Hubungan Stres Dan Prilaku Merokok Pada Remaja

2
Dibaca 4.672

Hubungan Stres Dan Prilaku Merokok Pada Remaja (dalam tugas MK Problematika PLS)

Oleh

Lidia Anitasari

PLS-UM

Yang melatar belakangi penulisan ini yaitu stress pada remaja. Stres  merupakan bagian dari yang tidak terhindarkan dari kehidupan .Stres mempengaruhi setiap orang bahkan anak-anak.Kebanyakan stres diusia remaja berkaitanm dengan masa pertumbuhan .Remaja khwatir terhadap perubahan tubuhnya dan mencari jati diri.[1]Sebenarnya masa remaja dapat membicarakan masalah mereka dan mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah tetapi karena pergolakan emosional dan ketidak yakinan remaja dalam menghadapi masalah dan mengambil keputusan penting.membuat remaja perlu mendapat bantuan dan dukungan khusus dari orang dewasa.

Stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang bisa terjadi pada siapapun, termasuk pada kaum remaja. Di usia ini, bimbingan orang tua menjadi hal yang mutlak mengingat emosi anak yang masih labil dan efek lanjutan yang mungkin timbul akibat gangguan tersebut.Karena itulah pengetahuan akan beberapa faktor pemicu stres pada remaja perlu diketahui agar orang tua mengetahui pendekatan yang paling tepat digunakan pada anak.

Kehidupan sekolah adalah salah satu faktor utama penyebab stres pada remaja. Tuntutan akademis yang dinilai terlampau berat, hasil ujian yang buruk, tugas yang menumpuk dan ekspektasi orangtua yang terlalu tinggi pada anak hanyalah beberapa contoh dari faktor ini. Demikian pula dengan lingkungan pergaulan, dimana teman bagi seorang remaja bisa jadi segalanya, bahkan melebihi keluarganya sendiri.

Untuk remaja, pengaruh pergaulan teman sebaya juga turut menjadi andil untuk pertumbuhan perokok baru. Terkadang remaja menjadi perokok pemula karena adanya desakan dari teman-teman mereka untuk dapat diterima dalam pergaulan ataupun supaya dapat dipandang lebih keren oleh lawan jenisnya. Para remaja tersebut tentu belum mengerti benar mengenai bahaya yang dapat disebabkan oleh rokok ataupun penyakit yang dapat timbul karena rokok. Hal ini tentu harus menjadi perhatian tersendiri bagi para orang tua untuk dapat memberi pemahaman terhadap anak-anaknya.

Adapun rumusan masalah sebagai berikut; (1)Mengetahui alasan  mengapa remaja merokok (2)Mengetahui dampak bahaya rokok. Dengan tujuan karya tulis ini  dimaksudkan untuk membahas masalah remaja jika dikaitkan dengan lingkungan,dan cara penangananya dari segi Pendidikan Luar Sekolah

Isi Lengkap Silahkan Klik disini Hubungan Stres Dan Prilaku Merokok Pada Remaja

NB. Copas atau baca silahkan tinggalkan jejak coment dibawah ini…
semoga bermanfaat

 

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan