rumah warga, dengan peserta seminar dari warga di kampung Sempu Seroja. 3 Juni 2018

Seminar ini diadakan dalam rangka menyelesaikan tugas akhir mata kuliah Pendidikan Pendudukan dan Lingkungan Hidup pada semester 2, “Sebagai tugas akhir nah tugasnya itu membuat penyuluhan tentang kependudukan yang mengarah pada lingkungan hidupnya, akhirnya kita angkat tema tersebut.” jelas ketua pelaksana, Gloria Margareta.

Selain itu, Ika Rizky Melia sebagai dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan pun turut hadir sekaligus melihat langsung prosesi kegiatan seminar yang dibuat oleh para mahasiswanya.

Kegiatan seminar yang dihadiri oleh 50 peserta lebih ini berlangsung mulai dari pukul 09.00 hingga sebelum ba’da duhur, dengan 2 penarasumber yaitu Yoanita Vidya Novaliasari sebagai perwakilan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, membawakan materi perihal PHBS di lingkungan. Kemudian dilanjutkan materi PHBS di keluarga oleh Muklas keterwakilan dari RSUD Dr.Drajat Prawiranegara.

Dalam panggung dihadapan masyarakat Sempu Seroja, Muklas berusaha memberikan pemahaman tentang bagaimana cara hidup bersih dan sehat. Ia juga memberitahu pada para peserta seminar tentang bagaimana cara mencuci tangan yang benar standar nasional,  “Tadi juga saya ajarkan gimana cara cuci tangan yang benar standar nasional, karena yang saya lihat masyarakat di Sempu ini sebetulnya sudah memenuhi standar hidup bersih, hanya saja kebiasaannya yang tidak dipakai, salah satunya seperti tempat sampah yang sudah disediakan tapi masih ada saja yang membuang sampah sembarang,” ungkap Muklas

Bagi Muklas kalimat yang  mengatakan lebih baik mencegahan dari pada mengobati seharusnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan, bukan hanya dijadikan kalimat mainan, “Sebab esensinya sebetulnya sederhana , namun ada kesulitan pada pola yang sudah berkembang dimasyarakat. Oleh karenanya PHBS ini harus bisa menjadi solusi bagi masyarakat apabila dibedakan,” tambahnya.

Harap Muklas diakhir mengisi seminar, Ia berharap dengan adanya perilaku hidup bersih dan sehat, masyarakat akan terhindar dari berbagai penyakit, dan juga masyarakat menjadi lebih disiplin dalam menjaga kebersihan, khususnya dilingkungan keluarga sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here