Imadiklus Training 1 Unesa 2016 – Versi 2

i Universitas Negeri Surbaya pada Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki jurusan Pendidikan Non Formal. Non Formal Education (Pendidikan Non Formal), adala...

Imadiklus Training 1 Unesa 2016 – Versi 3
DETIK-DETIK RAPAT KERJA NASIONAL (RAKERNAS) V IMADIKLUS

Di Universitas Negeri Surbaya pada Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki jurusan Pendidikan Non Formal. Non Formal Education (Pendidikan Non Formal), adalah pendidikan yang dilaksanakan di luar sekolah dan direncanakan, tetapi lebih flaksibel dalam pelaksanaannya, diantara cirinya adalah jangka pendek, merupakan kebutuhan yang sangat mendesak untuk dipenuhi, persyaratan warga lebih flaksibel, pengelolaannya lebih fleksibel, pada umumnya tidak berjenjang, pemberian ijazah tidak menjadi persyarakatan pokok.

Didalam Juruan PLS ini memiliki Organisasi yang bernama IMADIKLUS (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah), Organisai ini berbentuk ikatan yang berskala Nasional yang beranggotakan dari Universitas jember, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Medan,Universitas Negeri Makasar, Universitas Palngkaraya, dan banyak Universitas lain yang belum bisa penulis sebutkan. Organisasi ini ada karena keinginan mahasiswa PNF untuk mempunyai wadah silaturahmi dengan mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah se-Indonesia, imadiklus dibentuk pada tanggal 24 uni 2006 yang dipelopori oleh Universitas Negeri Malang yang bertempat di PKBM Zam-zam.

Pada tanggal 14-15 Mei 2016 IMADIKLUS UNESA mengadakan IT 1,yang dihadiri oleh Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Yogyakarta, dan para Alumni. dengan diadakannya Imadiklus Training 1 ini tujuannya adalah untuk mempererat tali persaudaraan antara Universitas Negeri Surabaya dengan Universitas lain dan juga dapat mengkaji serta dapat mengatasi masalah-maslah yang ada pada PNF. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta menyanyikan Mars Imadikus bersama-sama, selanjutnya disambung dengan sambutan-sambutan, kegiatan selama 2 hari 1 malam ini dilanjutkan dengan pemberian materi, materi yang disampaikan antara lain, Materi Kepemimpinan, Materi tentang Sejarah dan Profil IMADIKLUS, pembahasan mengenai AD/ART, materi administrasi kesekretariatan.

Ilmu yang banyak kita dapat di IT 1 ini adalah, kita dapat lebih paham dan mengenal tentang IMADIKLUS, sejarahnya dan perjuangan teman” imadiklus bersama alumni, juga mengerti tentang  bagaimana tata cara persuratan,sistematika kepengurusan,persidangan. Kita juga disadarkan tentang  kondisi PNF saat ini sehingga kita bisa merancang suatu hal yang dapat membuat PNF tetap eksis di ranah pendidikan dan masyarakat luas.

Artikel ini ditulis oleh:

Tiara Putri

PLS Unesa Angkatan 2015

Dari Mojokerto

COMMENTS

WORDPRESS: 0