IMADIKLUS TRAINING III DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT TINGKAT NASIONAL (2015)

Indonesia merupakan negara berkembang yang terus mengupayakan pembangunan. Tujuan dari pembangunan adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kesejahte...

SEMNAS DAN KONGRES 2015 PART 8 : PELANGI HARAPAN
Sanggar Kegiatan Belajar Sanggar Tari dan Musik Anindyanata

Indonesia merupakan negara berkembang yang terus mengupayakan pembangunan. Tujuan dari pembangunan adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan inovasi dan menggali potensi yang dimiliki masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa kesejahteraan suatu negara dilihat dari perekonomiannya. Perekonomian Indonesia dapat lebih baik dan lebih stabil dari sebelumnya jika potensi dan inovasi tersebut dapat terealisasikan dengan baik melalui salah satu jalan dengan memberdayakan masyarakat,
Menurut Ife dan Tesoriero (2008 : 510), “Pemberdayaan berarti menyediakan sumber daya, kesempatan, kosa kata, pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menentukan masa depan mereka sendiri dan untuk berpartisipasi serta mempengaruhi kehidupan masyarakatnya”.

Definisi tersebut terlihat jelas bahwa pemberdayaan bukan sekedar menolong orang miskin agar menjadi tidak miskin. Pengertian pemberdayaan menurut Ife dan Tesoriero lebih diarahkan kepada peningkatan kemampuan masyarakat untuk mandiri. Kami menekankan pada aspek pendidikan, kesehatan serta ekonomi kreatif dengan begitu masyarakat dapat mengendalikan masa depannya dan bahkan dapat mempengaruhi orang lain. Dengan begitu masyarakat perlu untuk berpartisipasi dan terjun langsung dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat itu sendiri karena masyarakatlah pemeran utama dalam pelaksanaan pemberdayaan disini.

Selain itu juga dikatakan Ife dan Tesoriero, Sardlow dalam Adi (2008) mengatakan bahwa “Pada intinya pengertian pemberdayaan membahas bagaimana individu, kelompok ataupun komunitas berusaha mengontrol kehidupan mereka sendiri dan mengusahakan untuk membentuk masa depan sesuai dengan keinginan mereka”. Adi (2008 : 78 – 79) mengatakan bahwa “Tujuan dan target pemberdayaan bisa saja berbeda, misalnya di bidang ekonomi, pendidikan atau kesehatan”. Pemberdayaan juga bisa bervariasi dalam pembangunan sehingga pemberdayaan di suatu bidang bisa berbeda dengan bidang lainnya.

Pemberdayaan yang akan kami lakukan sebagai pengabdian kepada masyarakat yang merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional di masa yangakan datang.

Pendidikan Luar Sekolah yang menjadi praktisi masyarakat dan memiliki kaitan yang erat dalam pengabdian. Karenanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat sangat diperlukan untuk mahasiswa Departemen Pendidikan Luar Sekolah. Karena diadakannya pengabdian pada masyarakat ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan atau mengaplikasikan apa yang telah didapatkannya di dalam kelas dan tidak hanya menjadi teori semata saja tetapi mahasiswa juga harus dapat mengembangkan kemampuan masyarakat yang ada. Selain itu, pengabdian ini diharapkan menjadi bekal untuk mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah di masa yang akan datang juga sebagai pembelajaran sebelum nantinya mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah terjun langsung kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

Kegiatan Imadiklus Training III dan Pengabdian Pada Masyarakat tahun 2015 ini akan diadakan di Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Sumber daya masyarakat yang mendukung membuat kami memilih desa ini untuk kami jadikan sasaran kegiatan. Adanya Rumah Pintar Al Barokah yang dirintis oleh Guru Qolbu…..

image

Proposal lengkapnya download di bawah ini:

  Cover Proposal p2m IT3 (695,3 KiB, 8 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

  Proposal (982,1 KiB, 6 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

  Rundown Acara (523,7 KiB, 7 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

  Surat Delegasi (379,7 KiB, 5 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

  Proposal dan Surat Kegiatan (IMADIKLUS Training III dan P2M Nasional) (2,3 MiB, 110 hits)
Jika link Download belum terlihat Silahkan anda login/register dsini . (download harus dalam keadaan login member)

Contact Person
085720398803 (OKA)

COMMENTS

WORDPRESS: 0