“HMJ PLS UM MENGGEBRAK DIKTI dengan PROGRAMNYA”

Progam Hibah Bina Desa atau yang biasa disebut dengan PHBD merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Ikatan Org...

HMJ PLS UM (The Most Inspiring Organization)
Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Berkarya itu mudah

Progam Hibah Bina Desa atau yang biasa disebut dengan PHBD merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ataupun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Seleksi PHBD tahun ini diikuti oleh banyak peserta dengan total proposal yang masuk sebanyak 2750 proposal ke DIKTI dan lebih dari 150 Pergurutan Tinggi Negeri yang mendaftar, diambil sebanyak 300 proposal untuk seleksi tahap 1, dan dipilih lagi di tahap 2 terpilihlah sebanyak 120 proposal dari seluruh Indonesia untuk di danai. Pada kesempatan kali ini kelompok dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (HMJ PLS) Universitas Negeri Malang (UM) menjadi salah satu dari sekian banyak proposal yang di danai dan mendapatkan pendanaan dari DIKTI.

Setelah dinyatakan lolos dalam seleksi proposal program bina desa. Tim Bina Desa HMJ PLS UM mulai menyusun rencana kegiatan dan program kerja. Diawali dengan survey lapangan dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, akhirnya program-program disepakati untuk dilaksanakan. Pada kesemptan kali ini Desa Sidomulyo Batu menjadi sasaran Program Bina Desa yang digagas Tim HMJ PLS dengan judul “PENINGKATAN PENDAPATAN GAPOKTAN (GABUNGAN KELOMPOK TANI) DESA SIDOMULYO, KECAMATAN BATU, KOTA BATU MELALUI PEMANFAATAN BUNGA MAWAR SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN MINYAK “AROMATHERAPY” Selain berkerjasama dengan Pemerintah Desa Sidomulyo, Tim Bina Desa HMJ PLS UM juga mencoba menjalin kerjasama dengan beberapa mitra untuk mendukung kesuksesan program.
d
Sebagai langkah awal pengenalan program, Tim Bina Desa HMJ PLS UM mengadakan kegiatan Sosialisasi Program Bina Desa, pada tanggal 29 Oktober 2016 di Gedung STA Batu tempat berkumpulnya kegiatan petani di Desa Sidomulyo. Mengingat persiapan kita yang masih minim karena alat Destilasi untuk sedikit terlambat namun pertemuan dan uji coba alat pun tak luput dari persiapan kami sebelum melatih kepada masyarakat. Kita sebagai tim HMJ PLS UM menggandeng beberapa mitra seperti Jurusan Kimia dan juga guru SMK Kimia yang bergerak sebagai pengolah atsiri menjadi aromatherapy HMJ PLS disini sebagai fasilitator program dengan menggandeng beberapa mitra untuk mensukseskan kegiatan di Desa Sidomulyo.

Sosialisasi dan pelaksanaan program sangat dekat dengan Monitoring oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Alhasil kita kelabakan dengan jadwal yang sangat mepet, namun kita dari tim PHBD tetap semangat menjalaninya.

Hingga saat itu pun tiba pada tanggal 08 November 2016 telah dilaksanakan Monitoring  (Monev) pada pukul 13.00 WIB bertempat di Gedung Kemahasiswaan Universitas Brawijaya Lantai 6 yang di hadiri oleh beberapa petinggi Kemahasiswaan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Malang, masing masing yaitu: Universitas Brawijaya (UB) 2 tim, Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) 1 tim, dan Universitas Negeri Malang (UM) 2 tim. Kegiatan presentasi Monev PHBD di awasi oleh 3 Tim Visitiasi dari DIKTI.

Presentasi kegiatan terlihat sangat menegangkan pasalnya tidak ada yang mau mempresentasikan terlebih dahulu. Namun dengan dukungan dari Tim Kemahasiswaan, Universitas Negeri Malang (UM) memberanikan diri untuk presentasi di awal yaitu tim dari Dewan Mahasiswa Fakultas Fakultas Ilmu Sosial (DMF FIS), pertanyaan banyak di lontarkan, namun tim DMF FIS sangat solid dan bagus dalam menjawab pertanyaan kesan yang baikpun ditunjukan oleh DMF FIS UM, salah satu pemonev pun nyeletuk? Ini saya rasa bagus bila ada waktu nanti saya akan mengunjungi tim anda, ini adalah indikisai DMF FIS dikunnjungi. Lalu,1 persatu presentasi bergantian dengan UB dan UMM yang presentasi.

Hingga akhirnya tibalah HMJ PLS UM presentasi di depan Dewan DIKTI, presentasipun dimulai pada pukul 15.35 WIB menit. Presentasi di buka dengan sebuah video bagaimana gambaran masyarakat sasaran, di lanjutkan dengan sedikit paparan latar belakang dan kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan. Tim PHBD UM yang awalnya tegang menjadi cair ketika melihat wajah gembira tim monev.

Wajah sumringah terlihat dari tim pemonev DIKTI melihat program yang kami paparkan. Dimana kami mengolah bunga mawar di Daerah Batu, Desa Sidomulyo yang sudah tidak terpakai, yang biasanya hanya di jadikan bunga tabur di kuburan bisa kita olah menjadi minyak aromhaterapy yang daya jual harganya lebih mahal dari sebelum diolah.

Inilah yang menjadi ketertarikan tim DIKTI ingin mengunjungi tim dari HMJ PLS UM. Karena itulah tim pemonev sangat bersemangat untuk datang mengunjungi Desa binaa kami. Keesokan harinya pada tanggal 09 November 2016 tim dari DIKTI datang mengunjungi Gedung STA yang biasanya digunakan oleh petani di Desa Sidomulyo Batu, tim DIKTI didampingi staf kemahasiswaan UM tiba pada pukul 15:47 menit. Tidak tanggung-tanggung awal kedatangan, langsung bertanya banyak sekali dari bagaimana programnya, alatnya, kendala yang dihadapi saat kegiatan dll. Namun, kita juga tidak berputus asa tim PHBD sudah bernegosiasi dan musyawarah bagaiamana nanti bila di cerca banyak pertanyaan. Alhasil tim DIKTI sangat senang bisa datang tidak salah memilih tim HMJ PLS UM untuk di berikan amanah besar memberdayakan masyarakat. Bahkan, kita sempat berdiskusi dengan ibu Yani salah satu dari tim visitasi DIKTI, untuk program PHBD ke depan bagaiamana memajukan Desa, usulan dan ide kami lontarkan kepada pemonev. Kami berusulan PHBD akan menjadi program tahunan yang akan selalu ada perbaikan di tahun selanjutnya. Desa yang di berdayakan nantinya akan di pamerkan, Expo di Jakarta. Bahkan nantinya akan ada Desa terfavorit yang akan di berikan rewerd oleh DIKTI. Alhamdulilah semoga hasil diskusi dan masukan kami akan di pertimbangkan nanti nya kepada pemerintah. Dan utamanya Pendidikan Luar Sekolah (PLS) sudah dikenal oleh tim DIKTI pastinya kepercayaan inilah yang harus kita jaga bagaimana membina hubungan baik dengan DIKTI. Semoga tongkat estafet ini jangan sampai putus hubungan baik yang sudah kita bangun dengan DIKTI berlanjut kepada penurus PLS di seluruh Indonesia bahwa inilah PLS yang mampu mengatasi permasalahan di lapangan.

_dsc0056

Program Bina Desa yang dilaksanakan oleh HMJ PLS UM ini berlangsung dari bulan Oktober hingga Desember 2016. Saat ini, program masih dilaksanakan dan semoga harapan kita semua untuk memberdayakan masyarakat desa Sidomulyo berjalan lancar.

Terima Kasih

Dikirim oleh :
M.Ilham Nurhakim,
PLS UM 2014
085791080796
Bila ada yang ingin meminta file terkait PHBD, dapat menghubungi kontak yang bersangkutan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0