IMADIKLUS TRAINING 1 Universitas Negeri Malang “Meningkatkan Eksistensi PLS melalui IMADIKLUS”

Sabtu, 18 April 2015 kemarin, tepatnya di Gedung D1 104 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang telah berlangsung IMADIKLUS Training 1 yang...

Upgrading Hima PLS Universitas Negeri Yogyakarta 2017
Harapan Saya untuk Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

IMG-20150419-WA0008Sabtu, 18 April 2015 kemarin, tepatnya di Gedung D1 104 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang telah berlangsung IMADIKLUS Training 1 yang dilaksanakan oleh Badan Pengurus Harian (BPH) Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini mengangkat tema “Meningkatkan Eksistensi PLS melalui IMADIKLUS” dan diikuti oleh Pengurus Harian Imadiklus serta perwakilan dari HMJ PLS. Dalam kegiatan IT1 ini diberikan 5 materi, yaitu materi tentang Profil & Sejarah IMADIKLUS, wacana ke PLS an, keorganisasian, kepemimpinan, dan kesekretariatan. Antusiasme peserta dalam kegiatan IT1 ini sangat tinggi, terlihat dari beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan seputar ke-IMADIKLUS an.

Melalui kegiatan IT1 ini, diharapkan mampu menjadi langkah awal bagi para kader-kader penerus IMADIKLUS yang akan datang dan mengemban tugas demi kemajuan IMADIKLUS. Peran kader dalam sebuah organisasi sangatlah penting. Bukan hanya meningkatnya eksistensi organisasi IMADIKLUS saja, melalui kader-kader yang loyal dan berwawasan luas juga akan mampu meningkatkan eksistensi pendidikan di Indonesia pada umumnya dan Pendidikan Luar Sekolah pada khususnya.

Kegiatan IT1 dimulai pukul 08.00 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Imadiklus dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ridwan Pratama sebagai ketua pelaksana kegiatan IT1 ini dan dilanjutkan sambutan oleh Imam Badhowi selaku ketua BPH UM periode 2015 sekaligus membuka acara tersebut.

IMG-20150419-WA0007Materi pertama adalah tentang Sejarah & Profil IMADIKLUS yang disampaikan oleh Mas Fendik Setyawan. Pemberian materi ini bertujuan agar BPH dan HMJ lebih mengenal dan paham tentang bagaimana sejarahnya hingga IMADIKLUS bisa terbentuk dan perjalanan sejarah Imadiklus hingga akhirnya bisa tetap berdiri sebagi sebuah organisasi sampai saat ini. Materi kedua diisi dengan wacana ke-PLS an tentang eksistensi PLS melalui organisasi IMADIKLUS yang disampaikan oleh Mas Fuad Hasan selaku alumni PLS yang sekarang tengah menempuh S2 PLS di Pasca Sarjana UM. Dalam materi tersebut disampaikan secara umum bagaimana kondisi PLS saat ini dan kontribusi-kontribusi yang bisa dilakukan oleh Imadiklus untuk meningkatkan eksistensi jurusan PLS agar tetap eksis di ranah masyarakat luas.

Memasuki materi ketiga sempat tersendat karena pemateri belum ada di tempat pada saat itu. Mas Ammar dan Mas Hafid dari Universitas Negeri Surabaya yang kebetulan adalah pemateri yang menyampaikan tentang Keorganisasian masih dalam perjalanan menuju Malang. Namun, hal itu tidak menghalangi jalannya acara, untuk menunggu kedatangan Mas Ammar, Mas Hafid, dan teman-teman BPH dari Universitas Negeri Surabaya kegiatan diisi dengan Ice Breaking oleh sie acara. Ice Breaking diisi dengan kreatifitas-kreatifitas dari para peserta, yaitu dengan cara jogetria dan berkaraoke bersama.

Karena sampai dengan pukul 11.00 Mas Ammar dan kawan-kawan belum juga datang, akhirnya dilanjutkan dengan materi Kepemimpinan yang disampaikan oleh Mas Ali Mustofa yang juga merupakan alumni PLS UM. Peserta terlihat antusias sekali ketika materi disampaikan. Sesekali Mas Ali memberikan guyonan-guyonan kepada peserta agar para peserta tidak tegang dengan materi yang disampaikan. Materi kepemimpinan berakhir pada pukul 12.30 yang kemudian dilanjutkan dengan ishoma.

Kegiatan dilanjutkan lagi pada pukul 13.30 dengan materi Kesekretariatan yang disampaikan oleh Ferdian Wahyu Romadhoni yang merupakan Ketua BPH UM Periode 2014. Pada materi itu disampaikan tentang sistem persuratan di organisasi ke-IMADIKLUS an. Dan materi terahkir di isi dengan materi Keorganisasian yang disampaikan oleh Mas Ammar dan Mas Hafid. Sebelum memulai materi keorganisasian, peserta diberikan soal pre test yang menjadi pembuka materi. Dalam penyampaiaannya, Mas Ammar menyampaikan juga bahwa tidak ada perbedaan antara HMJ dan BPH. Keduanya adalah sama-sama organisasi yang bergerak atas nama jurusan PLS. Maka dari itu, diharapkan tidak ada kesenjangan antara organisasi HMJ dan BPH. Baiknya HMJ dan BPH dapat bekerja bersama-sama demi kemajuan jurusan PLS.IMG-20150419-WA0004

Tidak terasa hari semakin sore, rangkaian kegiatan IT1 kemudian diakhiri pada pukul 15.30 dan ditutup dengan doa dan foto bersama seluruh peserta, alumni, dan pemateri dari Universitas Negeri Surabaya serta teman-teman BPH dari BPH Universitas Negeri Malang. Terimakasih kepada semua teman-teman panitia yang sudah bersemangat dalam kegiatan IT1, kepada pemateri-pemateri yang telah berbagi ilmu, dan teman-teman BPH dari Universitas Negeri Surabaya. Bersama IMADIKLUS, KITA BISA.

Oleh:
Imam Badhowi | PLS Universitas Negeri Malang

COMMENTS

WORDPRESS: 0