IT 1 BPH Unesa Kenali Jati diri dan Solidkan Anggota

0
Dibaca 1.364

Badan Pengurus Harian Imadiklus Unesa mengadakan Imadiklus Training 1 (IT 1) Senin (11/06) bertempat di Villa Anggrek Pacet Mojokerto.Acara yang dikemas pelatihan sekaligus pengakraban antar anggota. Adapun peserta yang mengikuiti IT 1 yaitu berjumlah 15 peserta,9 Laki-laki dan 7 perempuan dan ada yang berhalangan  hadir sekitar 5 anggota karena ada urusan keluarga masing-masing.

Imadiklus Training 1 merupakan salah satu Training yang harus diikuti bagi setiap anggota BPH di Universitas yang memiliki Jurusan Pendidikan Luar Sekolah sesuai GBHK(Garis Besar Haluan Kerja) Imadiklus .Training tersebut tentunya memberikan dasar-dasar yang ada di Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah se-Indonesia.

Pemberangkatan dimulai tepat pukul 06.00 dengan menggunakan sepeda motor saling berboncengan, diiringi hujan deras, jalanan licin, gelapnya jalan akibat derasnya hujan, banyaknya truck yang bergerombol, membuat perjalanan semakin menantang dan mengsyik-kan.Beriring-iringan sepesa motor antar anggota saat perjalanan, menandakan bahwa adanya saling menjaga dan tidak mementingkan rasa keegoisan dalam individu meskipun dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Turunnya hujan deras terus terjun membasahi tubuh hingga tak menghalangi kami untuk mengurungkan langkah baik ini menuju ke tempat tujuan.Dinginnya tubuh tak terasa dengan  merasakan kehangatan yang diperoleh dari terbangunnya kebersamaan antar individu saat berada dijalan dan menggendarai motor .

Cukup Lama perjalanan ditempuh sampailah juga di tempat tujuan, terlihat individu sibuk sekali untuk memasukkan tas milik pribadi masing-masing, ke dalam kamar yang sudah disediakan. Tas dan perlengkapan sudah tertata rapi ditempatnya, nampak wajah dari peserta sudah bersemangat dan ceria kembali setelah perjalanan, menandakan siap untuk menerima materi.

Materi pertama adalah mengenai sejarah berdirinya Imadiklus dan BPH Unesa dimana sangat runtut sekali menjelaskannya hingga tak sadar bahwa wajah para peserta sangat antusias sekali mendengarkannya.Materi yang disajikan oleh Agung Firmansyah benar-benar mendetail sekali terlihat bahwa pemateri saksi berkembangnya Imadiklus dimanapun berada sehingga bisa menyampaikan materi dengan penuh penghayatan.

Materi usai, dilanjutkan dengan ishoma dimana untuk makan tersebut para anggota baur membaur secara bersama, saling membantu menyiapkan bahan makanan, memasaknya hingga menyantapnya secara bersama-sama.Sungguh terasa sekali  kedekatan yang terbangun antar individu anggota BPH.

Materi kedua siap disajikan,kali ini yang mengisi materi yaitu Zakaria mengenai Kesekertariatan.Banyak sekali yang diterangkan mengenai surat-menyurat, stempel, prosedur pembuatan surat, proposal, tata cara penulisan surat dll.Tujuan materi kesekertariatan adalah supaya anggota mengetahui sekaligus bisa membuat surat dan proposal sesuai kaidah yang diatur oleh GBHK/Ad/Art Imadiklus.

Materi ketiga yaitu oleh Fendik Setyawan karena berhalangan hadir digantikan Kolaborasi antara Agung Firmansyah dan Zakaria.Materi ketiga ini membahas tentang Ad/Art dan tujuan yang ada di Imadiklus.Membahas tentang hal tersebut sepertinya penyaji sudah benar-benar mengetahui dan paham sampai cara menjelaskannya pun terlihat benar-benar memaknai apa yang terkandung dalam setiap disampaikannya

Nampak raut wajah peserta terlihat lemas sekali dan sorot mata yang mulai memudar, menandakan bahwa peserta waktunya untuk istirahat, sholat dan makan untuk merelaxsasikan fikiran yang sudah mendapat materi sebelumnya.Tepat pukul 19.00 dimulai kembali untuk meneruskan materi ke empat tentang Organisasi dan Management Konflik yang disampaikan oleh Khomsun Mubarok Ketua Bem-J PLS yang bergabung dianggota BPH Unesa Imadiklus. Materi tersebut membahas tentang seluk beluk Organisasi baik secara umum maupun di Imadiklus serta bagaimana cara membuat dan menangani menagement konflik dalam organisasi.Nampak jelas sekali dengan gayanya yang energik dan senyuman manisnya melihatkan bahwa sosok pemateri benar-benar sudah berpengalaman dan malang melintang di dunia organisasi.

Materi kelima siap dilanjutkan mengenai tata cara pelaksanaan sidang(presidium sidang)disampaikan oleh Ali Fikri Fadhillah ketua Dewan Legistatif Mahasiswa (DLM) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah yang ikut juga menjadi anggota BPH Unesa Imadiklus.
Tujuan dari adanya materi tersebut agar para anggota BPH mengetahui dan mengerti bagaimana tata cara dalam bersidang, bagaimana menggunakan dan apa gunanya palu sidang, hal apa yang harus diperhatikan saat sidang berlangsung, bagaimana etika mengikuti persidangan dsb.Performa yang dicontohkan, tak urung membuat decak kaget para peserta ketika mempraktekkan bagaimana tata cara mengetuk palu sidang.Materi keempat dan kelima sudah diberikan jarum jam di dinding menunjukkan pukul 21.30 berarti waktu untuk tidur malam bisa dilakukan oleh para peserta IT 1, mempersiapkan anggota tubuh untuk menerima materi keesokan harinya.

Keesokan harinya tepat pukul 04.00 para peserta bangun tidur,sholat shubuh dan olahraga, sekaligus mengitari jalan menghirup udara segar disekitar villa Anggrek.Capek berolahraga dan jogging disekitar Villa dilanjut dengan memasak bersama antar peserta.Dapur yang cukup besar membuat para peserta berbondong-bondong datang untuk membantu memasak, tanpa terkecuali laki-laki juga turut serta.Acara memasak bersama usai, dilanjutkan dengan makan bersama secara berkelompok antara laki-laki sendiri perempuan sendiri, lebih mengarahkan kepada keakraban dan sikap saling berbagi tanpa menonjolkan keegoisan antar individu peserta.Perut terasa terisi para peserta lekas untuk bersih-bersih diri dan siap menerima materi selanjutnya.

Materi keenam siap dipresentasikan oleh Sholehuddin atau biasa dipanggil adon, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya yang berantusias gabung di BPH Unesa.Sholehuddin akan menerangkan tentang Kepemimpinan (Leadership) baik untuk diri pribadi maupun dalam organisasi.Badannya yang tambun, perutnya yang uniqe, wajahnya yang menggelikan dan ucapannya yang inonsen membuat suasana ketika menjelaskan materi mencair dan tertawa terpingkal-pingkal.

Tepat pukul 09.00 waktunya untuk bersih-bersih dan mempersiapkan barang bawaan.Acara selanjutnya yaitu rekreasi, menikmati wisata yang ada disekitar Pacet , merasakan hawa sejuknya air terjun, melihat panorama pemandangan pegunungan yang disuguhkan, asrinya lingkungan dan ikut berpetualang menyusuri lereng gunung. Pukul 12.00 waktunya untuk CekOut dari villa Anggrek dan perjalanan pulang menuju ke Kota Surabaya.

BY Amar infokom UNESA

Tinggalkan Balasan