IMADIKLUS TRAINING I UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA” OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA PLS SEBAGAI LEADER DI MASYARAKAT”

0
Dibaca 1.338

2“OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH SEBAGAI LEADER  DI MASYARAKAT” Regenerasi merupakan subjek penerus dalam kerangka keorganisasian. Sudah mafhum, bahwa hal tersebut menjadi hal terpenting dalam suatu organisasi. Tak hanya itu, generasi penerus tidak mumpuni jika tak mempunyai jiwa kepemimpinan. Sudah barang tentu bahwa  dalam suatu organisasi tak lepas dari kata kepemimpinan.

Maka dari itu, BPH IMADIKLUS UPI sebagai wadah bagi mahasiswa-mahasiswi PLS, merancang dan melaksanakan Imdiklus Training I yang bertajuk “Optimalisasi Peran Mahasiswa PLS Sebagai Leader  di Masyarakat” yang dilaksanakan pada Sabtu, 05 April 2014 di Ruang 31.3.22 FIP Lama Universitas Pendidikan Indonesia. Kegiatan tersebut bertujuan untuk pengenalan IMADIKLUS, berbagi informasi dan pengalaman, terutama regenerasi bagi mahasiwa PLS angkatan muda. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan mahasiswa-mahasiswi PLS di Universitas lain, hal tersebut karena dalam kegiatan ini diikuti oleh beberapa Universitas yang termasuk pada wilayah 3, diantaranya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Banten), Universitas Ibn Kholdun (Bogor), Universitas Islam Nusantara (Bandung) dan STKIP Siliwangi (Bandung).

Acara tersebut dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan kegiatan inti pertama yakni mengenai Sejarah IMADIKLUS yang disampaikan oleh Panji Bahari Noor Romadhon, kemudian materi mengenai Leadership oleh Ketua Umum Imadiklus Indonesia, yakni Teguh Akbar. Terkahir adalah diskusi terbuka dimana seluruh peserta dapat secara interaktif berdiskusi dan mengkaji mengenai IMADIKLUS dan semua hal tentang PLS melalui pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada kedua pemateri tersebut.

IMADIKLUS Training ini merupakan pengejawantahan dari keinginan dan idealisme untuk membentuk karakter pribadi yang mampu menjadi leader di masyarakat. Terutama hal tersebut memang relevan bagi PTK PLS sendiri yang kelak akan menjadi pendidik di masyarakat. Selain itu sangat menyenangkan bisa bertemu dan berkumpul dengan mahasiswa sesama PLS di lain Universitas, karena dengan hal tersebut kita dapat bertukar fikiran dan membuka wawasan baru melalui mahasiswa dari Universitas lain yang notabene memiliki kultur yang berbeda.

Tak hanya itu, kegiatan pematerian tersebut diselingi dengan permainan-permainan interaktif yang menghibur sehingga tidak membuat jenuh peserta. Melalui acara ini diharapkan peserta mampu ikut serta secara aktif dalam kegiatan ini dan menjadi wahana keilmuan mendalam bagi mahasiswa-mahasiwi PLS terkait dengan kajian seputar IMADIKLUS dan ke PLS-an serta membawa ilmu-ilmu baru melalui kegiatan ini.

by, Elsa Nabila Antias
Universitas Pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan