IMADIKLUS TRAINING 2 & RAPAT KOORDINASI WILAYAH 1 (2018)

0
Dibaca 277

IMADIKLUS TRAINING 2 & RAPAT KOORDINASI WILAYAH 1
Yogyakarta, 11-13 Mei 2018

LATAR BELAKANG
Pendidikan Non Formal berperan penting terhadap pendidikan yang ada di Indonesia. Pendidikan Non Formal menurut Sudjana berfungsi sebagai pelengkap (Complement), pengganti (Subsititusi) dan penambah (Suplement) dari pendidikan formal. Pendidikan luar sekolah bertugas untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kebisaan yang siap menghadapi perubahan sebagai akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat yang dihasilkan oleh manusia-manusia terdidik. Serta Pendidikan luar sekolah dapat juga dikatakan sebagai proses memanusiakan manusia untuk meningkatkan kualitas berpikir, moral dan mental sehingga mampu memahami, mengungkapkan, membebaskan. dan menyesuaikan dirinya terhadap realitas yang melingkupinya.

Pendidikan dan pembangunan bangsa merupakan tanggungjawab dari seluruh elemen bangsa, pemerintah, masyarakat, sekolah, dan keluarga. Mahasiswa sebagai salah satu bagian dari masyarakat juga harus turut bertanggung jawab atas permasalahan. Kekuatan intelektual yang menjadi sebuah modal bagi mahasiswa haruslah dapat dioptimalkan dengan tujuan untuk dapat bermanfaat bagi orang banyak. Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah sebagai bagian dari elemen pendidikan. Salah satu alat atau media mahasiswa pendidikan luar sekolah adalah IMADIKLUS.

IMADIKLUS Indonesia sebagai sebuah organisasi Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah secara Nasional diharapkan dapat memberikan perubahan, baik dalam tingkatan paradigma, langkah strategis maupun kebijakan-kebijakan yang menyangkut tentang jurusan Pendidikan Luar Sekolah pada umumnya dan mahasiswa atau alumni pada khususnya. Keberadaan dan eksistensi IMADIKLUS Indonesia sangatlah diperlukan, sebab tidak dapat dipungkiri bahwa segala hal yang menyangkut tentang Pendidikan Luar Sekolah dirasa masih lamban perkembangannya. Selain itu, IMADIKLUS Indonesia dibentuk berlandaskan adanya jurusan Pendidikan Luar Sekolah yang terdapat di beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan persaudaraan antar Perguruan Tinggi sehingga dapat mengeksistensikan serta memajukan jurusan Pendidikan Luar Sekolah bersama-sama.

Sebagaimana dicantumkan dalam AD/ART IMADIKLUS Indonesia, bahwa Badan Koordinasi Wilayah merupakan pemegang kebijakan IMADIKLUS Indonesia pada tingkat wilayah. Keberadaan Badan Koordinasi Wilayah sebagai perantara antara Badan Pengurus Pusat dengan Badan Pengurus Harian (BPH) pada masing-masing Perguruan Tinggi diharapkan mampu membantu Badan Pengurus Pusat dalam memberikan informasi terkait dengan perkembangan IMADIKLUS Indonesia di tingkat wilayah.

Berdasarkan pemikiran inilah sebagai mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah se-Indonesia yang dibentuk dalam sebuah organisasi bernama IMADIKLUS (IKATAN MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH SE-INDONESIA) pada khususnya berkewajiban untuk turut bertanggungjawab atas terbentuknya tatanan masyarakat yang adil terutama dalam bidang pendidikan. Berbagai Solusi untuk permasalahan pendidikan yang ada dihadapan kita haruslah disiapkan dengan secara bersama-sama. Dukungan dari pemerintah dan juga semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat untuk solusi yang dicetuskan juga harus dilakukan dan bersifat berkelanjutan agar bisa benar –benar terwujud untuk Indonesia yang lebih baik.

Dari latar belakang diatas Badan Pengurus Wilayah 1 IMADIKLUS Indonesia yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Yogyakarta, melaksanakan kegiatan“Imadiklus Training 2 & Rapat Koordinasi Wilayah 1” Sebagai mahasiswa yang tergabung dalam IMADIKLUS yang notabenya berkompeten dalam bidang –bidang Pendidikan Luar Sekolah diharapkanakan memberikan kontribusi –kontribusi nyata dan berkelanjutan untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang merata dan untuk semua lapisan masyarakat Indonesia.

TEMPAT & WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan ini dilaksanakan pada ;
Hari                : Jumat – Minggu
Tanggal             : 11 – 13 Mei 2018
Pukul                : 15.30 WIB – Selesai
Tempat             : Desa Gelaran 2, RT 03 RW 16, Bejiharjo, Karangmojo,  Gunung Kidul, D.I.Yogyakarta 55891

 

Baca TOR IT2 dan Rakorwil 1 di bawah ini:

 

Download TOR lengkap di bawah ini:

  TOR IT2 dan Rakorwil 1 Di download (210,9 KiB, 64 hits)

 

Pamflet Kegiatan

 

 

Tinggalkan Balasan