Imadiklus Training 2 Wilayah 3 (2017)

0
Dibaca 203

Term of Reference (TOR)

IMADIKLUS TRAINING 2 (IT2) WILAYAH 3

Latar Belakang

Imadiklus training 2 merupakan program dari pusat yang di selenggarakan di tingkat wilayah masing-masing. Disini Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah diajak untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan berorganisasi khususnya bermitra. Kemitraan merupakan bentuk dari mitra, yang dapat dijumpai pada semua kelompok orang dan usia. Dasar utama dalam mitra ini adalah keahlian, yang mana masing-masing orang memiliki keahlian berbeda, bekerja bersama menjadi satu kelompok/tim dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Mitra tersebut adakalanya harus dilakukan dengan orang yang sama sekali belum dikenal, dan begitu berjumpa langsung harus bekerja bersama dalam sebuah kolempok. Pertanyaan yang timbul, bagaimanakah cara mengembangkan kemitraan di dalam suatu organisasi kependidikan?

Dalam pandangan manajemen kerjasama dimaknai dengan istilah collaboration. Kerjasama (collaboration) dalam pandangan stewart merupakan bagian dari kecakapan ”manajemen baru” yang belum nampak pada manajemen tradisional. Dalam manajemen tradisional terdapat tujuh kecakapan /proses kegiatan manajerial yaitu perencanan (planning), komunikasi (communicating), koordinasi (coordinating), memotivasi (motivating), pengendalian (controlling), mengarahkan (directing), dan memimpin (leading) (stewart, 1998;88).

Tidak dapat dipungkiri, bahwa kecakapan-kecakapan diatas seperti merencanakan, mengkomunikasikan, mengkoordinasikan, dan memotivasi perlu dikuasai oleh seorang Pendidikan Luar Sekolah yang dimana nantinya akan di tuntut sebagai seorang menejer dari sistem pendidikan Non-formal. Namun demikian, untuk kecakapan mengendalikan, mengarahkan, dan memimpin dianggap ”sudah tidak efektif lagi”. Menurut Stewart perlu seperangkat kecakapan baru yang perlu dikuasai oleh manajer era baru yaitu harus mampu membuat mampu (enabling), memperlancar (facilitating), berkonsultasi (consulting), bermitra (collaborating), membimbing (mentoring), dan mendukung (supporting).

Dalam bersosialisasi dan berorganisasi, kemitraan memiliki kedudukan yang sentral karena esensi dari kehidupan sosial dan berorganisasi adalah kesepakatan bermitra. Tidak ada organisasi tanpa kerjasama. Bahkan dalam pemberdayaan organisasi, kerjasama adalah tujuan akhir dari setiap program pemberdayaan. Manajer akan ditakar keberhhasilannya dari seberapa mampu ia menciptakan kerjasama didalam organisasi (intern), dan menjalin mitra dengan pihak-pihak luar organisasi (ekstern). “Seperti halnya mengenai Organisasi dalam menjalankan suatu organisasi akan berkembang dan mampu bersaing salah satunya dapat pengakuan dari pihak luar”

Imadiklus trainng 2 juga merupakan kegiatan yang di selenggarakan di tingkat wilayah dalm upaya mencapai dan menciptakan kader-kader Pendidikan Luar sekolah yang dapat bersaing dalam dunia globalisasi.

Tujuan

Tujuan kegiatan ”Imadiklus Training 2” adalah:

  1. Memperluas wawasan dan menganalisa wacana
  2. Mampu mengevaluasi situasi baik lokal, nasional dan internasional untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan perkembangan
  3. Menemukan gagasan untuk memberdayakan dan mengembangkan masyarakat dalam berbagai kemungkinan situasi.

Manfaat
Tujuan dari kegiatan ini adalah membuat para peserta memahami pentingnya peran dalam Mengembangkan Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Mahasiswa PLS di Dunia Pendidikan. Dan memberikan motivasi Mahasiswa untuk membuat program Ke-PLSan yang dapat memperdayakan Masyarakat.

Tema Kegiatan
Mengembangkan Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Mahasiswa PLS di Dunia Pendidikan

Waktu dan Tempat
Hari/ tanggal         : Jumat-Minggu/ 27-29 Oktober 2017
Pukul                    : 08.00- selesai
Tempat                 : Aula Surosowan Rumah Dunia Serang, Banten

TOR kegiatan IT2 Wilayah 3 IMADIKLUS silahkan download di bawah ini:

  TOR Kegiatan IT2 Wilayah 3 IMADIKLUS Di download (329,3 KiB, 50 hits)


Pamflet Kegiatan

Tinggalkan Balasan