JANUARI MOP (Multishow of PKBM) Created by Mahasiswa PLS UNJ

0
Dibaca 12.871

PKBM rank 1JANUARI MOP (Multishow of PKBM) Created by Mahasiswa PLS UNJ, 8 Januari 2014 di Aula Daksinapati Kampus A Universitas Negeri Jakarta “Apakah anda tahu perbedaan antara pendidikan dan pengalaman? Pendidikan adalah keika anda membaca baik buku cetak, sedangkan pengalaman adalah apa yang anda dapatkan ketika anda tidak mendapatkannya” (Pete Seger) 

Seseorang dikatakan pintar jika ia bisa mengalahkan si orang bodoh. Si pintar  tahu bagaimana caranya untuk menjadi pintar karena ia membuka jendela dunia melalui buku. Tapi ada hal yang mampu mengalahkan si pintar yaitu ketika orang cerdas membaca hasil pengalamannya serta mampu mengubah keadaan dan menginspirasi setiap orang. Hal ini dikarenakan pengalaman tak bisa dibeli dan tidak disediakan di toko-toko layaknya buku. jika kita mau dan mampu belajar dari pengalamn, maka anda sedang mengubah dunia.. coba jika kita perhatikan, ketika kita sedang melamar di sebuah perusahaan ada syarat yang menanyakan tentang punya pengalaman apakah kita, bukan banyaknya buku yang anda.

Terbukti,  lapangan kerja pun mencari orang yang berpengalaman bukan orang yang pintar. PKBM  (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) hadir untuk menjadi tempat setiap orang yang haus akan ilmu dan mau belajar dari pengalaman. PKBM merupakan satuan dari PLS (Pendidikan Luar Sekolah) yang turut peduli akan peningkatan mutu pendidikan. Program pembelajaran di PKBM merancang suatu kegiatan yang mampu memberikan dampak perubahan bagi dirinya tanpa batasan ruang dan waktu.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisakan kepada seluruh pihak tentang prestasi PKBM-PKBM, baik akademik maupun keterampilan. Dengan demikian, dapat memacu setiap warga belajar untuk terus mau membentuk pribadinya menjadi orang yang berpengalaman serta tak pantang menyerah dalam persaingan. Ini sesuai dengan tugas mata kuliah terkait yaitu konsultan jasa profesional PLS, dimana kegiatan yang kami selenggarakan ditujukan untuk PKBM yang merupakan salah satu satuan pendidikan luar sekolah sehingga jasa yang kami berikan untuk kegiatan ini tidak sia-sia. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh kelompok mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2011 Reguler berjumlah 10 orang dalam mata kuliah konsultan jasa profesional PLS:

  1. Alimatus Sadhiyah   (1515110660)
  2. Andri Muryansah    (1515110656)
  3. Anton Sugiono         (1515110655)
  4. Ikawati Rahayu        (1515110677)
  5. Nadia Rizqi Isbatia (1515110397)
  6. Nur Atikah                (1515110448)
  7. Reni Rahmayani      (1515110668)
  8. Seli Wulandari         (1515110084)
  9. Teti Homsati            (1515110672)
  10. Zahro Amimah         (1515110676)

Deskripsi kegiatan

LOMBA RANKING 1 PKBM

Merupakan sebuah kegiatan jenis perlombaan bagi warga belajar paket C PKBM di DKI Jakarta dalam rangka unjuk prestasi akademik. Kegiatan ini dikemas dengan cara yang menyenangkan karena mengingat sasaran lomba adalah bagian dari pendidikan nonformal. Ada doorprize, hiburan dari PKBM, dan juga hiburan dari panitia. Pertanyaan yang disediakan pun tidak seperti cerdas cermat yang biasa kita lihat di pendidikan formal. Pertanyaan yang dibuat mengacu pada UU No. 14 tahun 2007 tentang standar isi materi PKBM.

Ada 5 mata pelajaran yang dilombakan, yaitu:

  1. Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Matematika Dasar
  5. Pengetahuan Umum

Lomba diadakan dengan sistem menjawab pertanyaan dalam 5 babak yang disediakan:

(1)  Babak Ulangan Umum

Pada babak ini, peserta menjawab dua jenis soal (pilihan ganda dan true or false) yang dibacakan oleh Master of Ceremony (MC). Ada lima soal pilihan ganda dan lima soal untuk true or false.

Dari 50 warga belajar yang terdaftar, belum ada yang terisisihkan dalam babak pertama ini.

(2)  Babak UTS (Udah Tebak Saja)

Babak UTS, yang kepanjangannya kami plesetkan menjadi Udah Tebak Saja, merupakan babak yang dimana peserta menebak judul lagu yang diperdengarkan dan menebak isi kotak dengan petunjuk yang diberikan.

Ada 4 jenis lagu yang diputar, yaitu lagu laskar pelangi (pop indonesia), some one like you (pop barat), kicir-kicir (lagu daerah), dan syukur (lagu nasional).

Pada babak ini peserta mulai tersisih karena terjadi kesalahan penulisan jawaban yang menyebabkan mereka harus meninggalkan area lomba.

Udah Tebak Saja yang selanjutnya adalah menebak isi kotak yang disediakan. Peserta menebak setelah diberikan beberapa petunjuk dari pembaca soal. Isi kotak yang ditebak ada dua, yaitu: Dompet dan Kunci.

(3)  Babak Praktikum

Pada babak ini, panitia mempraktekkan sebuah kasus, kemudian peserta menjawab pertanyaan yang diberikan. Dalam babak praktikum, peserta menjawab hasil pencampuran dua warna dasar (biru dan kuning), dan menjawab keadaan suatu benda (jarum pentul), jika dimasukkan ke air dalam gelas, apakah mengapung, melayang, atau tenggelam.

Pada babak ini, peserta yang masih bertahan dan akan lolos ke babak selanjutnya ada 11 peserta.

(4)  Babak UAS (Udah Ambil Satu)

Babak Udah Ambil Satu merupakan babak penyisihan, dimana panitia akan memberikan soal-soal sampai muncul hanya satu pemenang yang akan lanjut ke babak selanjutnya.

(5)  Babak UAN (Ujian Ahir Nih)

Babak terahir adalah babak UAN, dimana sistem dalam babak ini seperti acara who wants to be a millionare. Ada 10 pertanyaan bertingkat dalam babak ini. Setiap tingkat memiliki nilai rupiah:

  1. Tingkat 1 senilai Rp 50.00
  2. Tingkat 2 senilai Rp 150.000 (titik aman pertama)
  3. Tingkat 3 senilai Rp 200.000
  4. Tingkat 4 senilai Rp 250.000
  5. Tingkat 5 senilai Rp 300.000 (titik aman kedua)
  6. Tingkat 6 senilai Rp 350.000
  7. Tingkat 7 senilai Rp 550.000
  8. Tingkat 8 senilai Rp 650.000 (titik aman ketiga)
  9. Tingkat 9 senilai Rp 850.000
  10. Tingkat 10 senilai Rp 1.000.000

Ada dua bantuan yang disediakan:

  1. 1.       Ask to friend

Peserta meminta bantuan kepada peserta yang telah gugur, boleh dari satu PKBM atau dari PKBM lainnya.

  1. 2.       Choose of one

Pilihan bantuan berasal dari 3 peserta yang telah gugur, yang telah dipilih secara acak oleh panitia.

Satu warga belajar yang muncul sebagai pemenang yaitu Budiman dari PKBM HIMMATA. Ia berhasil menjawab pertanyaan tingkat 5. Namun, di pertanyaan kelima, ia menjawab salah sehingga ia hanya sampai pada titik aman kedua dan berhak memperoleh uang tunai senilai Rp 300.000 dan sebuah piala ranking 1 PKBM.

BAZAR PKBM

Merupakan kegiatan yang memamerkan atau pun menjual hasil karya warga belajar PKBM yang memiliki program keterampilan. Kegiatan ini hanya terdiri dari 6 stand, 2 stand PKBM Perguruan Rakyat, 1 stand PKBM Faradika, 1 stand PKBM Miftahul Jannah, 1 Stand PKBM Moh. Hashfi, dan 1 stand dari panitia sendiri.

Meskipun sedikit peserta di bazar ini, namun totalitas dari lomba sangat tampak. Hasil karya yang ditampilkan disusun sesuai kreasi mereka.

Bazar PKBM dimenangkan oleh PKBM Perguruan Rakyat, Jakarta Barat dengan keterampilan yang didominasi oleh kerajinan dari hasil pantai. Pemenang mendapat piagam penghargaan dan bingkisan.

Berkat kerja keras panitia dan sumbangan doa dari banyak pihak, acara ini berjalan sukses. Acara ini mendapat sambutan baik dari PKBM yang berpartisipasi baik warga belajar maupun tutornya, dari para penilik, dari para ketua forum, dari para dosen PLS, dan yang lainnya dilihat dari konten papan kritik dan saran yang kami sediakan dan juga penyampaian secara langsung. Semoga acara ini menjadi pembelajaran bagi kita, terutama mahasiswa PLS.

Salam sukses 😀

by, Seli Wulandari

Foto-foto kegiatan JANUARI MOP (Multishow of PKBM) Created by Mahasiswa PLS

Tinggalkan Balasan