Keberadaan Pendidikan Luar Sekolah untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan

0
Dibaca 439

Keberadaan Pendidikan Luar Sekolah untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan

PLS ? Iya benar Pendidikan luar sekolah.. ituloh Pendidikan Luas Sekali..

Masuk jurusan Pls ? Masuk jurusan Pls menurut saya itu seperti menabrak sebuah pintu yang kita sama sekali tidak tahu ada apa didalamnya lalu karena udah tanggung kebuka dan tuan rumah udah terlanjur melihat kita ya lanjutkanlah meskipun saya pun masih bingung bagaimana sistem belajarnya ? Apa lulusan pls itu terjamin untuk kedepannya? dan banyak lagi pertanyaan yang ada di benak saya.

Hari pun berlalu dan pada akhirnya saya resmi menjadi Mahasiswi Universitas Siliwangi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Para Dosen dengan hangat menyambut kami sebagai mahasiswa baru dan mereka pun meyakinkan kami bahwa jurusan yang kami pilih itu adalah jurusan yang tepat dimana kami telah memilih jurusan yang hingga saat ini keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.  Saya bangga menjadi mahasiswi jurusan pls karena ketika saya masuk pun para dosen dan kakak tingkat di jurusan saya dengan bangga mereka  menyambut kami sebagai mahasiswa baru. Dan dengan dermawannya para kakak tingkat saya yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah mengadakan Konseling Hima dimana konseling itu diadakan untuk mengatasi kebingungan kami mengenai jurusan Pls itu sendiri dari situ wawasan saya semakin terbuka mengenai jurusan yang telah saya pilih ini Allah memang adil dan tidak ada sebaik-baiknya rencana melainkan rencana-Nya saya rasa ini lah jalan yang sudah Tuhan takdirkan untuk terus saya jalani Alhamdulillah ..

Lalu apasih pendidikan luar sekolah itu ?

Pendidikan luar sekolah itu adalah salah satu jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berada di beberapa Universitas Negri maupun Swasta. Di Indonesia sendiri pendidikan luar sekolah sudah tumbuh di tengah masyarakat sejak sebelum kemerdekaan. Namun pengakuan secara yuridis formal terhadap keberadaan pendidikan luar sekolah di Indonesia baru pada tahun 1989, yaitu setelah adanya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dan tentu saja pendidikan luar sekolah itu berbeda dengan pendidikan sekolah semestinya dimana di pendidikan luar sekolah kita dirancang untuk menjadi tenaga kependidikan di bidang pendidikan non formal dimana pelaksanaannya di luar jalur pendidikan formal.

Bagaimana dengan masa depan  lulusan jurusan Pls itu sendiri ?

Karena kami lulusan jurusan Pls mempunyai ciri khas tersendiri yang tentunya berbeda dengan jurusan keguruan lainnya dimana kami disiapkan untuk menjadi tenaga akademik profesional di bidang pendidikan nonformal dan informal. Oleh karena itu keberadaan jurusan PLS justru akan melengkapi variasi kebutuhan tenaga kependidikan di masyarakat secara luas, terutama kebutuhan yang tidak mungkin dapat tertangani oleh lembaga pendidikan formal.

Kebutuhan lulusan PLS sebenarnya tidak hanya direkrut atau bekerja pada bidang pendidikan nonformal di Departemen Pendidikan Nasional, namun kenyataannya banyak lulusan yang direkrut oleh berbagai instansi seperti BKKBN, Departemen Komunikasi dan Informasi, Departemen Sosial, Departemen Tenaga Kerja, serta berbagai instansi pemerintah dan swasta lain.

Selain dari pada itu keberadaan mahasiswa Pls itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan. Dimana kita menyadari bahwa SDM kita masih rendah, dan tentunya kita masih punya satu sikap yakni optimis untuk dapat mengangkat SDM tersebut. Salah satu pilar yang tidak mungkin terabaikan adalah melalui pendidikan non formal atau lebih dikenal dengan pendidikan luar sekolah (PLS).

Maka apa lagi yang masih kita bingungkan mengenai jurusan yang mulia ini ..

PLS ??? SATU KATA BANGGA

 

Penulis
Khaeranisa Lestari
lestarikhaeranisa@gmail.com
PLS UNSIL 2017

Tinggalkan Balasan