Kecebur di Pendidikan Luar Sekolah

0
Dibaca 327

Kecebur di Pendidikan Luar Sekolah. Ada pribahasa yang mengatkan,”Tak kenal maka tak sayang”. Ternyata di dunia perkuliahan juga ada yang seperti itu, contohnya saat kita masuk di jurusan baik yang kita inginkan atau karena “kecelakaan” alias engga niat-niat amat, hanya mengisi kekosongan dipilihan kedua, ketiga atau seterusnya. Mungkin bagi kalian yang masuk jurusan sesuai dengan yang diinginkan pasti sudah punya persiapan setidaknya sudah mengetahui bagaimana atau akan seperti apa nanti kedepannya jurusan tersebut. Namun bagi kita yang akhirnya  tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, jarang-jarang tahu betul bahkan ada juga yang sama sekali awam tentang jurusan tersebut. Diambil  dari pengalaman pribadi, karena saya sendiri juga mengalami hal tersebut. Sedih memang, namun dari sanalah kita belajar tentang pengaplikasian menerima takdir yang  dari Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Disini saya akan sedikit menjelaskan apa itu PLS atau Pendidikan Luar Sekolah agar kalian-kalian yang mengalami kejadian seperti saya tidak bingung lagi.

Menurut Ensiklopedia, Pendidikan Luar Sekolah ialah penddikan yang diselenggarakan untuk membelajarkan masyarakat dan anak-anak yang putus sekolah agar mempunyai keterampilan, pengetahuan dan juga pengalaman yang dilaksanakan diluar pendidikan formal. Bisa diartikan juga bahwa PLS ialah pendidikan yang di dalamnya mempelajari tentang masalah-masalah yang biasanya terjadi di kalangan masyarakat, seperti rendahnya kualitas pendidikan, pemberdayaan masyarakat yang masih terbatas, pendapatan masyarakat yang masih kurang karena hanya mengandalkan satu mata pencaharian, dan masih banyak lagi permasalahan-permasalahan yang harus segera dicari solusinya. Tak heran jika lulusan dari jurusan PLS ini akan lebih peka terhadap permasalah yang ada dimasyarakat, karena mereka telah disetting untuk menciptakan lapangan kerja bagi mereka yang tidak mengenyam pendidikan formal.

Bukan berarti lulusan PLS tidak bisa masuk ke dunia pendidikan formal, namun disini mereka memfokuskan terhadap tujuan awal dari kePLSan tersebut. Maka berbahagialah kalian yang “kecebur” didunia PLS ini, karena disini kita akan tenggelam mencintai jurusan ini. Amiin.

PLS?? SATU KATA BANGGA

 

Penulis
IMA SOFIA RAHMA
imasofiarahma@gmail.com
PLS UNSIL 2017

Tinggalkan Balasan