Keberkahan Hidup dari Ridho Kedua Orang Tua (Harapan Mahasiswa Baru masuk di PLS)

       Saat memasuki kelas 12 semester 1 saya bingung ingin mengambil kuliah jurusan apa. Saya sering konsultasi dengan guru Bimbingan Konseling di se...

Family Gathering & Sarasehan IMADIKLUS Wilayah 1
Harapan Saya Setelah Masuk Jurusan PLS

       Saat memasuki kelas 12 semester 1 saya bingung ingin mengambil kuliah jurusan apa. Saya sering konsultasi dengan guru Bimbingan Konseling di sekolah, wali kelas, orang tua dan juga kakak-kakak alumni sekolah saya. Mereka banyak memberikan masukan dan tips untuk memilih jurusan yang tepat, tetapi saya justru merasa bingung karena banyaknya masukan yang saya terima. Akhirnya, pada saat pendaftaran jalur SNMPTN saya memilih Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang karena nilai saya di rapot yang lumayan bagus adalah Bahasa Inggris, pilihan kedua saya adalah Pendidikan Guru PAUD Universitas Negeri Malang dan pilihan saya yang terakhir adalah Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Surabaya. Ternyata saya tidak lolos karena yang saya ambil adalah SOSHUM sedangkan jurusan saya di SMA adalah IPA. Saya tidak patah semangat, saya mencoba jalur SBMPTN, pilihan pertama saya adalah PGPAUD, tetapi saya tidak lolos juga karena mungkin belum rezeki saya. Akhirnya saya mencoba jalur terakhir yaitu jalur mandiri dan saya memilih Pendidikan Luar Sekolah dan saya lolos.

       Sejujurnya saya masuk Pendidikan Luar Sekolah karena pilihan dari orang tua saya, saat pertama kali masuk saya tidak mengetahui apa itu Pendidikan Luar Sekolah, saya juga tidak begitu suka dengan jurusan itu, karena saat SMA jurusan saya adalah IPA dan saya menyukai bidang kesehatan seperti perawat dan bidan. Kebetulan orang tua saya berprofesi sebagai guru, sehingga mereka menuntut saya untuk mengikuti jejak mereka. Sebenarnya, ayah saya setuju kalau saya menjadi seorang perawat atau bidan, tapi ibu saya tetap menginginkan saya menjadi seorang guru. Saat ada pendaftaran Poltekkes Malang saya mendaftar dan mengikuti tes jalur mandiri, Alhamdulillah saya lolos tes tulis jurusan D3 Keperawatan. Tapi saya berfikir kalau ibu saya tidak meridhoi dengan pilihan saya maka kuliah yang saya tempuh tidak membawa berkah. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil jurusan S1 Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang, dengan harapan saya akan bisa membanggakan kedua orang tua saya.

       Setelah kurang lebih 2 minggu saya menjalani kuliah sebagai mahasiswa S1 Pendidikan Luar Sekolah, saya merasa sangat senang karena ternyata PLS tidak seburuk yang saya pikirkan. Saya bisa belajar banyak hal tentang pendidikan dan juga sosial, bertemu dengan teman-teman dan dosen yang seru dan menginspirasi. Saya bersyukur karena telah menjadi bagian dari Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang angkatan 2016. Saat ini saya merasa sangat mencintai PLS dan ingin terus mengetahui tentang PLS. Saya berharap kelak saya akan menjadi pendidik yang berkualitas, yang mampu membawa generasi muda bangsa Indonesia menjadi generasi yang lebih baik, tidak perduli mereka dari golongan atas ataupun golongan bawah.

A

Ditulis Oleh :

Nama               : Amelia Pingky Trisnaputri

Jurusan         : S1 Pendidikan Luar Sekolah

Angkatan       : 2016

Universitas    : Universitas Negeri Malang

COMMENTS

WORDPRESS: 0